Roboguru

Setelah dilakukan penilaian terhadap ulangan Bahasa Indonesia kelas XII IPA, yang memperoleh nilai 8 sebanyak 25 orang, nilai 7 sebanyak 4 orang, dan nilai 6 hanya 1 orang. Jumlah siswa 30 orang. (...) Simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah....

Pertanyaan

Setelah dilakukan penilaian terhadap ulangan Bahasa Indonesia kelas XII IPA, yang memperoleh nilai 8 sebanyak 25 orang, nilai 7 sebanyak 4 orang, dan nilai 6 hanya 1 orang. Jumlah siswa 30 orang. (...)


Simpulan yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah....undefined 

  1. Belum dapat dikatakan mereka pintar.undefined 

  2. Mereka belum dikatakan siswa yang pandai.undefined 

  3. Dapat dikatakan nilai mereka baik.undefined 

  4. Jadi, guru mereka boleh berbangga.undefined 

  5. Memang mereka anak yang rajin-rajin.undefined 

Pembahasan Soal:

Simpulan adalah hasil akhir dari suatu pembahasan masalah dalam paragraf. Paragraf di atas merupakan paragraf induktif, yaitu penyimpulan paragraf dengan mengemukakan data atau pernyataan khusus kemudian dilanjutkan dengan pernyataan umum.

Data di atas menyajikan data-data khusus nilai ulangan bahasa Indonesia kelas XII IPA. Dari data yang disajikan di atas, dapat diketahui bahwa sebagian besar murid mendapat nilai yang sangat bagus, dan tidak ada yang mendapatkan nilai yang sangat rendah. Hal ini dapat dikatakan nilai mereka baik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus ….

Pembahasan Soal:

Debat adalah sebuah tugas yang umumnya sering diterima oleh siswa sekolah dan perguruan tinggi di mana dua individu atau tim mendiskusikan suatu permasalahan. Pada dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berbeda dengan kerangka besar untuk sebuah jurnal dan pidato pada umumnya.

Untuk menulis sebuah kerangka debat, kita harus mengetahui struktur debat terlebih dahulu seperti pengenalan, penyampaian argumentasi, debat, simpulan, dan penutup, karena perdebatan itu bukanlah bentuk komunikasi yang "biasa" dalam keseharian, maka penting untuk mengetahui bagaimana menulis sebuah kerangka perdebatan ini sehingga argumen dan penjelasan dapat terstruktur dengan baik.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

0

Roboguru

Buatlah sebuah argumen menyetujui dan menolak berdasarkan teks tersebut!

Pembahasan Soal:

Argumen adalah pendapat atau opini tertulis kepada pembaca. Untuk meyakinkan pembaca, penulis menyertakan bukti, contoh, dan berbagai alasan yang sulit dibantah. Argumen menyetujui adalah pendapat yang berisi persetujuan (pro), sedangkan argumen menolak berisi pendapat yang berisi penolakan (kontra).

  • Argumen menyetujui berdasarkan teks adalah Bekerja bertujuan untuk menghasilkan uang lebih banyak dapat menimbulkan masalah. Ada banyak efek negatif yang ditumbulkan karena bekerja terlalu diforsir, seperti tidak ada waktu bersama keluarga dan sahabat dekat, tidak ada waktu untuk berolahraga, bahkan sakit karena tidak menjaga kesehatan. Ketika sudah sakit, maka uang yang didapat bukan untuk dinikmati, melainkan dikeluarkan untuk membeli obat, membayar perawatan, dan konsultasi dokter. Maka, bekerja sesuai kemampuan agar kita dapat menikmatinya dengan sehat.
  • Argumen menolak berdasarkan teks adalah Bekerja bertujuan untuk mendapatkan uang yang lebih banyak, tentu dengan beberapa alasan, seperti mencukupi kebutuhan, mengejar target, dan sebagainya. Dengan mencari uang tambahan, maka kebutuhan yang kurang akan segera tercukupi dengan baik dan targetnya bisa tercapai. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, bekerja dapat menambah pengalaman kerja dan kenaikan pangkat.space

0

Roboguru

Bacalah teks berikut! Ketidakberdayaan Bahasa Indonesia dalam Interaksi Antarbahasa Moderator: Selamat pagi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas banyaknya kosakata bahasa asing yang masuk k...

Pembahasan Soal:

Pernyataan pihak yang mendukung topik dalam teks debat di atas, yaitu:

  1. Peranan bahasa asing dalam bahasa Indonesia membuktikan adanya kontak atau hubungan antarbahasa sehingga timbul penyerapan bahasa-bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia.
  2. Masuknya kosakata bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia membuktikan bahwa semakin banyak orang yang mampu berkomunikasi dengan baik sehingga proses transfer ilmu pengetahuan berjalan dengan cepat.
  3. Tanpa bantuan bahasa asing yang masuk kedalam bahasa Indonesia, bahasa Indonesia belum mampu menunjukkan eksistensinya dalam interaksi antarbahasa.
  4. Banyak orang lebih familiar dengan kosakata serapan dari bahasa asing dibandingkan dengan bahasa Indonesia.space 

0

Roboguru

Kesimpulan berdasarkan perbandingan dua hal yang berbeda, namun masih memperlihatkan kesamaan merupakan simpulan dengan pola ...

Pembahasan Soal:

Ada tiga macam cara untuk menarik kesimpulan dalam paragraf induktif, yaitu generalisasi, analogi, dan sebab akibat.

  1. Generalisasi : merupakan pola pengembangan sebuah paragraf yang dibentuk melalui penarikan sebuah gagasan atau simpulan umum berdasarkan perihal atau kejadian.
  2. Analogi : pola pengembangan sebuah paragraf dengan membandingkan dua hal yang berbeda, tetapi masih memperlihatkan kesamaan segi atau fungsi dari kedua hal yang dibandingkan. Dua hal yang dibandingkan tersebut berbeda, tetapi memiliki banyak persamaan. Berdasarkan banyak kesamaan tersebut, ditariklah suatu kesimpulan.
  3. Sebab-akibat : pola pengembangan paragraf dapat pula menggunakan sebab akibat. Sebab dapat bertindak sebagai gagasan utama, sedangkan akibat sebagai perincian pengembangannya. Akan tetapi, sebab akibat ini dapat juga terbalik, akibat yang menjadi gagasan utamanya dan untuk memahami sepenuhnya akibat itu perlu dikemukakan sejumlah sebab sebagai perinciannya.
Maka, pola yang tepat sesuai definisi adalah analogi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined 
 

0

Roboguru

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat terakhir pada paragraf tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Dari paragraf tersebut, terdapat kalimat terakhir yang masih rumpang. Pada bagian rumpang dibutuhkan konjungsi antarkalimat agar bisa menghubungkan gagasan pada kalimat sebelumnya dengan gagasan yang terkandung di kalimat tersebut. "Oleh karena itu" adalah kata konjungsi yang tepat untuk melengkapi kalimat terakhir pada paragraf di atas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved