Pertanyaan

Seorang pemborong mampu menyelesaikan borongannya selama 50 hari dengan banyak pekerja 20 orang. Setelah bekerja 30 hari pemborong menambah pekerja agar borongan itu dapat terselesaikan 5 hari lebih cepat. Tentukan banyaknya pekerja yang ditambah pemborong tersebut!

Seorang pemborong mampu menyelesaikan borongannya selama  hari dengan banyak pekerja  orang. Setelah bekerja  hari pemborong menambah pekerja agar borongan itu dapat terselesaikan  hari lebih cepat. Tentukan banyaknya pekerja yang ditambah pemborong tersebut!

R. Hajrianti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

banyaknya pekerja yang ditambah pemborong tersebut adalah orang.

 banyaknya pekerja yang ditambah pemborong tersebut adalah 7 orang.

Pembahasan

Seorang pemborong mampu menyelesaikan borongannya selama hari dengan banyak pekerja orang. Setelah bekerja hari pemborong menambah pekerja agar borongan itu dapat terselesaikan hari lebih cepat, maka hari yang tersisa untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana adalah hari dan akan dipercepat menjadi hari. Permasalahan tersebut dapat dituliskan dalam tabel sebagai berikut. Semakin sebentar pemborong mampu menyelesaikan pekerjaan, maka semakin banyak pekerja yang dibutuhkan dan sebaliknya, maka permasalahan ini adalah permasalahan perbandingan berbalik nilai. Dengan menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai, banyak pekerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sisa pekerjaan hari lebih cepat sebagai berikut. Berdasarkan uraian di atas, maka banyak pekerja yang harus ditambahakan sebagai berikut. Dengan demikian,banyaknya pekerja yang ditambah pemborong tersebut adalah orang.

Seorang pemborong mampu menyelesaikan borongannya selama 50 hari dengan banyak pekerja 20 orang. Setelah bekerja 30 hari pemborong menambah pekerja agar borongan itu dapat terselesaikan 5 hari lebih cepat, maka hari yang tersisa untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai rencana adalah 20 hari dan akan dipercepat menjadi 15 hari. Permasalahan tersebut dapat dituliskan dalam tabel sebagai berikut. 

Semakin sebentar pemborong mampu menyelesaikan pekerjaan, maka semakin banyak pekerja yang dibutuhkan dan sebaliknya, maka permasalahan ini adalah permasalahan perbandingan berbalik nilai. Dengan menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai, banyak pekerja yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sisa pekerjaan 5 hari lebih cepat sebagai berikut.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell 20 over x end cell equals cell 15 over 20 end cell row cell 20 times 20 end cell equals cell 15 x end cell row 400 equals cell 15 x end cell row cell 15 x end cell equals 400 row x equals cell 400 over 15 end cell row blank equals cell 26 comma 67 end cell row blank almost equal to cell 27 space orang end cell end table

Berdasarkan uraian di atas, maka banyak pekerja yang harus ditambahakan sebagai berikut.

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Pekerja space tambahan end cell equals cell 27 minus 20 end cell row blank equals cell 7 space orang end cell end table


Dengan demikian, banyaknya pekerja yang ditambah pemborong tersebut adalah 7 orang.

355

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu pekerjaan konstruksi sebuah gedung dapat diselesaikan dalam waktu 9 bulan dengan 210 pekerja. Jika bangunan tersebut direncanakan selesai dalam waktu 7 bulan, berapa banyak pekerja yang harus di...

717

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia