Roboguru
SD

Seorang siswa melakukan penelitian mengenai peristiwa osmosis dengan menggunakan potongan batang bayam (Amaranthus hibridus) dengan menggunakan bahan larutan gula, larutan garam dan aquadest. Cara kerja yang dilakukan adalah dengan memotong batang bayam sepanjang 5 cm kemudian direndam pada masing-masing larutan. c. Sebutkan pengertian dari turgiditas dan plasmolisis!

Pertanyaan

Seorang siswa melakukan penelitian mengenai peristiwa osmosis dengan menggunakan potongan batang bayam (Amaranthus hibridus) dengan menggunakan bahan larutan gula, larutan garam dan aquadest. Cara kerja yang dilakukan adalah dengan memotong batang bayam sepanjang 5 space cm kemudian direndam pada masing-masing larutan.

c. Sebutkan pengertian dari turgiditas dan plasmolisis!space 

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa turgiditas yaitu jika sel berada pada larutan yang hipotonik, kecenderungan air masuk ke dalam sel akan diimbangi oleh dinding sel (setelah mencapai ukuran tertentu dinding sel akan memberikan tekanan balik pada sel), sehingga sel akan membesar pada batas normal. Sedangkan plasmolisis yaitu jika sel berada pada larutan yang hipertonik, air di dalam sel keluar, sehingga sel mengerut dan membran plasma akan tertarik menjauhi dinding sel.space 

Pembahasan

Sel tumbuhan, alga, dan jamur memiliki dinding sel. Jika berada pada larutan yang hipertonik, air di dalam sel keluar, sehingga sel mengerut dan membran plasma akan tertarik menjauhi dinding sel, peristiwa ini disebut dengan plasmolisis. Jika sel berada pada larutan yang hipotonik, kecenderungan air masuk ke dalam sel akan diimbangi oleh dinding sel (setelah mencapai ukuran tertentu dinding sel akan memberikan tekanan balik pada sel), sehingga sel akan membesar pada batas normal. Peristiwa tersebut disebut turgiditas.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa turgiditas yaitu jika sel berada pada larutan yang hipotonik, kecenderungan air masuk ke dalam sel akan diimbangi oleh dinding sel (setelah mencapai ukuran tertentu dinding sel akan memberikan tekanan balik pada sel), sehingga sel akan membesar pada batas normal. Sedangkan plasmolisis yaitu jika sel berada pada larutan yang hipertonik, air di dalam sel keluar, sehingga sel mengerut dan membran plasma akan tertarik menjauhi dinding sel.space 

58

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Peristiwa mengkerutnya sel pada sel tumbuhan karena air keluar dari sel disebut ….

3rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia