Roboguru

Sebutkan tugas AFNEI di Indonesia!

Pertanyaan

Sebutkan tugas AFNEI di Indonesia!

Pembahasan Soal:

AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) datang ke Indonesia pada 29 September 1945. AFNEI merupakan pasukan sekutu yang ditugaskan ke Indonesia setelah Perang Dunia II selesai. Penugasan AFNEI ke Indonesia bertujuan untuk melakukan tugas pasca perang sekutu yang memenangkan Perang Dunia II. AFNEI dipimpin oleh seorang Letnan Jenderal Sir Philip Christison. Ada lima tugas utama AFNEI di Indonesia, antara lain sebagai berikut.

  1. Menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang. Selama di Indonesia, AFNEI diberi tugas untuk menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang. Seluruh wilayah jajahan Jepang di Indonesia harus diserahkan ke pasukan sekutu. AFNEI melaksanakan tugas ini dengan mengunjungi berbagai daerah di Indonesia.
  2. Membebaskan para tawanan perang dan interniran Sekutu. Tugas AFNEI selanjutnya di Indonesia adalah membebaskan para tawanan perang dan interniran sekutu. Sebagaimana yang diketahui, selama Jepang berkuasa di Indonesia, ada banyak pasukan dari negara-negara anggota sekutu yang ditahan oleh Jepang di beberapa tempat di Indonesia.
  3. Mengumpulkan, melucuti, dan memulangkan orang Jepang. Di Indonesia, AFNEI juga bertugas untuk melucuti dan mengumpulkan orang jepang untuk dipulangkan kembali ke Jepang. Tentara Jepang yang sudah menyerah itu diangkut dari daerah-daerah Republik Indonesia ke pelabuhan-pelabuhan dari mana mereka selanjutnya dipulangkan kembali ke negerinya.
  4. Menegakkan dan mempertahankan keadaan damai, kemudian diserahkan kepada pemerintahan sipil. Tugas AFNEI selanjutnya adalah menegakkan dan mempertahankan keadaan damai untuk kemudian akan diserahkan kepada pemerintahan sipil. Pemerintahan sipil yang dimaksud disini adalah pemerintahan sipil Hindia Belanda (NICA) yang sejak awal telah memboncengi AFNEI.
  5. Menghimpun keterangan dan menuntut penjahat perang. AFNEI juga bertugas untuk menghimpun semua keterangan yang berkaitan dengan penjahat perang dan menuntut para penjahat perang itu di pengadilan sekutu. Ada banyak perwira atau petinggi militer Jepang yang dihukum oleh pengadilan sekutu. 

Dengan demikian, tugas AFNEI di Indonesia adalah  menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang, membebaskan para tawanan perang dan interniran Sekutu, mengumpulkan, melucuti, dan memulangkan orang Jepang, menegakkan dan mempertahankan keadaan damai, kemudian diserahkan kepada pemerintahan sipil, serta menghimpun keterangan dan menuntut penjahat perang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved