Roboguru

Selain iklim kering yang membentuk wilayah gurun, terdapat juga iklim lain yang dominan di Afrika. Iklim tersebut adalah ….

Pertanyaan

Selain iklim kering yang membentuk wilayah gurun, terdapat juga iklim lain yang dominan di Afrika. Iklim tersebut adalah ….space 

  1. iklim tropis keringspace 

  2. iklim saljuspace 

  3. iklim tropis basahspace 

  4. iklim sedangspace 

Pembahasan Soal:

Selain iklim kering, Afrika juga memiliki wilayah dengan iklim lain. Salah satunya adalah karena Afrika juga dilalui khatulistiwa, berarti terdapat iklim tropis basah di tengah benua tersebut. Iklim tropis basah ini ditandai dengan keberadaan vegetasi hutan hujan tropis, tetapi cakupannya sempit, jika dibandingkan dengan iklim tropis keringnya seperti sabana tropis yang terbentang luas.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

P. Avivah

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan tentang hot summer dan mild winter di Mesir !

Pembahasan Soal:

Hanya ada dua musim utama di Mesir yaitu musim panas yang sangat panas (hot summer) dan musim dingin yang ringan (mild winter). Musim panas berlangsung dari Mei sampai Oktober, sedangkan musim dingin berlangsung dari November sampai April. Hot summer tersebut diakibatkan oleh keadaan geografis dari gurun di Mesir, sedangkan mild winter tersebut diakibatkan oleh keadaan geografis laut Tengah di utara Mesir.

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh letak astronomis dan letak geografis terhadap kondisi iklim benua Afrika !

Pembahasan Soal:

Benua Afrika membentang dari utara ke selatan, yakni 37°LU – 34°LS dan 18°BT – 53°BT, benua Afrika dilalui garis khatulistiwa yang sebagian besar daratannya berada di belahan bumi utara. Secara geografis benua ini berbatasan dengan 2 benua, yaitu Benua Asia dan Benua Eropa, Afrika juga dibatasi oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Atlantik. Iklim yang dimiliki oleh benua Afrika beragam karena dipengaruhi oleh letak astronomis dan geografisnya, diantaranya:

  • Iklim tropis di bagian utara
  • Iklim subtropis di bagian selatan
  • Iklim gurun dipengaruhi oleh banyak gurun di Afrika
  • Iklim mediterania terdapat di daerah sekitar laut mediterania

0

Roboguru

Di wilayah tropis seperti Indonesia, sinar matahari selalu ada sepanjang tahun dan suhu tidak ekstrim sehingga masih cukup nyaman untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Lama siang dan malam juga ham...

Pembahasan Soal:

Di wilayah tropis seperti Indonesia, sinar matahari selalu ada sepanjang tahun dan suhu tidak ekstrim sehingga masih cukup nyaman untuk melakukan aktivitas di luar rumah. Lama siang dan malam juga hampir sama. Tetapi di negara-negara yang terletak di lintang tinggi, pada musim panas, lama siang jauh lebih lama dibandingkan dengan malam. Sebaliknya pada musim dingin, lama siang lebih pendek. Hal tersebut karena matahari hanya seolah bergerak pada 0° - 23,5° LU dan 0° - 23,5° LS. Oleh sebab itu, negara-negara tropis akan mendapat sinar matahari sepanjang tahun. Kawasan tropis juga memiliki amplitudo suhu hariannya kecil, artinya suhu pada siang dan malam hari tidak memiliki perbedaan yang ekstrem.

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh letak astronomis terhadap kondisi iklim  benua : Benua Afrika Benua Amerika  Benua Eropa Benua Australia

Pembahasan Soal:

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis suatu wilayah akan memberikan efek kepada kondisi iklim wilayah tersebut. Untuk mengetahui kondisi iklim masing-masing benua dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Benua Afrika
    Benua Afrika atau dikenal dengan benua hitam, secara astronomis terletak diantara 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Dengan demikian Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa. Wilayah Afrika berdasarkan letak astronomisnya memiliki iklim subtropis dan tropis. Daerah iklim sedang/subtropis, meliputi daerah di pantai tenggara Afrika Selatan,wilayah selatan, dan garis balik selatan. Daerah yang mengalami musim tropis adalah wilayah Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda. 
  2. Benua Amerika 
    Benua Amerika adalah salah satu benua terpanjang di dunia. Secara astronomis wilayah Amerika terletak pada lintang 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS. Dengan letak astronomis ini wilayah Amerika memiliki kondisi iklim tropis dan subtropis. Untuk wilayah yang mengalami iklim tropis adalah wilayah Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Iklim subtropis berada di wilayah Amerika Utara.
  3. Benua Eropa
    Benua Eropa adalah salah satu benua terkecil di dunia. Secara astronomis wilayah Eropa terletak pada Benua Eropa terletak antara 35°LU - 71°06’LU dan 9°27’BB -66°20’BT. Dengan kondisi letak astronomis ini wilayah Eropa memiliki kondisi iklim Subtropis. 
  4. Benua Australia
    Benua Australia secara astronomis terletak pada 113 BT- 155 BT dan 10 LS – 43 LS. Dengan kondis ini wilayah Autralia memiliki iklim tropis, subtropis, dan iklim sedang.

0

Roboguru

Jelaskan pengaruh letak astronomis dan geografi terhadap kondisi iklim benua Afrika!

Pembahasan Soal:

Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak astronomis suatu wilayah akan memberikan efek kepada kondisi iklim wilayah tersebut. Benua Afrika atau dikenal dengan benua hitam, secara astronomis terletak diantara 37º LU – 34º LS dan 17º BB – 51º BT. Dengan demikian Benua Afrika dilalui garis khatulistiwa. Wilayah Afrika berdasarkan letak astronomisnya memiliki iklim subtropis dan tropis. Daerah iklim sedang/subtropis, meliputi daerah di pantai tenggara Afrika Selatan,wilayah selatan, dan garis balik selatan. Daerah yang mengalami musim tropis adalah wilayah Sepanjang pantai Afrika Barat, Kenya, Uganda. 

Letak Geografi adalah letak suatu wilayah berdasarkan kondisi aslinya dipermukaan bumi. Secara geografis wilayah Afrika terletak dikelilingi oleh dua samudera yaitu Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Secara kondisi wilayah Benua Afrika memiliki gurun yang luas, kondisi ini juga memberikan pengaruh pada iklim wilayah. Berdasakan letak geografisnya wilayah Afrika memiliki iklim gurun dan iklim medeterania. Iklim gurun adalah iklim yang terjadi karena dipengaruhi oleh gurun yang luas ciri dari iklim ini adalah udara dan suhu tinggi, tingkat hujan rendah, dan dapat terjadi kemarau sepanjang tahun. Wilayah Afrika yang memiliki iklim gurun adalah wilayah Afrika Utara dan dan barat daya. Dan iklim mediterania berada di wilayah Afrika Utara. Iklim mediterania adala iklim yang dimiliki oleh wilayah yang berada di daerah cekungan. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved