Roboguru

Seorang peserta didik melakukan percobaan untuk me...

Seorang peserta didik melakukan percobaan untuk mengetahui Pengaruh aktivitas enzim katalase denganmenyediakan lima tabung reaksi berisi larutan H 2 O 2 dengan berbagai konsentrasi. Pada tiap-tiap tabung ditambahkan satu potong hati ayam segar. Banyaknya gelembung udara yang muncul diukur berdasarkan kenaikannya dalam tabung reaksi. Hasil pengamatan diperoleh sebagai berikut.

Berdasarkan tabel diatas, kesimpulan yang dapat diambil adalah....

  1. Makin tinggi konsentrasi substrat, kecepatan reaksi makin cepat

  2. Makin rendah konsentrasi substrat, kecepatan reaksi makin cepat

  3. Kerja enzim katalase dipengaruhi oleh ketinggian gelembung udara

  4. Kerja enzim katalase tidak dipengaruhi oleh konsentrasi substrat

  5. Kerja enzim katalase dipengaruhi oleh konsentrasi enzim

Jawaban:

Hidrogen peroksida (H 2 O 2) merupakan hasil dari respirasi dan dibuat dalam seluruh sel hidup. H 2 O 2 berbahaya dan harus dibuang secepatnya. Enzim katalase diproduksi sel untuk mengkatalis H 2 O 2. Katalase berperan sebagai enzim peroksidasi khusus dalam reaksi dekomposisi hydrogen peroksida menjadi oksigen dan air.

Enzim ini mampu mengoksidasi 1 molekul hydrogen peroksida menjadi oksigen. Kemudian secara simultan juga dapat mereduksi molekul hydrogen peroksida kedua menjadi air. Reaksi dapat berjalan bila terdapat senyawa pemberi ion hydrogen (H) seperti methanol, etanol dan format.

Peran katalase dalam mengkatalis H 2 O 2 relatif lebih kecil dibandingkan dengan kecepatan pembentukannya. Sel-sel yang mengandung katalase dalam jumlah sedikit sangat rentan terhadap peroksida. Oleh karena itu katalase berperan penting dalam mekanisme pertahanan sel darah merah terhadap serangan oksidator hydrogen peroksida.

Berdasarkan data yang dihasilkan, maka dapat disimpulkan semakin banyak konsentrasi H 2 O 2 dapat mempercepat reaksi  enzim katalase dan menghasilkan banyak gelembung. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A. space space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved