Roboguru

Setelah Raja Habsyi mendengar kata utusan itu maka baginda itu pun sangat marahnya bagai api bernyala-nyala dan seperti ular berbelit-belit seraya memandang kiri dan kanan maka baginda pun mengambil prajuritnya yang kembar itu seraya katanya, "Hai Wira Maya dan Wira Santika, pergilah engkau segera-segeralah ke negeri Mesir, ambil olehmu Putri Siti Bagdad." Setelah itu maka Wira Maya dan Wira Santika pun menyembah lalu berjalan ke luar kota maka lalu terbang ke udara menuju negeri Mesir. Maka tiadalah tersebut lagi di jalan maka segeralah ia sampai. Maka Wira Maya dan Wira Santika pun masuk ke dalam puri pada ketika tengah malam ia membaca aji halimunan dan sirap. Maka orang dalam puri pun tidurlah seperti akan mati, tiadalah khabarkan lagi daripada sebab kena sirap Wira Maya dan Wira Santika itu. Maka Tuan Putri pun sangatlah tidur. Maka Wira Maya dan Wira Santika pun segeralah ia mengambil Tuan Putri itu serta dimasukkannya ke dalam peti maka lalu dibawanya terbang ke udara pulang ke negeri Habsyi.   Kemustahilan kutipan hikayat tersebut adalah.....

Pertanyaan

Setelah Raja Habsyi mendengar kata utusan itu maka baginda itu pun sangat marahnya bagai api bernyala-nyala dan seperti ular berbelit-belit seraya memandang kiri dan kanan maka baginda pun mengambil prajuritnya yang kembar itu seraya katanya, "Hai Wira Maya dan Wira Santika, pergilah engkau segera-segeralah ke negeri Mesir, ambil olehmu Putri Siti Bagdad."

Setelah itu maka Wira Maya dan Wira Santika pun menyembah lalu berjalan ke luar kota maka lalu terbang ke udara menuju negeri Mesir. Maka tiadalah tersebut lagi di jalan maka segeralah ia sampai. Maka Wira Maya dan Wira Santika pun masuk ke dalam puri pada ketika tengah malam ia membaca aji halimunan dan sirap. Maka orang dalam puri pun tidurlah seperti akan mati, tiadalah khabarkan lagi daripada sebab kena sirap Wira Maya dan Wira Santika itu. Maka Tuan Putri pun sangatlah tidur. Maka Wira Maya dan Wira Santika pun segeralah ia mengambil Tuan Putri itu serta dimasukkannya ke dalam peti maka lalu dibawanya terbang ke udara pulang ke negeri Habsyi.

 

Kemustahilan kutipan hikayat tersebut adalah.....

  1. Kebaikan seseorang disambut dengan kemarahan raja.

  2. Manusia bisa terbang untuk menuju ke suatu tempat.

  3. Prajurit yang baik akan melaksanakan tugas yang diberikan rajanya.

  4. Semua orang bisa memasuki puri Tuan Putri.

  5. Tuan Putri tidur lelap terkena sirap prajurit kembar.

Pembahasan:

Manusia tidak mempunyai sayap dan tidak bisa terbang seperti burung. Manusia juga bukan pesawat terbang yang disusun atas mesin-mesin atau memiliki baling-baling. Seperti yang kita ketahui, manusia tidak bisa terbang. Terbangnya Wira Maya dan Wira Santika adalah kemustahilan dalam kutipan hikayat tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Beragam jenis hikayat yang ada saat ini dikemukakan dalam buku-buku berikut, kecuali ….

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved