Roboguru

Sel-sel tubuh makhluk hidup terus melakukan pembelahan secara mitosis. Dengan demikian, apakah sel-sel tubuh akan terus bertambah secara tidak terhingga?

Pertanyaan

Sel-sel tubuh makhluk hidup terus melakukan pembelahan secara mitosis. Dengan demikian, apakah sel-sel tubuh akan terus bertambah secara tidak terhingga? 

Pembahasan Soal:

Perlu diketahui bahwa, sel tubuh (somatis) tidak terus menerus melakukan pembelahan mitosis, tentu ada batasnya. Batasan sel tubuh mampu membelah secara mitosis disebut Hayflick Limit (Batas Hayflick). Hayflick Limit menyatakan bahwa sebuah sel normal hanya bisa membelah sebanyak 40 - 60 kali sebelum akhirnya tidak dapat membelah lagi dan akan dirombak melalui kematian sel terprogram (programmed cell death) atau apoptosis.

Selain itu, sel tubuh tidak akan terus bertambah secara tak terhingga, karena sel memiliki mekanisme penghentian pembelahan sel yang disebut Cell Cycle Withdrawal. Penghentian ini bisa permanen atau sementara, dan bisa terjadi di salah satu dari empat fase siklus (G1, S, G2 dan M). Mekanismenya melibatkan protein dan sekuens DNA di dalam sel. Tujuannya ialah untuk mencegah terlalu banyak sel terakumulasi di dalam tubuh dan memastikan bahwa sel-sel di organ yang berbeda terkandung dalam proporsi yang tetap untuk mencapai fungsi tubuh yang optimal. Penghentian ini juga menghindari penyakit pertumbuhan sel abnormal, seperti tumor atau kanker serta mencegah sel-sel yang sakit, atau sel-sel dengan DNA yang bermutasi (rusak), untuk terus membelah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved