Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebutkan kegunaan pengukuran tekanan osmotik!

Sebutkan kegunaan pengukuran tekanan osmotik!space 

Iklan

L. Avicenna

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kegunaan pengukuran tekanan osmotik diantaranya: Tekanan osmotik secara fisiologis Tekanan osmotik berperan penting bagi proses fisiologis pada manusia yaitu: penyerapan dari saluran pencernaan, juga pertukaran cairan di berbagai kompartemen tubuh mengikuti prinsip osmosis dan mengatur air mengalir dari cairan usus bebas protein ke dalam pembuluh darah. Penentuan berat molekul Penentuan berat molekul sangat sering dilakukan pada protein atau polimer dengan berat molekul tinggi lainnya. Zat-zat ini, karena ukuran molekulnya yang besar, cenderung hanya sedikit larut dalam sebagian besar pelarut, sehingga pengukuran tekanan osmotik seringkali merupakan satu-satunya cara praktis untuk menentukan bobot molekulnya. Osmosis air laut dapat menghasilkan tenaga listrik Prinsip kerja tekanan osmosis ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga listrik yang bersumber dari air laut. Proses Cuci Darah (Dialisis) Teknologi dialisis memungkinkan proses filtrasi darah dilakukan di luar ginjal menggunakan suatu mesin. Cara kerja dari mesin ini yaitu darah dari tubuh akan dimasukkan ke dalam mesin dan akan melalui suatu membran semipermeabel. Melalui membran tersebut, kotoran dalam darah bisa dipisahkan melalui membran dialisis untuk terpisah dari darah sehingga akan didapatkan darah hasil cuci yang bebas dari pengotor.

Kegunaan pengukuran tekanan osmotik diantaranya:

  • Tekanan osmotik secara fisiologis
    Tekanan osmotik berperan penting bagi proses fisiologis pada manusia yaitu: penyerapan dari saluran pencernaan, juga pertukaran cairan di berbagai kompartemen tubuh mengikuti prinsip osmosis dan mengatur air mengalir dari cairan usus bebas protein ke dalam pembuluh darah.
  • Penentuan berat molekul 
    Penentuan berat molekul sangat sering dilakukan pada protein atau polimer dengan berat molekul tinggi lainnya. Zat-zat ini, karena ukuran molekulnya yang besar, cenderung hanya sedikit larut dalam sebagian besar pelarut, sehingga pengukuran tekanan osmotik seringkali merupakan satu-satunya cara praktis untuk menentukan bobot molekulnya.
  • Osmosis air laut dapat menghasilkan tenaga listrik 
    Prinsip kerja tekanan osmosis ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga listrik yang bersumber dari air laut. 
  • Proses Cuci Darah (Dialisis)
    Teknologi dialisis memungkinkan proses filtrasi darah dilakukan di luar ginjal menggunakan suatu mesin. Cara kerja dari mesin ini yaitu darah dari tubuh akan dimasukkan ke dalam mesin dan akan melalui suatu membran semipermeabel. Melalui membran tersebut, kotoran dalam darah bisa dipisahkan melalui membran dialisis untuk terpisah dari darah sehingga akan didapatkan darah hasil cuci yang bebas dari pengotor.space 

Latihan Bab

Pendahuluan Sifat Koligatif

Penurunan Titik Beku

Kenaikan Titik Didih

Penurunan Tekanan Uap

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

523

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tekanan osmotik larutan CaCl 2 ​ 0,2 M ( α = 0,50 dan R = 0,082) pada suhu 127 ∘ C adalah ...

586

4.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia