Roboguru

Serangan Demak terhadap Portugis pada tahun 1513 yang membawa sebanyak 12 ribu pasukan dipimpin langsung oleh ….

Pertanyaan

Serangan Demak terhadap Portugis pada tahun 1513 yang membawa sebanyak 12 ribu pasukan dipimpin langsung oleh ….undefined 

  1. Fatahillah undefined undefined 

  2. Raden Patah undefined

  3. Pati Unus undefined

  4. Dipati Ukur undefined

  5. Sultan Trenggana undefined

Pembahasan Soal:

Serangan Kesultanan Demak terhadap Malaka untuk menghadapi pasukan Portugis dipimpin langsung oleh Pati Unus. Pati Unus merupakan anak sulung/menantu dari Raden Patah, pendiri dari Kesultanan Demak. undefined

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rastri

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Demak pernah menyerang Portugis di Malaka pada 1513 yang dipimpin oleh ...

Pembahasan Soal:

Kepulauan Nusantara pada masanya dulu merupakan wilayah dengan aktivitas perdagangan tingkat dunia. Lokasi yang strategis dalam arti suatu wilayah yang menjadi titik transit para pedagang dari Arab, India, Eropa ke Tiongkok atau juga sebaliknya, di samping juga di dalam kepulauan ini terdapat sentra penghasil rempah seperti Maluku, adalah hal-hal penting yang membuat Nusantara turut andil dalam aktivitas perdagangan dunia. Oleh sebab itu, pada masanya banyak terdapat titik wilayah seperti Malaka, Banten, Pantai utara Jawa yang menjadi pelabuhan-pelabuhan penting dalam mendukung aktivitas perdagangan laut. 
Akan tetapi, pada tahun 1511, ketika Malaka jatuh ke tangan Portugis dan mulai memonopoli perdagangan, akhirnya membuat salah satu Kesultanan di Nusantara, yakni Demak, khawatir atas dominasi yang dilakukan oleh Portugis. Oleh karenanya, pada antara tahun 1512-1513, Demak melakukan serangan ke sana di bawah pimpinan Adipati Unus. 
Serangan yang berbekal seratus kapal dan dan lebih kurang sepuluh ribu prajurit dilibatkan dalam serangan itu. Meski mengalami kegagalan karena tidak seimbangnya teknologi perang, keberanian yang ditujukan oleh Adipati Unus kelak memberikannya gelar sebagai Pangeran Sabrang Lor, artinya Pangeran yang menyerang ke Utara, dalam hal ini dominasi Portugis atas Malaka. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.   

0

Roboguru

Demak pernah menyerang Portugis di Malaka pada 1513 yang dipimpin oleh....

Pembahasan Soal:

Setelah dinikahkan dengan putri dari Raden Patah, Adipati Unus dipercaya untuk memimpin pasukan Kesultanan Demak dalam invasi ke Malaka. Banyak yang mengatakan bahwa niatan dari Kesultanan Demak untuk menyerang ke Malaka pada 1513 adalah untuk mengusir bangsa Portugis dari tanah Nusantara.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Jatuhnya Malaka ketangan Portugis dianggap merupakan ancaman bagi eksitensi Demak baik secara politik maupun ekonomi. Oleh karena itu pada tahun 1512 Demak berusaha untuk mengusir Portugis dari Malaka...

Pembahasan Soal:

Dikuasainya Malaka pada tahun 1511 oleh orang-orang Portugis merupakan ancaman tersendiri bagi Kerajaan Demak. Pada tahun 1512, Kerajaan Demak di bawah pimpinan Pati Unus (Pangeran Sabrang Lor) dengan bantuan Kerajaan Aceh menyerang Portugis di Malaka. Namun, serbuan Demak tersebut mengalami kegagalan. Penyerangan dilakukan sekali lagi bersama Aceh dan Kerajaan Johor, tetapi tetap berhasil dipatahkan oleh Portugis.

Jadi, Kerajaan Demak menyerang Portugis di Malaka dipimpin oleh Pangeran Pati Unus.

0

Roboguru

Misi penyerangan yang dilakukan Kesultanan Demak terhadap Portugis di Selat Malaka dipimpin oleh...

Pembahasan Soal:

Ketika Kesultanan Demak baru berdiri ancaman terbesar yang dihadapi adalah bangsa Portugis di Malaka. Hal ini karena keberadaan Portugis di Malaka merupakan ancaman terhadap perekonomian dan keamanan. Kesultanan Demak khawatir setelah Portugis menguasai Malaka maka berikutnya Demak akan dikuasai oleh Portugis. Atas dasar itu, maka pada 1513 M, Demak mengirim armada lautnya yang dipimpin oleh Adipati Unus (Pati Unus), putra Raden Patah untuk menyerang Portugis di Malaka. Namun sayangnya serangan tersebut mampu dikalahkan oleh Portugis. 

0

Roboguru

Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis dianggap merupakan ancaman bagi eksistensi Demak, baik secara politik maupun ekonomi. Oleh karena itu, pada tahun 1512 Demak berusaha untuk mengusir Portugis dari Ma...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1512 selain mempersiapkan pasukan dan peralatan perang, Pati Unus selaku panglima besar dari Kesultanan Demak juga berusaha mengetahui kekuatan orang-orang Portugis di Malaka dengan memanfaatkan para pedagang-pedagang Jawa untuk menjadi mata-mata. Dari adanya mata-mata ini, Pati Unus dapat mengetahui bahwa di benteng A'Farmosa yang menjadi benteng pertahanan orang Portugis di Malaka berada di puncak bukit dan telah dipesiapkan meriam-meriam. Dari berita ini, Pati Unus memerintahkan untuk membuat kapal dari kayu Aceh dan juga memperbaiki kapal tiruan dari kapal Ja’far Shodiq yang singgah digalangan kapal Semarang. Untuk mengimbanginya, Pati Unus juga memasang meriam-meriam besar di kapalnya. Hal tersebut dilakukan dengan harapan dapat menembaki benteng Portugis dari jarak jauh. Dengan kapal-kapal ini, Pati Unus ingin merebut Malaka (Mao Lok Sa) dengan armadanya.

Setelah dirasa persiapan sudah cukup, Sultan Fattah memerintahkan Pati Unus untuk memerangi Portugis pada tahun 1512 M dengan jumlah  pasukan sekitar 100 kapal dan 5.000 pasukan yang diberangkatkan dari pelabuhan Jepara. Dari Jepara, kemudian berlayar kearah barat, menuju kepulau Sumatera, tepatnya ke arah Palembang. Dari Palembang, perjalanan diteruskan menuju Malaka. Dalam perjalanannya, Pati Unus dan pasukannya sempat singgah sementara waktu di daerah yang terdapat Sungai Kampar, daerah di sekitar Indragiri Sumatera. Dari Kampar, perjalanan terus dilakukan menuju arah barat laut hingga mencapai Malaka yang letaknya berada di seberang utara. Sayangnya, dalam upaya pengusiran Portugis di Malaka, pasukan Demak mengalami kekalahan. Karena keberaniannya, Pati Unus mendapatkan julukan, yaitu Pangeran Sabrang Lor.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved