Roboguru

Sekelompok tikus sawah keluar sarang pada malam hari menghindari cahaya kemudian memakan tanaman padi di sawah, hubungan timbal balik antara tikus dengan lingkungan hidupnya disebut... .

Pertanyaan

Sekelompok tikus sawah keluar sarang pada malam hari menghindari cahaya kemudian memakan tanaman padi di sawah, hubungan timbal balik antara tikus dengan lingkungan hidupnya disebut... .space

  1. simbiosisspace

  2. interaksispace

  3. biomaspace

  4. ekologispace

  5. ekosistemspace

Pembahasan Soal:

Hubungan timbal balik antara tikus dengan lingkungannya disebut ekosistem. Ekosistem merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh sistem timbal balik yang tidak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. space

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Dianita

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa air sangat berpengaruh terhadap ekosistem?

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan suatu kesatuan dinamis yang terdiri dari berbagai spesies makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya, baik lingkungan biotik maupun abiotik. Air merupakan salah satu komponen abiotik dalam ekosistem. Abiotik merupakan merupakan lawan kata dari biotik. Komponen abiotik adalah komponen-komponen yang tidak hidup atau benda mati.  Air dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme dalam suatu ekosistem. Bagi tumbuhan, air berperan dalam pertumbuhan, perkecambahan dan penyebaran biji, bagi hewan air diperlukan untuk minum dan sarana hidup lain seperti tempat hidup bagi ikan atau biota air lainnya. Bagi unsur abiotik lain misalnya tanah dan batuan, air digunakan sebagai pelarut dan pelapuk. Oleh karena itu, air merupakan komponen penting dalam ekosistem karena dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme dalam suatu ekosistem. 

Roboguru

Apa itu ekosistem?

Pembahasan Soal:

Ekosistem tersusun atas interaksi antara komponen abiotik seperti lingkungan yang meliputi air, matahari, udara, batuan, dan tanah dan komponen biotik berupa makhluk hidup yang mendiami suatu ruang pada waktu tertentu. Kumpulan-kumpulan ekosistem pada suatu daerah dengan iklim yang sama disebut bioma. Ekosistem merupakan tingkat kajian ilmu biologi dimana aliran energi dan kesetimbangan biogeokimia dapat dipelajari secara utuh.undefined 

Roboguru

Bagaimana peranan produsen dalam ekosistem?

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan suatu kesatuan dinamis yang terdiri dari berbagai spesies makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya, baik lingkungan biotik maupun abiotik. Produsen merupakan salah satu komponen biotik dalam ekosistem. Biotik merupakan salah satu komponen atau faktor dalam lingkungan yang meliputi semua faktor hidup. Produsen merupakan makluk hidup yang dapat membuat makanananya sendiri. Produsen juga dapat dikatakan sebagai makluk hidup yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik. Semua tumbuhan hijau adalah produsen karena proses perubahan zat anorganik menjadi zat organik disebabkan adanya klorofil pada tumbuhan hijau melalui proses fotosintesis. Di dalam ekosistem, produsen berperan dalam menyediakan makanan sehingga dapat mendukung kelangsungan hidup organisme lain. Keberadaan produsen sangat penting dalam ekosistem, jika tidak ada produsen, maka konsumen primer tidak mendapat suplai energi. Hal ini akan mengganggu rantai makanan dalam sebuah ekosistem. 

Roboguru

Berikan penjelasan bahwa ekosistem bisa dikatakan suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi!

Pembahasan Soal:

Ekosistem dikatakan sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi dikarenakan suatu ekosistem terbentuk dari adanya suatu interaksi atau hubungan antar komponen penyusun ekosistem yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (benda tak hidup/lingkungan). Interaksi yang terbentuk dapat terjadi diantara sesama komponen biotik yaitu antara sesama makhluk hidup, ataupun interaksi antara komponen biotik dan abiotik yaitu antara makhluk hidup dan lingkungan. Contoh interaksi antara sesama makhluk hidup antara lain adalah simbiosis, kompetisi, dan predasi. Sedangkan interaksi antara makhluk hidup dan lingkungan antara lain tumbuhan yang memerlukan cahaya untuk fotosintesis.

Dengan demikian, ekosistem dikatakan sebagai suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi dikarenakan suatu ekosistem terbentuk dari adanya suatu interaksi atau hubungan antar komponen penyusun ekosistem yaitu komponen biotik (makhluk hidup) dan komponen abiotik (benda tak hidup/lingkungan).undefined 

Roboguru

Perhatikan ciri-ciri ekosistem berikut! Vegetasi beragam Tumbuhan mempunyai kanopi yang lebar Terdapat berbagai jenis serangga, burung, monyet, harimau Berdasarkan ciri-cirinya maka ekosistem te...

Pembahasan Soal:

Hutan hujan tropis memiliki keanekaragaman tertinggi dibandingkan ekosistem lainnya. Ciri khas dari hutan hujan tropis yaitu berkanopi lebat dan memiliki vegetasi yang beragam baik dari segi hewan maupun tumbuhan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved