Roboguru

Selama kurang lebih dua minggu Pak Rusli mengalami batuk disertai darah, sesak napas, demam, dan kondisi fisiknya melemah. Oleh karena itu, Pak Rusli melakukan rontgen paru-paru di rumah sakit. Hasil foto rontgen menunjukkan bahwa pada dinding alveolus Pak Rusli terdapat bintik-bintik kecil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pak Rusli menderita penyakit ....

Pertanyaan

Selama kurang lebih dua minggu Pak Rusli mengalami batuk disertai darah, sesak napas, demam, dan kondisi fisiknya melemah. Oleh karena itu, Pak Rusli melakukan rontgen paru-paru di rumah sakit. Hasil foto rontgen menunjukkan bahwa pada dinding alveolus Pak Rusli terdapat bintik-bintik kecil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pak Rusli menderita penyakit ....undefined 

  1. kanker paru-paruundefined 

  2. pneumoniaundefined 

  3. sianosisundefined 

  4. asmaundefined 

  5. ТВСundefined 

Pembahasan Soal:

Gejala yang disebutkan dalam soal di atas sesuai dengan ciri-ciri penyakit Tuberculosis (TBC). Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, infeksi bakteri ini menyebabkan peradangan pada alveolus sehingga hasil rotgen akan menunjukkan adanya bintik-bintik kecil. Gejala akibat peradangan ini yaitu batuk-batuk dalam waktu lebih dari dua minggu bahkan disertai dengan darah, sesak napas, demam,nyeri di bagian dada dan kondisi fisiknya melemah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.space space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan kondisi paru-paru berikut! Paru-paru berwarna kehitaman. Selaput paru-paru mengalami kerusakan. Alveolus mengembang karena terisi karbon hitam.  Kondisi paru-paru tersebut mengindika...

Pembahasan Soal:

Salah satu penyebab kanker paru-paru adalah merokok yang dapat menyebabkan paru-paru berwarna kehitaman dan dapat merusak bagian paru-paru lain seperti alveolus dan selaput paru-paru.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

1

Roboguru

Untuk menjawab pertanyaan berikut perhatikanlah gambar di bawah ini! Berdasarkan gambar jenis penyakit yang disebabkan adalah ....

Pembahasan Soal:

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis di paru-paru. Kondisi ini, kadang disebut juga dengan TB paru. TBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 3 minggu), biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah. Bakteri TBC tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyerang tulang, usus, atau kelenjar. Mycobacterium tuberculosis merupakan bakteri yang berbentuk basil (batang).

Dengan demikian pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Mengapa penderita penyakit TBC dianjurkan makan lebih banyak makanan bergizi?

Pembahasan Soal:

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, tuberkulosis merupakan infeksi sangat menular yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyebaran penyakit tersebut terjadi ketika penderita tuberkulosis mengeluarkan dahak atau cairan liur (droplet) yang berisi kuman penyebab penyakit ke udara.

Penyakit Tuberkulosis (TBC) memang masih dapat diobati dengan antibiotik. Namun menjalani pengobatan tanpa memastikan asupan nutrisi yang tetap terpenuhi, berisiko membuat penyakit Anda susah sembuh. Maka dari itu, penderita TBC perlu untuk mencukupi nutrisi dengan mengonsumsi menu makanan yang dapat mempercepat penyembuhan.

Dengan menerapkan pola makan sehat untuk TBC, Anda turut meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi bakteri penyebab TBC dan menjaga kecukupan gizi. Alhasil, penderita jadi lebih cepat sembuh. undefined 

 

0

Roboguru

Salah satu gangguan pada sistem pernapasan yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis adalah ….

Pembahasan Soal:

Bakteri Mycobacterium tuberculosis dapat menyebabkan penyakit menular yaitu TBC. TBC atau tuberculosis merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia. TBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama, biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space  

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Pneumonia disebabkan oleh bakteri Diplococcus pneumoniae yang menyebabkan peradangan pada paru-paru. Polip disebabkan oleh infeksi Orthomyxovirus yang men...

Pembahasan Soal:

  1. Pneumonia

Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi. Pneumonia juga dikenal dengan istilah paru-paru basah. Pneumonia disebabkan oleh infeksi bakteri Diplococcus pneumoniae. Perhatikan gambar berikut!

 

 


Gejala pneumonia cukup bervariasi. Namun, umumnya pneumonia ditandai dengan gejala seperti batuk, demam, sesak napas, menggigil, dan kelelahan. Pengobatan pneumonia akan disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahan dari kondisi yang dialami. Pneumonia akibat infeksi bakteri akan ditangani dengan pemberian antibiotik.

  1. Polip

Polip hidung merupakan jaringan yang lembut, tidak menyebabkan rasa sakit, dan tidak ganas. Polip hidung dapat terbentuk saat selaput lendir (membran mukosa) dari saluran pernapasan dan sinus mengalami peradangan. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan polip hidung seperti infeksi sinus berulang, penyakit asma, rhinitis alergi dan fibrosis kistik. Polip hidung memiliki ukuran yang beragam. Polip hidung yang berukuran kecil umumnya tidak menimbulkan gejala, sedangkan gejala polip hidung yang berukuran besar sama seperti sedang pilek namun tidak kunjung sembuh.

  1. Hipoksia

Hipoksia adalah kondisi rendahnya kadar oksigen di sel dan jaringan. Akibatnya sel dan jaringan yang ada di seluruh bagian tubuh tidak dapat berfungsi dengan normal. Hipoksia dapat disebabkan oleh rendahnya kadar oksigen di lingkungan, adanya penyakit atau gangguan pada paru-paru dan saluran pernapasan, dan efek samping obat.

  1. TBC (Tuberkulosis)

TBC (Tuberkulosis) yang juga dikenal dengan TB adalah penyakit paru-paru akibat bakteri Mycobacterium tuberculosis. TBC dapat mengganggu proses difusi oksigen karena timbulnya bintil-bintil kecil pada alveolus yang disebabkan bakteri Mycobacterium tuberculosis. Seperti pada gambar berikut!

 


TBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 3 minggu), biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah. Bakteri TBC tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyerang tulang, usus, atau kelenjar. Penyakit ini dapat ditularkan dari percikan ludah yang keluar penderita TBC ketika berbicara, batuk, atau bersin. Walaupun dapat menyebar melalui udara penularan penyakit TBC tidak semudah penyebaran flu atau batuk.

  1. Asidosis respiratorik

Asidosis respiratorik disebabkan oleh gangguan pada sistem pernapasan yang meningkatkan kadar karbon dioksida di dalam darah. Kondisi ini dapat mengakibatkan keseimbangan asam-basa di dalam tubuh terganggu sehingga kadar asam menjadi sangat tinggi. Gejala asidosis respiratorik diantaranya napas pendek dan cepat, lelah atau mengantuk, pusing, sakit kepala, linglung, dan gelisah.

Dari informasi tersebut, dapat kita ketahui bahwa pasangan yang tepat antara nama penyakit dan penyebabnya ditunjukkan oleh angka 1) dan 4).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah B.space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved