Roboguru

Sebutkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manu...

Sebutkan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia pada manusia!undefined

Jawaban:

Tahapan pertumbuhan dan perkembangan manusia terdiri dari bayi, anak-anak, remaja, dewasa, dan masa tua.

Tahap bayi, belum bisa makan makanan yang keras karena belum tumbuh gigi. Sehingga hanya makanan yang lunak dan agak cair yang dapat masuk ke dalam tubuh.

Tahap anak-anak, mengalami pertumbuhan yang cepat, makanan yang dapat dimakan sudah mulai bertambah.

Tahap remaja, disebut juga masa pubertas. Tahap peralihan anak-anak menuju dewasa. Selama masa pubertas setiap manusia akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat disertai banyak perubahan. Masa pubertas dimulai pada usia 8-15 tahun, dan berakhir menjelang usia 20 tahunan dengan ditandai berhentinya pertambahan tinggi badan. Tahapan pubertas ini sangat berkaitan erat dengan kemampuan manusia untuk berkembang biak, karena dengan terjadinya perubahan fisik pada tubuh memungkinkan manusia dapat berkembang biak.

Tahap dewasa, sudah mengalami pertambahan tinggi badan maupun perubahan sikap. Organ-organ reproduksinya sudah mulai matang dan dapat melakukan proses perkembangbiakan.

Masa tua, ditandai dengan kulit menjadi berkerut, tulang-tulang makin rapuh, otot makin lemah, rambut menipis, dan memutih. Pada akhirnya fungsi organ dalam tubuh berhenti.undefined

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved