Roboguru

Sianosis adalah gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh rendahnya oksigen di dalam darah. Penyakit tersebut ditandai dengan . . .

Pertanyaan

Sianosis adalah gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh rendahnya oksigen di dalam darah. Penyakit tersebut ditandai dengan . . .space 

  1. terbentuknya bintik-bintik kecil pada dinding alveolusundefined 

  2. kulit dan membran mukosa berwarna kebiruanundefined 

  3. kadar asam yang berlebihan dalam darahundefined 

  4. cairan kental di dalam kantong alveolusundefined 

  5. hilangnya elastisitas alveolusundefined 

Pembahasan Soal:

Sianosis diambil dari kata 'sian' yang artinya biru. Penyakit ini ditandai dengan warna kebiruan pada kulit dan selaput lendir yang disebabkan oleh rendahnya kadar oksigen yang dalam sel darah. 

Darah yang kaya akan oksigen akan berwarna merah sedangkan darah dengan kadar oksigen yang lebih rendah memiliki warna kebiruan atau ungu. Pada sianosis, kadar oksigen cenderung lebih rendah dalam kadar karbon dioksida lebih tinggi. Perubahan warna darah ini akan nampak jelas di bagian kulit yang mengandung banyak kapiler seperti kulit yang tipis, bibir, dan selaput lendir.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Terganggunya proses pengangkutan oksigen ke jaringan menyebabkan penurunan fungsi paru-paru. Kondisi ini dapat mengakibatkan gangguan pernapasan yang disebut ….

Pembahasan Soal:

Asfiksi adalah gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan atau gangguan penggunaan oksigen oleh jaringan sehingga menyebabkan penurunan fungsi paru-paru, pembuluh darah, dan jaringan tubuh lainnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

1

Roboguru

Perhatikan gejala-gejala penyakit yang menyerang sistem pernapasan berikut! Kulit dan membran mukosa berwarna kebiruan. Berkeringat dingin. Sakit pada bagian dada dan lengan. Mengalami sesak nap...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan gejala tersebut, pasien krmungkinan menderita sianosis. Sianosis adalah masalah pada kadar oksigen dalam sel darah merah. Idealnya, darah yang kaya oksigen berwarna merah terang dan terdistribusi ke seluruh tubuh. Namun ketika darah mengandung sedikit sekali oksigen, warnanya menjadi lebih gelap sehingga kulit terlihat berwarna kebiruan.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Adanya virus yang menimbulkan radang selaput mukosa saluran pernapasan menimbulkan penyakit ...

Pembahasan Soal:

Virus yang menyebabkan radang selaput mukosa pada saluran pernapasan adalah virus influenza. Virus influenza dapat tertanam pada membran mukosa yang melapisi saluran napas atau langsung memasuki alveoli (tergantung dari ukuran droplet). Selanjutnya virus akan melekat pada epitel permukaan saluran napas untuk kemudian bereplikasi di dalam sel tersebut. undefined 

0

Roboguru

Seorang pendaki mengalami gejala-gejala antara lain sesak nafas, warna kulit kebiruan, dan sakit kepala. berdasarkan gejalanya diduga pendaki tersebut menderita gangguan pernapasan yang disebabkan ole...

Pembahasan Soal:

Sianosis adalah kondisi ketika jari tangan, kuku, dan bibir tampak berwarna kebiruan karena kurangnya oksigen dalam darah. Salah satu penyebab tubuh mengalami sianosis adalah paparan suhu dingin yang membuat suhu tubuh menurun atau hipotermia. Udara dingin bisa membuat pembuluh darah dalam tubuh menyempit, sehingga kadar oksigen yang dialirkan ke seluruh tubuh menjadi berkurang (hipoksia).

Beberapa kondisi atau penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami sianosis, yaitu:

  1. Gangguan pada paru-paru, saat fungsi atau kinerja paru-paru bermasalah, tubuh akan sulit untuk memperoleh oksigen dan membuang karbon dioksida. Hal inilah yang dapat memicu terjadinya sianosis.
  2. Gangguan pada jalan napas, sianosis juga dapat muncul ketika jalan napas terganggu atau terhambat, misalnya akibat tersedak, tercekik, atau kemasukan benda asing.
  3. Penyakit arteri perifer dapat terjadi akibat penyumbatan di pembuluh darah, misalnya akibat trombosis atau bekuan darah, atheroma, dan emboli. Kondisi ini dapat membuat suplai darah ke kaki dan tungkai berkurang. Akibatnya, kadar oksigen dalam darah yang ada di kaki pun ikut berkurang sehingga menyebabkan sianosis

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined

0

Roboguru

Sianosis adalah gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh rendahnya oksigen di dalam darah. Penyakit tersebut ditandai dengan ….

Pembahasan Soal:

Sianosis didefinisikan sebagai perubahan warna kulit atau selaput mukosa menjadi kebiruan atau keunguan. Saat jumlah oksigen dalam darah sangat rendah, warna darah akan berubah dari warna merah terang menjadi lebih gelap. Hal inilah yang membuat kulit dan bibir terlihat berubah menjadi kebiruan. Salah satu penyebab tubuh mengalami sianosis adalah paparan suhu dingin yang membuat suhu tubuh menurun atau hipotermia. Selain paparan suhu yang terlalu dingin, sianosis juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan atau penyakit tertentu.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved