Roboguru

Sebutkan tokoh yang menyampaikan gagasan rumusan pancasila!

Pertanyaan

Sebutkan tokoh yang menyampaikan gagasan rumusan pancasila!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Tiga tokoh kemerdekaan yang memberi rumusan pancasila adalah

  1. Mr.Muhammad Yamin. Pada tanggal 29 Mei 1945 Mr.Muhammad Yamin mengemukakan pikirannya tentang dasar negara, yang terdiri dari peri kebangsaan, peri kemanusiaan, peri ketuhanan, peri kerakyatan dan kesejahteraan rakyat. Setelah berpidato, Mr.Muhammad Yamin menyampaikan usulan secara tertulis mengenai rancangan Undang- Undang Dasar (UUD) Republik Indonesia.
  2. Prof.Dr.Mr.Soepomo. Pada tanggal 31 Mei 1945 Prof.Dr.Mr.Soepomo tampil berpidato dihadapan sidang BPUPKI. Dalam pidatonya itu beliau menyampaikan gagasannya mengenai lima dasar negara Indonesia merdeka yang terdiri dari persatuan, kekeluargaan, keseimbangan lahir batin, musyawarah, keadilan rakyat.
  3. Ir.Soekarno. Pada tanggal 1 Juni 194 , Ir.Soekarno menyampaikan pidatonya di hadapan sidang BPUPKI.Dalam pidato tersebut diajukan oleh Ir.Soekarno secara lisan usulan lima asas sebagai dasar Negara Indonesia yang akan dibentuk,yang terdiri dari nasionalisme atau kebangsaan Indonesia, internasionalisme atau perikemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial dan ketuhanan yang berkebudayaan.

Dengan demikian, tokoh yang menyampaikan gagasan rumusan pancasila yaitu Mr. Moh. Yamin 29 Mei 1945, Mr.Soepomo 31 Mei 1945 dan Ir. Soekarno 1 Juni 1945.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

3 tokoh bangsa yang mengusulkan 5 dasar negara adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 29 Mei 1945 sidang perdana BPUPKI dilaksanakan dengan agenda pembahasan mengenai dasar negara. Ada 3 orang yang memberikan pendapat mengenai dasar negara pada sidang pertama BPUPKI ini, yakni  Mr. Muhammad Yamin, Prof. Dr. Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno.

Dengan demikian 3 tokoh bangsa yang mengusulkan 5 dasar negara adalah Mr. Muhammad Yamin, Prof. Dr. Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno.

Roboguru

Sebutkan gagasan dasar negara yang diusulkan Muhammad Yamin, Mr Soepomo, dan Insinyur Soekarno!

Pembahasan Soal:

Dokuritsu Junbi Cosakai atau disebut juga sebagai BPUPKI adalah sebuah badan bentukan Jepang yang bertugas menyelidiki hal-hal penting dan menyusun rencana persiapan kemerdekaan Indonesia. Guna mendapatkan rumusan dasar negara Republik Indonesia yang benar-benar tepat, maka agenda acara dalam masa persidangan BPUPKI yang pertama (29 Mei - 1 Juni 1945) adalah mendengarkan pidato dari tiga orang tokoh utama pergerakan nasional Indonesia, yang mengajukan pendapatnya tentang dasar negara Republik Indonesia itu adalah sebagai berikut:

  1. Sidang tanggal 29 Mei 1945, Mr. Prof. Mohammad Yamin, S.H. berpidato mengemukakan gagasan mengenai rumusan lima asas dasar negara Republik Indonesia yang beliau namakan “Azas dan Dasar Negara Indonesia Merdeka”, yaitu Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat.
  2. Sidang tanggal 31 Mei 1945, Prof. Mr. Dr. Soepomo berpidato mengemukakan gagasan mengenai rumusan lima prinsip dasar negara Republik Indonesia, yang beliau namakan "Dasar-dasarnya Negara Indonesia Merdeka", yaitu Persatuan, Kekeluargaan, Keseimbangan lahir batin, Musyawarah, dan Keadilan Sosial.
  3. Sidang tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno berpidato mengemukakan gagasan mengenai rumusan lima sila dasar negara Republik Indonesia, yang beliau namakan "Pancasila", yaitu Kebangsaan Indonesia, Internasionalisme dan Peri Kemanusiaan, Mufakat atau Demokrasi, Kesejahteraan Sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dengan demikian, gagasan dasar negara yang diusulkan oleh Muhammad Yamin, Mr Soepomo, dan Insinyur Soekarno adalah “Azas dan Dasar Negara Indonesia Merdeka”, "Dasar-dasarnya Negara Indonesia Merdeka", dan "Pancasila".

Roboguru

Perhatikan pernyataan dibawah ini: kebangsaan Indonesia, peri kebangsaan, internasionalisme atau peri kemanusiaan, mufakat atau demokrasi, peri ketuhanan, kesejahteraan sosial, peri kerakyata...

Pembahasan Soal:

Pada 1 Juni 1945 Soekarno memaparkan pidatonya dalam sidang BPUPKI terkait dasar negara. Dalam pidatonya Soekarno menolak keinginan golongan Islam untuk menjadikan Indonesia negara Islam berdasarkan syariat Islam. Hal ini ia lakukan karena keberagaman agama dan kepercayaan yang ada di Indonesia. Untuk menuju persatuan dan kesatuan bangsa ia sangat menyadari bahwa Indonesia memerlukan dasar negara berdasarkan Ketuhanan yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing. 
Selain persoalan agama dalam sidang tersebut, ia mengusulkan lima rumusan dasar negara yang berbunyi:

  1. kebangsaan Indonesia,
  2. internasionalisme atau peri kemanusiaan,
  3. mufakat atau demokrasi,
  4. kesejahteraan sosial, dan
  5. Ketuhanan yang Maha Esa.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

Roboguru

Berikut rumusan dasar negara yang diusulkan Ir. Soekarno, kecuali ....

Pembahasan Soal:

PUPKI menyelenggarakan 2 kali sidang untuk merumuskan dasar negara dan  UUD. Sidang pertama diselenggarakan pada tanggal 29 Mei 1945 – 1 Juni 1945. Ketua BPUPKI adalah Dr. Radjiman Wediodiningrat yang bertugas untuk memberikan pengarahandan pandangan kepada anggota sidang untuk memperhatikan rumusan dasar negara Indonesia merdeka. Ada tiga tokoh yang mengemukakan pendapatnya mengenai dasar negara Indonesia yaitu Mr. Muhammad Yamin, Prof. Dor. Soepomo, dan Ir. Soekarno. Pada tanggal 1 Juni 1945 Ir. Soekarno mengusulkan dasar negara dengan istilah Pancasila. Kelima dasar negara negara yang dimaksud sebagai berikut.

  1. Kebangsaan atau nasionalisme.
  2. Kemanusiaan atau internasionalisme.
  3. Mufakat atau demokrasi.
  4. Kesejahteraan Sosial.
  5. Ketuhanan yang berkebudayaan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D.

Roboguru

Siapa sajakah tokoh yang mengusulkan calon rumusan dasar negara Indonesia?

Pembahasan Soal:

Rumusan dasar negara Indonesia di rancang dalam sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Upaya-Upaya Persiapan Kemerdekaan Indonesia) yang berlangsung pada 28 Mei-1 Juni 1945. Dalam sidang tersebut terdapat terdapat 3 tokoh yang menyampaikan rumusan dasar negara yaitu Soepomo,  Mohammad Yamin, dan Soekarno. Berdasarkan ketiga rumusan dasar negara tersebut, rumusan dasar yang disampaikan oleh Soekarno kelak akan menjadi dasar negara kita yang kita kenal dengan nama Pancasila. Rumusan dasar tersebut di antaranya adalah :

  1. Kebangsaan Indonesia.
  2. Internasionalisme dan perikemanusiaan.
  3. Mufakat atau demokrasi.
  4. Kesejahteraan sosial. 
  5. Ketuhanan Yang Maha Esa.

Dengan demikian, tokoh yang mengusulkan calon rumusan dasar negara Indonesia ada tiga yaitu Soekarno, Soepomo, dan Mohammad Yamin. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved