Roboguru

Sebutkan macam-macam teori perdagangan internasional!

Pertanyaan

Sebutkan macam-macam teori perdagangan internasional! space 

  1. ... space 

  2. ... space 

Pembahasan Soal:

Perdagangan internasional merupakan perdagangan barang dan atau jasa yang dilakukan antara dua negara atau lebih. Terdapat dua teori dalam perdagangan internasional, yaitu:

Teori Absolut (Absolute Advantage)

Teori Absolut (Absolute Advantage) dikemukakan oleh Adam Smith. Menurutnya perdagangan akan terjadi apabila suatu Negara mempunyai keunggulan secara mutlak pada produksi tertentu, sedangkan Negara lain memiliki keunggulan mutlak pada produksi barang lain.

Teori Komparatif (Comparative Advantage)

Teori Komparatif (Comparative Advantage) dikemukakan oleh David Ricardo. Menurutnya perdagangan masih mungkin terjadi dan menguntungkan walaupun satu negara memiliki keunggulan mutlak pada kedua jenis barang dan Negara lain memiliki kelemahan mutlak pada kedua jenis barang. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rachman

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Komoditas ekspor indonesia dari nonmigas antara lain adalah ....

Pembahasan Soal:

Komoditas ekspor nonmigas adalah komoditas ekspor yang bukan termasuk minyak bumi dan gas. Dalam website Kementerian Perdagangan, komoditas ekspor nonmigas Indonesia terdiri dari dari beberapa golongan antara lain sebagai berikut.

  1. Hasil pertanian, contohnya sayuran, kopi, dan ikan.
  2. Hasil pertambangan, contohnya batu bara, bijih logam, dan batu hias.
  3. Industri pengolahan, contohnya lemak nabati, kertas, dan tekstil.
  4. Golongan lainnya, contohnya pengelolaan sampah dan daur ulang. space 

space

0

Roboguru

Berdasarkan teori perdagangan, maka negara akan melakukan spesialisasi antara lain keunggulan mutlak, keuntungan mutlak dan keunggulan komparatif. Jelaskan pengertian dari keunggulan mutlak, keuntunga...

Pembahasan Soal:

Keunggulan mutlak, keuntungan mutlak, dan keunggulan komparatif sangat berkaitan dengan teori perdagangan yang dikemukakan oleh Adam Smith dan David Ricardo. 

  • Keunggulan mutlak adalah kemampuan suatu negara memproduksi barang atau jasa yang lebih banyak dibandingkan negara lain.
  • Keuntungan mutlak adalah keuntungan yang diperoleh suatu negara karena hasil produksi lebih banyak dari negara lain.
  • Keunggulan komparatif adalah kemampuan yang dimiliki oleh suatu negara untuk menghasilkan barang atau jasa dengan  biaya yang lebih rendah dibandingkan biaya yang dikeluarkan oleh negara lain.space 

0

Roboguru

Hal yang membedakan keunggulan komparatif yang dikemukakan oleh David Ricardo dengan keunggulan mutlak adalah ….

Pembahasan Soal:

Keunggulan komparatif adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan maupun negara dalam menghasilkan barang atau jasa dengan menggunakan sejumlah biaya yang lebih rendah atau efisien dibandingkan biaya yang dikeluarkan oleh pesaingnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

0

Roboguru

Perbedaan utama antara keunggulan mutlak dan komparatif adalah?

Pembahasan Soal:

Suatu negara disebut memiliki keunggulan mutlak dibandingkan negara lain jika negara tersebut mampu menghasilkan barang dan jasa lebih banyak (kuantitas produksi persatuan waktu atau produktivitas) daripada negara lain, dengan asumsi sumber daya alam yang digunakan sama.
Pada teori keunggulan mutlak, negara hanya akan mengekspor barang yang hanya dapat diproduksi negara tersebut saja, yang tidak dapat diproduksi negara lain.

Keunggulan komparatif terjadi seandainya sebuah negara lebih unggul terhadap kedua macam produk yang dihasilkan , dengan biaya tenaga kerja yang lebih murah jika dibandingkan dengan biaya tenaga kerja di negara lain.
Pada teori keunggulan komparatif, negara bisa mengekspor barang yang dapat diproduksi negara lain, namun dengan pemberian harga lebih terjangkau dari negara lain. space space 

0

Roboguru

Bagaimana keunggulan kompratif dan keunggulan mutlak dapat mempengaruhi terjadinya perdagangan internasional?

Pembahasan Soal:

Keunggulan komparatif terjadi apabila suatu negara negara lebih unggul dalam 2 macam produk yang dihasilkan, dan dengan biaya tenaga kerja yang lebih murah dibandingkan dengan biaya tenaga kerja di negara lain, sedangkan suatu dikatakan memiliki keunggulan mutlak dibandingkan negara lain, ketika negara tersebut mampu menghasilkan barang dan jasa yang lebih banyak daripada negara lain dengan dengan asumsi bahwa sumber daya alam yang digunakan itu sama. Dengan begitu, setiap negara akan mencoba memenuhi kebutuhan dan memperoleh keuntungan dengan cara mencari biaya yang seminimal mungkin untuk memperoleh produk yang dibutuhkan melalui kegiatan ekspor dan impor sehingga kunggulan komparatif dan keungulan mutalk dapat mempengaruhi terjadinya perdagangan internasional.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved