Roboguru
SD

Seorang anak sejak dilahirkan akan terus mengalami proses sosialisasi. Orang Tua menanamkan nilai-nilai yang paling mendasar kepada anak, seperti kejujuran, kesopanan, kerja sama, kemandirian, dan menyayangi sesama manusia. Sang anak juga mendapatkan norma dan aturan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, serta berbagai keterampilan dan sejumlah pengetahuan. Semua ini akan didapatkan oleh anak pada tahap sosialisasi …. (UTBK 2019)

Pertanyaan

Seorang anak sejak dilahirkan akan terus mengalami proses sosialisasi. Orang Tua menanamkan nilai-nilai yang paling mendasar kepada anak, seperti kejujuran, kesopanan, kerja sama, kemandirian, dan menyayangi sesama manusia. Sang anak juga mendapatkan norma dan aturan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, serta berbagai keterampilan dan sejumlah pengetahuan. Semua ini akan didapatkan oleh anak pada tahap sosialisasi …. (UTBK 2019)space space  

  1. partisipatoris space space  

  2. represif space space  

  3. primer space space  

  4. sekunder space space  

  5. tersierspace space  

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.undefined  

Pembahasan

Pada usia anak-anak, individu mengalami tahap sosialisasi pertama yang disebut dengan sosialisasi primer. Dalam sosialisasi primer, keluarga terutama orang tua akan mengajarkan nilai dan norma paling mendasar dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya tata krama, pentingnya saling menyayangi, dan hal mendasar, seperti cara makan dan cara beribadah. Jadi jawabannya adalah yang primer. 

Jenis sosialisasi dibedakan atas dua, yaitu primer dan sekunder. Sosialisasi sekunder adalah bentuk lanjutan dari sosialisasi primer. Sosialisasi sekunder dialami individu di luar lingkungan keluarga, seperti di sekolah atau di tempat kerja. Maka itu, pilihan D dan E salah. Pilihan lain, yaitu A dan B  juga salah karena partisipatoris dan represif ini adalah pola sosialisasi. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined  

1rb+

5.0 (2 rating)

Pertanyaan serupa

Pembentukan kepribadian pada balita lebih banyak dilakukan oleh teman bermainnya SEBAB Setiap agen sosialisasi menanamkan nilai dan norma yang berbeda-beda pada seorang anak dan bisa bertentangan.

28

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia