Pertanyaan

Seseorang bergerak dalam kendaraan yang sedang bergerak, tiba-tiba kendaraan tersebut direm hingga berhenti, maka orang itu akan mendapat gaya dorong ke arah depan, hal ini sesuai dengan hukum ....

Seseorang bergerak dalam kendaraan yang sedang bergerak, tiba-tiba kendaraan tersebut direm hingga berhenti, maka orang itu akan mendapat gaya dorong ke arah depan, hal ini sesuai dengan hukum ....space 

  1. Newton IIspace 

  2. Newton IIIspace 

  3. Gravitasi Newtonspace 

  4. Gaya gerakspace 

  5. Newton Ispace 

J. Khairina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E. Newton I.

jawaban yang tepat adalah E. Newton I.space 

Pembahasan

Hukum Newton I, yang berbunyi "Suatu benda akan tetap bergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja pada benda itu sama dengan nol" Maksud dari Hukum Newton I ini berkaitan dengan kelembaman benda atau biasa disebut inersia, dimana setiap benda akan cenderung mempertahankan kedudukannya. Pada contoh tersebut, seseorang bergerak dalam kendaraan yang sedang bergerak, tiba-tiba kendaraan tersebut direm hingga berhenti. Ketika di rem mendadak maka tubuh seseorang tersebut akan terdorong kedepan dan berusaha kembali ke posisi semula. Jadi, jawaban yang tepat adalah E. Newton I.

Hukum Newton I, yang berbunyi "Suatu benda akan tetap bergerak lurus beraturan jika resultan gaya yang bekerja pada benda itu sama dengan nol"

Maksud dari Hukum Newton I ini berkaitan dengan kelembaman benda atau biasa disebut inersia, dimana setiap benda akan cenderung mempertahankan kedudukannya. 

Pada contoh tersebut, seseorang bergerak dalam kendaraan yang sedang bergerak, tiba-tiba kendaraan tersebut direm hingga berhenti. Ketika di rem mendadak maka tubuh seseorang tersebut akan terdorong kedepan dan berusaha kembali ke posisi semula.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. Newton I.space 

1rb+

5.0 (1 rating)

Ikhsan Satriya

Pembahasan lengkap banget

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebuah beban meluncur ke kanan dengan kecepatan tetap 4 m/s. Jika F 1 dan F 3 ke kanan dengan F 1 = 10 N dan F 2 ke kiri dengan besar 20 N, berapakah besar F 3 ?

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia