Roboguru

Sebutkan macam-macam corak kritikan!

Sebutkan macam-macam corak kritikan!undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Jawaban:

Berikut adalah corak kritikan:

  1. Corak kritik apresiasi.
    Dalam corak ini kritikus menilai suatu pementasan drama melalui 2 cara. Cara pertama, secara individu (subjektif) dia menjelaskan kekurangan/kelebihan atau segi positif/negatif pementasan drama/film yang ditontonnya. Kedua, secara sosial, yaitu secara objektif bagaimana msyarakat menanggapi  atau merespon pementasan drama/film yang di tontonnya.
     
  2. Corak kritik eksposisi.
    Dalam corak ini kritikus menilai atau mengkritik pementasan drama /film yang ditontonya melalui bagan-bagan yang membangun drama/film atau kriteria penilaian terhadap pementasan drama/film secara utuh yang meliputi akting (aktor), dialog, skenario naskah, tata visualisasi dan desain. Dalam kritik ini kritikus memberikan jalan keluar (pertanggungjawaban) atas kritikan yang dikemukakan.
     
  3. Corak kritik evaluasi.
    Dalam corak ini kritikus menilai atau memberikan kritikan berdasarkan kerangka cerita atau alur, premis, dan tema. Kemudian, bagaimana sutradara menafsirkan melalui gamabar atau pementasan di panggung.
     
  4. Corak kritik prevalensi.
    Dalam corak ini kritikus menilai atau mengkritik secara umum, merata, dan luas dengan ukuran perbandingan yang ideal atas tontonan atau film lain yang pernah ada. Dalam corak kritik ini dimulai dengan menyebut sesuatu sebagai ukuran ideal dan diakhiri dengan harapan-harapan.undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved