Roboguru

Sebutkan macam-macam bioteknologi !

Pertanyaan

Sebutkan macam-macam bioteknologi !undefined 

Pembahasan Soal:

Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup atau produk makhluk hidup untuk menghasilkan barang dan jasa yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Terdapat 2 jenis bioteknologi yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern.

  1. Bioteknologi konvensional, yaitu bioteknologi yang memanfaatkan organisme secara langsung melalui prinsip fermentasi. Bioteknologi konvensional dilakukan secara sederhana dan tidak dapat menghasilkan barang dalam jumlah yang besar. Contoh produk bioteknologi konvensional adalah tempe, kecap, dan antibiotik penisilin.
  2. Bioteknologi modern, yaitu bioteknologi yang memanfaatkan prinsip rekayasa genetika, mikrobiologi, dan biokimia untuk menghasilkan barang, jasa, maupun sifat baru pada organisme. Bioteknologi modern mampu menghasilkan barang dalam jumlah besar dengan waktu yang singkat. Contoh produk bioteknologi modern adalah domba Dolly hasil kloning, hormon insulin, dan bibit tanaman yang seragam sebagai hasil dari kultur jaringan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang termasuk bioteknologi adalah ....

Pembahasan Soal:

Bioteknologi merupakan teknologi yang prosesnya memanfaatkan peran mikroba. Bioteknologi dibedakan menjadi bioteknologi konvensional dan modern. Bioteknologi konvensional merupakan jenis bioteknologi yang banyak diterapkan dalam proses pembuatan produk pangan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara bioteknologi modern menerapkan teknik rekayasa genetika.

Berdasarkan pilihan jawaban, proses yang termasuk bioteknologi yaitu Pemanfaatan bakteri untuk membuat yogurt. Dalam pembuatan yogurt, produk susu difermentasi dengan bantuan bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Pembahasan Soal:

Agar-agar bukan merupakan produk bioteknologi sebab agar-agar tidak memanfaatkan mikroorganisme atau merekayasa makhluk hidup dalam pembuatannya. undefined 

0

Roboguru

Perbedaan utama antara bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern terletak pada ....

Pembahasan Soal:

Bioteknologi adalah penggunaan mikroorganisme atau bagian mikroorganisme untuk menciptakan produk yang bermafaat. Bioteknologi konvensional dilakukan dengan menggunakan mikroorganisme melalui proses fermentasi, sedangkan bioteknologi modern dilakukan melalui rekayasa genetika dan menggunakan teknologi yang modern.
contoh bioteknologi konvensional :kecap, roti, tempe
contoh bioteknologi modern : rekayasa genetika, transplantasi inti, rekombinasi DNA.

Dengan demikian, perbedaan letak perbedaan utama bioteknologi konvensional dengan bioteknologi modern terletak pada metode atau prinsip yang digunakan.undefined

0

Roboguru

Berdasarkan prinsip kerja dan teknologi yang digunakan, bioteknologi dibagi menjadi 2 jenis. Bioteknologi yang memanfaatkan proses fermentasi yaitu...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan prinsip kerja dan teknologi yang digunakan, bioteknologi dibagi menjadi 2 jenis yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern. Bioteknologi konvensional atau disebut juga bioteknologi tradisional  merupakan bioteknologi yang pertama kali berkembang. Bioteknologi konvensional dapat diartikan sebagai penerapan bioteknologi menggunakan peralatan dan cara-cara yang masih sederhana. Umumnya, bioteknologi konvensional memanfaatkan mikroorganisme secara langsung untuk melakukan proses fermentasi. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Jelaskan jenis-jenis bioteknologi pertanian!

Pembahasan Soal:

Penerapan bioteknologi di bidang pertanian, antara lain:

  • Kultur jaringan yaitu suatu teknik perbanyakan bibit dengan sifat yang seragam dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat. Prinsip kultur jaringan adalah sifat totipotensi tumbuhan.
  • Tanaman transgenik yaitu tanaman yang telah dimodifikasi gennya melalui teknik rekayasa genetik. Pada teknik ini, diperoleh sifat tanaman yang unggul. Contohnya padi yang mengandung vitamin A yang tinggi dan jagung tahan hama.
  • Biopestisida yaitu pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, jamur atau protozoa untuk pengendalian hama.
  • Pupuk hayati (biofertilizer) yaitu pupuk dengan menfaatkan mikroba untuk menyuburkan tanah. Contoh mikroba yang digunkana adalah bakteri penambat nitorgen.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved