Roboguru

Seorang akuntan perusahaan memiliki tugas untuk ….

Pertanyaan

Seorang akuntan perusahaan memiliki tugas untuk …. space space 

  1. Memberikan pendapat dan pernyataan tentang laporan keuangan space space 

  2. Melakukan penelitian dan pengembangan ilmu akuntansi space space 

  3. Menyusun kurikulum untuk setiap satuan pendidikan space space 

  4. Bekerja sebagai pegawai negeri sipil space space 

  5. Menjalankan fungsi akuntansi di perusahaan space space 

Pembahasan Soal:

Akuntan internal pada perusahaan memiliki tugas untuk mencatat transaksi keuangan dan membuat laporan keuangan. Secara keseluruhan akuntan internal bertugas untuk melakukan fungsi akuntansi di perusahaan. Mulai dari analisis bukti transaksi sampai menyelesaikan pembuatan laporan keuangan yang terdiri dari: laporan perubahan modal, laporan laba rugi, laporan neraca dan arus kas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Rahayu

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Suparto menjadi terkenal di lingkungannya karena ia banyak memasukkan lulusan SMK di lingkungannya bekerja menjadi karyawan di tempatnya. Ia bekerja pada suatu PT yang sangat besar dan bertanggung jaw...

Pembahasan Soal:

Akuntan perusahaan merupakan profesi akuntan yang bekerja dalam ruang lingkup kerja dari akuntan internal yaitu pada sebuah perusahaan atau lembaga. Akuntan perusahaan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuangan perusahaan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Bagaimana caranya agar seseorang dapat menjadi akuntan?

Pembahasan Soal:

Akuntan adalah orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan akuntansi. Akuntan terbagi menjadi 4 antara lain:

  • Akuntan publik yaitu akuntan yang bekerja secara independen dan  tidak terikat perusahaanuntuk menilai kelayakan laporan keuangan perusahaan.
  • Akuntan internal (akuntan perusahaan) yaitu akuntan yang terikat perusahaan (biasanya karyawan internal perusahaan) dan bertugas membuat dan menyajikan laporan keuangan.
  • Akuntan pemerintah adalah akuntan milik pemerintah yang bertugas menilai laporan keuangan instansi pemerintah seperti pemerintah pusat, Pemda, Kementerian dan BUMN.
  • Akuntan pendidik adalah orang yang mengajarkan akuntansi, contohnya guru dan dosen akuntansi.

Untuk menjadi seorang akuntan, setidaknya seseorang harus menempuh pendidikan dan lebih bagus lagi jika dilanjutkan mengambil profesi akuntan agar benar-benar diakui sebagai seorang akuntan layaknya seorang dokter. Setidaknya untuk menjadi seorang akuntan yang memiliki sertifikasi dan kompetensi, seseorang harus mengikuti ujian profesi akuntan. Ujian ini dapat dilalui saat seseorang telah menempuh kuliah jurusan akuntansi. Setelah lulus ujian profesi, seseorang bisa langsung menjadi akuntan publik.

Jika ia hanya ingin menjadi akuntan perusahaan dan akuntan pendidik bisa juga hanya kuliah jurusan akuntansi tanpa mengambil pendidikan profesi. Namun, untuk menjadi akuntan publik tidak cukup hanya kuliah akuntansi saja tetapi juga harus mengambil profesi akuntan. space

0

Roboguru

Jelaskan jenis-jenis profesi akuntan yang terdapat di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Profesi akuntansi merupakan semua bidang pekerjaan yang mempergunakan keahlian di bidang ekonomi. Adapun profesi akuntansi antara lain:

  1. Akuntan Internal.
    Akuntan internal dikenal juga sebagai akuntan manajemen, akuntan perusahaan. Akuntan internal bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi yang bertugas untuk mencatat setiap transaksi keuangan dan menyusun laporan keuangan perusahaan.
  2. Akuntan Publik
    Akuntan publik adalah akuntan yang telah memperoleh izin dari Menteri Keuangan untuk memberikan jasa akuntan publik dan wajib menjadi anggota Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). 
  3. Akuntan Pemerintah
    Akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah, misalnya di kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Keuangan (BPK),  perpajakan dan di komisi pemberantasan korupsi.
  4. Akuntan Pendidik
    Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas dalam mendidik di bidang akuntansi, melakukan penelitian dan pengembangan di bidang akuntansi, dan menyusun kurikulum di berbagai tingkat satuan pendidikan.  

0

Roboguru

Profesi seorang akuntan yang bekerja di sebuah perusahaan dengan tugas mencatat setiap transaksi keuangan dan menyusun laporan keuangan perusahaan adalah ….

Pembahasan Soal:

Akuntan internal adalah seorang akuntan yang bekerja di sebuah perusahaan dengan tugas mencatat setiap transaksi keuangan dan menyusun laporan keuangan perusahaan. Selain itu ia jugamengurusi masalah pencatatan pajak perusahaan dan auditing/pemeriksaan secara internal. Ia bertanggung jawab kepada manajer atau kepada pemilik usaha. Jadi, jawaban yang benar adalah poin E.  undefined

0

Roboguru

Akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan disebut akuntan ....

Pembahasan Soal:

Seseorang yang ahli pada bidang akuntansi disebut sebagai seorang akuntan. Seorang akuntan dapat berprofesi di beberapa kegiatan, salah satunya ialah akuntan internal dimana seseorang bekerja sebagai seorang akuntan di sebuah perusahaan atau organisasi.

Jadi, jawaban yang sesuai adalah D.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved