Roboguru

Siapa raja pertama kerajaan Kutai ?

Pertanyaan

Siapa raja pertama kerajaan Kutai ?

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai diperkirakan berdiri sekitar tahun 400-500 Masehi di hulu Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu tertua di Nusantara, bahkan di seluruh Asia Tenggara. Raja pertama dari Kerajaan Kutai adalah Raja Kudungga. Pemerintahan Raja Kudungga diteruskan oleh putranya, Raja Aswawarman.Dalam yupa, disebutkan bahwa Aswawarman mendapat gelar Wangsakerta, yang artinya pembentuk keluarga.

Dengan demikian, raja pertama kerajaan Kutai adalah Raja Kudungga.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebelum mendirikan Kerajaan Kutai yang merupakan Kerajaan Hindu pertama di Nusantara, Kudungga adalah seorang...

Pembahasan Soal:

Kudungga merupakan raja awal pendiri Kerajaan Kutai Martapura dengan gelar Maharaja Kundungga Anumerta Dewawarman, yang memerintah sekitar tahun 400 Masehi atau abad ke-4 Masehi. Pada awalnya Kutai Martapura yang dipimpin oleh Kundungga belum berkedudukan sebagai raja, melainkan sebagai pemimpin komunitas atau kepala suku. Kutai Martapura pada masa Kundungga belum mempunyai sistem pemerintahan yang teratur dan sistematis.space space

Dengan demikian, sebelum mendirikan Kerajaan Kutai, Kudungga adalah seorang pemimpin komunitas atau kepala suku.

1

Roboguru

Pendiri kerajaan Kutai adalah...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai dipandang sebagai kerajaan Hindu-Buddha yang pertama di Indonesia. Kerajaan Kutai Martapura didirikan oleh Maharaja Kudungga pada abad ke-3 M. Kerajaan Kutai diperkirakan terletak di daerah Muarakaman di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Sumber sejarah Kutai yang utama adalah prasasti yang disebut yupa, yaitu berupa batu bertulis. Yupa juga sebagai tugu peringatan dari upacara kurban. Yupa ini dikeluarkan pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Prasasti Yupa ditulis dengan huruf pallawa dan bahasa sanskerta. Dengan melihat bentuk hurufnya, para ahli berpendapat bahwa yupa dibuat sekitar abad ke-5 M.  Dalam prasasti itu disebutkan nama kakek Mulawarman yang bernama Kudungga. Mulawarman adalah raja ke-3 Kutai pada masa pemerintahan Mulawarman, Kutai mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-4 Masehi. Mulawarman merupakan putra Aswawarman sekaligus cucu Kudungga.

Dengan demikian, pendiri kerajaan kutai adalah Maharaja Kudungga.

0

Roboguru

Dalam salah satu Yupa pada prasasti Kutai tertera keterangan tentang silsilah raja-raja kerajaan Kutai. Berdasarkan keterangan tersebut maka dapat disimpulkan pendiri kerajaan Kutai adalah ...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupkan salah satu kerajaan ynag bercorak Hindu tertua di Indonesia. Berdiri sekitar abad ke-4 dan berlokasi di daerah Kutai Kalimantan Timur. Bukti arkeologi tentang keberadaan kerajaan ini ialah temuan prasasti yang ditulis diatas tujug buah Yupa (tugu batu) yang berhuruf Pallawa dan berbahasa Sansakerta. Dalam salah satu Yupa dijelaskan bahwa terdapat tiga tokoh yang berkaitan dengan kerajaan ini yaitu Kundungga, Aswawarman, dan Mulawarman. Kundungga masih bernama asli Indonesia sehingga dapat disebut dengan peletak dasar dari Kerajaan Kutai. Kekuasaan dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Aswawarman. Dalam Yupa, Aswawarman disebut sebagai Dewa Matahari dan pendiri keluarga raja (Wangsakerta). Waktu itu Aswawarman sudah menganut agama Hindu dan dipandang sebagai keluarga. Banyak yang berpendapat jika pada masa pemerintahan Raja Kundungga pengaruh Hindu baru masuk ke wilayah tersebut. Bahkan kedudukan Kundungga pada waktu itu sebagai kepala suku bukan raja. Raja yang bercorak Hindu di Kerajaan Kutai adalah Aswawarman.

Dengan demikian Raja Aswawarman disebut sebagai pendiri Kerajaan Kutai dan diberi gelar Wangsakerta. Wangsakerta artinya pembentuk keluarga.space space 

0

Roboguru

Perhatikan lebih dahulu teks di bawah ini! “Kudungga memiliki putra yang mulia Sang Aswawarman pendiri Wangsa yang wajahnya seperti Ansuman (matahari). Sang Aswawarman memiliki putra yaitu Sang Mulaw...

Pembahasan Soal:

Dari teks di atas, dapat diketahui bahwa raja pertama dari Kerajaan Kutai adalah Kudungga. Namun, Kudungga bukanlah pendiri wangsa dan juga pada masa pemerintahannya, agama Hindu belum memasuki Kerajaan Kutai. Pendiri wangsa dari Kerajaan Kutai adalah Aswawarman, anak dari Kudungga sekaligus raja pertama yang menganut agama Hindu. Hal ini dapat diketahui dari kalimat “Kudungga memiliki putra yang mulia Sang Aswawarman pendiri Wangsa ...”.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Aswawarman disebut sebagai wangsakarta dari kerajaan Kutai karena ....

Pembahasan Soal:

Kerajaan Kutai merupakan kerajaan Hindu tertua di Nusantara yang berdiri pada abad ke-4 M. Berdasarkan Prasasti Yupa, ada tiga raja yang pernah memimpin Kerajaan Kutai, yakni Kudungga, Aswawarman, dan Mulawarman. Diperkirakan Kudungga merupakan kepala suku asli di Pulau Kalimantan yang selanjutnya mendapat pengaruh Hindu dari luar. Setelah mendapat pengaruh kebudayaan Hindu, Kudungga memberi nama anaknya dengan nama budaya Hindu, yakni Aswawarman. Aswawarman dikatakan seperti Dewa Ansuman atau Dewa Matahari. Aswawarman selanjutnya dikenal sebagai wamsakerta atau pendiri dinasti dalam Kerajaan Kutai. Hal tersebut dibuktikan dengan pemberian nama Mulawarman pada anaknya. 

Dengan demikian, Aswawarman disebut sebagai wamsakerta karena merupakan pendiri dinasti dalam Kerajaan Kutai dan dibuktikan dengan pemberian nama Mulawarman pada anaknya. 

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved