Roboguru

Sebutkan unsur-unsur surat pribadi!


Sebutkan unsur-unsur surat pribadi!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Jawaban:

Berikut ini unsur- unsur surat pribadi:

 

  1. Alamat dan tempat tanggal Pembuatan Surat. Bagian ini menjelaskan posisi serta waktu ditulisnya surat. Dalam surat di atas bagian ini yaitu: Pelalawan, Riau, 29 November 2015
  2. Salam Pembuka. Salam pembuka ialah sapaan seseorang sebelum menulis surat. Dalam surat ini yaitu: Bapak Presiden yang terhormat.
  3. Pendahuluan. Pendahuluan bisa berupa pertanyaan mengenai kabar, kesehatan, keadaan atau sekedar basa-basi. Dalam surat ini bagian paragraf pembukanya yaitu: Bapak, saya siswa kelas IV SDN Kuala Panduk. Saya tinggal di Desa Kuala Panduk.
  4. Isi. Bagian isi berisi inti atau tujuan dibuatnya surat. meskipun yang anda tulis ialah surat pribad,bagian ini tetap harus anda tulis jelas dan mudah dimengerti. Bagian isi dalam surat di atas yaitu: Sudah satu minggu saya dan beberapa teman lain tidak bersekolah karena sakit. Kami sakit karena menghirup udara yang berasap. Dada kami sesak ketika bernafas. Mata kami perih ketika terbuka. Rasanya sangat tidak nyaman. Bapak, sebentar lagi kami harus ujian akhir semester. Kami harus masuk sekolah untuk belajar dan ujian. Kami tidak bisa sungguh-sungguh belajar dan ujian karena asap tebal di kelas. Bapak, tolong kami segera!
  5. Penutup. Bagian penutup digunakan untuk mengakhiri isi surat. Biasanya paragraf ini berisi permohonan maaf, mohon diri, harapan dan sebagainya. Penutup dalam surat ini yaitu: Kami ingin tumbuh dan belajar seperti anak-anak di kota lain. Kami belajar dan menjadi sukses seperti Bapak. Kami ingin belajar dengan menghirup udara bersih tanpa asap!
  6. Pengirim surat. Dalam surat ini pengirim suratnya yaitu Farha Astina.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved