Roboguru

Sebutkan tahap-tahap apa sajakah yang dilewati pada siklus litik!

Pertanyaan

Sebutkan tahap-tahap apa sajakah yang dilewati pada siklus litik! 

Pembahasan Soal:

Tahapan Daur Lisis

  1. Adsorpsi yaitu melekatnya ekor virus pada dinding sel bakteri.
  2. Penetrasi yaitu ujung serabut ekor virus masuk dan menyatu dengan sel bakteri sehingga terbentuk saluran dari tubuh virus ke bakteri. Melalui saluran inilah virus memasukkan materi genetiknya (asam nukleat) ke sel bakteri.
  3. Eklifase yaitu virus mengambil alih perlengkapan metabolik sel bakteri. Selanjutnya, asam nukleat virus mengendalikan pembentukan protein dan komponen-komponen tubuh virus baru menggunakan bahan yang tersedia dalam sitoplasma bakteri.
  4. Pembentukan yaitu pembentukan bagian-bagian tubuh virus baru.
  5. Perakitan yaitu bagian-bagian tubuh virus yang telah terbentuk, lalu akan membentuk virusvirus bakteriofag yang lengkap.
  6. Lisis yaitu pecahnya sel bakteri yang mengeluarkan virus-virus baru yang akan menginfeksi bakteri lain dan memulai kembali daur litik.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Andriyani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Fase menempelnya ujung bakteriofage pada dinding sel Escherichia coli yang masih dalam keadaan normal disebut fase ....

Pembahasan Soal:

Siklus litik bakteriofage melalui lima fase, yaitu adsorpsi, penetrasi, eklifase, replikasi dan lisis (pemecahan). Adsorpsi merupakan fase dimana ujung ekor bakteriofage menempel pada dinding sel inang yang masih dalam keadaan normal.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space

Roboguru

Pada tahap daur litik terjadi proses penetrasi, yang terjadi pada tahap penetrasi adalah ....

Pembahasan Soal:

Virus merupakan peralihan mahluk hidup dan benda mati karena memiliki sifat seperti mahluk hidup yaitu dapat bereproduksi ketika menginfeksi inang dan disebut sebagai benda mati karena dapat di kristalkan.  tahap-tahap pada daur litik:

  1. fase adsorbsi: bagian ujung ekor virus yaitu reseptor akan menempel pada dinding sel bakteri dan mengeluarkan enzim lisozim untuk melubangi dinding sel bakteri.
  2. fase injeksi atau penetrasi: DNA/RNA virus masuk ke dalam sel inang.
  3. fase eklifase: virus akan mengambil alih semua kegiatan sel inang dimana materi genetik virus akan mengendalikan seluruh proses metabolisme sel inang.
  4. fase sintesis: virus akan memproduksi komponen-komponen tubuhnya yang meliputi kepala, kapsid, ekor dan serabut ekor
  5. fase replikasi: komponen virus yang sudah terbentuk direplikasi atau digandakan sebanyak-banyaknya oleh virus.
  6. fase perakitan: virus akan mulai merakit komponen-komponen yang sudah terbentuk sebelumnya dan mulai memasukkan asam nukleat (DNA atau RNA) ke dalam kapsid yang telah terbentuk.
  7. fase lisis: virus-virus yang baru dihasilkan akan keluar dari sel inangnya dengan cara menggunakan enzim lisozim untuk menghancurkan dinding sel inang. Pecahnya dinding sel kemudian diikuti oleh pelepasan virus-virus baru yang telah siap melakukan replikasi ulang dengan menemukan sel inang baru.
Roboguru

Urutan mekanisme reproduksi virus yang benar adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses replikasi virus ada dua macam yaitu daur litik dan daur lisogenik. Pada daur litik terjadi beberapa tahap yaitu sebagai berikut:

  1. Adsorpsi → melekatnya ekor virus pada dinding sel bakteri.
  2. Penetrasi → ujung serabut ekor virus masuk dan menyatu dengan sel bakteri sehingga terbentuk saluran dari tubuh virus ke bakteri. Penetrasi dapat berlangsung karena virus memiliki enzim lisozim yang berfungsi merusak atau melubangi dinding sel bakteri.
  3. Eklifase → Virus mengambil alih perlengkapan metabolik sel bakteri. Selanjutnya, asam nukleat virus mengendalikan pembentukan protein dan komponen-komponen tubuh virus baru dengan menggunakan bahan yang tersedia dalam sitoplasma bakteri.
  4. Pematangan → Hasil sintesis berupa asam nukleat dan protein dirakit menjadi partikel-partikel virus yang lengkap sehingga terbentuk virion-virion baru
  5. Lisis → Virus menghasilkan lisozim, yaitu enzim perusak dinding sel inang. Rusaknya dinding sel inang mengakibatkan terjadinya osmosis ke dalam sel inang, sehingga sel inang membesar dan akhirnya pecah. Partikel virus baru yang keluar dari sel akan menyerang sel inang lainnya.
Roboguru

Salah satu mekanisme virus untuk bereplikasi adalah melalui siklus litik. Dinamakan “litik” karena ….

Pembahasan Soal:

Istilah litik berasal dari kata “lisis”  yang artinya pecah. Ini karena di akhir siklus litik, sel inang akan pecah. Jadi, replikasi virus melalui siklus litik akan menyebabkan kematian sel inang yang diinfeksi karena sel inang mengalami lisis atau pecah. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Berikut ini fase-fase duplikasi virus tipe lisis: penetrasi adsorbsi perakitan replikasi lisis Urutan yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Daur litik adalah siklus reproduksi atau replikasi genom virus, yang pada akhirnya akan menyebabkan kematian bagi sel inang tempat virus hidup. Pada daur litik terdiri dari lima tahap sebagai berikut:

  1. Tahap adsorbsi.Pada tahap ini, bagian ujung ekor virus (reseptor) menempel pada dinding sel bakteri. Setelah menempel, virus akan segera mengeluarkan enzim lisozim untuk melubangi dinding sel inang.
  2. Tahap penetrasi. Pada tahap ini, materi genetik virus masuk ke dalam sel inang. Bagian tubuh virus yang masuk ke dalam sel inang hanyalah asam nukleat. Sedangkan, bagian kapsid tetap berada di luar dinding sel dan akan terlepas dengan sendirinya setelah tidak berguna lagi.
  3. Tahap sintesis. Pada tahap ini, DNA sel inang dihancurkan oleh virus sehingga DNA sel inang tidak bereplikasi. Selanjutnya komponen molekul sintesi DNA pada sel inang dimanfaatkan oleh virus untuk memperbanyak materi genetiknya dan membuat komponen tubuhnya seperti kapsid dan ekor.
  4. Tahap perakitan. Pada tahap ini virus melakukan perakitan komponen tubuhnya yang telah dibentuk selama tahap sintesis menjadi satu kesatuan virus yang utuh dalam jumlah yang sangat banyak berkisar 100-200 buah.
  5. Tahap litik. Pada tahap ini virus melubangi dinding sel inang menggunakan enzim lizosim kemudian virus-virus baru keluar dari sel inang dan mulai daur litik yang baru pada sel inang lainnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved