Roboguru

Sebutkan jenis-jenis sistem pembayaran nontunai!

Pertanyaan

Sebutkan jenis-jenis sistem pembayaran nontunai!space space 

  1. ....space space 

  2. ....space space 

Pembahasan Soal:

Pembayaran non tunai merupakan pembayaran yang tidak menggunakan uang kertas atau uang logam. Alat pembayaran non tunai dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  1. Alat pembayaran berbasis kartu dan elektronik. Alat pembayaran ini meliputi kartu kredit, kartu debit dan e-money.
  2. Alat pembayaran berbasis warkat. Alat pembayaran ini berbasis surat berharga yang dikeluarkan bank seperti cek, bilyet giro, nota debet, nota kredit, nota pemindahan buku, dan kuitansi transfer.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Tri

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa perbedaan alat pembayaran tunai dan non tunai!

Pembahasan Soal:

Perbedaan sistem pembayaran tunai dan non tunai dipandang dari alat yang digunakan akan dijelaskan di bawah ini.

Pembayaran secara tunai merupakan salah satu alat transaksi, yang proses pembayarannya langsung menggunakan uang kertas maupun logam yang diberikan kepada pihak pemberi barang atau penjual. Untuk alat pembayaran secara tunai sendiri memiliki beberapa keuntungan dan kerugian seperti:

Keuntungan

  • Tidak mengharuskan masyarakat mencari mesin canggih yang digunakan untuk membayar transaksi, disebabkan membayar tunai bisa langsung dengan uang.
  • Masyarakat bisa melakukan transaksi dimanapun sesuai yang diinginkannya.

Kerugian

  • Dengan adanya pembayaran tunai ini, membuat masyarakat harus mengantri apabila hendak membayar transaksi kepada penjual yang menjual barangnya.
  • Pembayaran tunai ini membutuhkan banyak tempat untuk peletakkannya. Apalagi, jika uang yang dimiliki dalam jumlah besar, maka masyarakat pun diwajibkan memiliki tempat yang besar pula.
  • Mempunyai keamanan yang kurang, sehingga membuat masyarakat selalu waspada apabila membawa banyak uang tunai.

Pembayaran secara non tunai adalah sebuah transaksi pembelanjaan yang dilakukan oleh masyarakat tanpa menggunakan uang melainkan dengan kartu pembayaran. Biasanya, kartu pembayaran yang digunakan untuk transaksi ini, bisa didapatkan langsung dari pihak bank. Instrumen pembayaran non tunai dapat dibagi atas alat pembayaran non tunai dengan media kertas, seperti cek, bilyet giro, wesel, dll, serta alat pembayaran non tunai dengan media kartu (plastic money) seperti: kartu kredit, kartu debit, kartu ATM, uang elektronik, dll. Tidak jauh berbeda dengan alat pembayaran secara tunai, alat pembayaran non tunai pun memiliki berbagai keuntungan maupun kerugian:

Keuntungan

  • Pembayaran transaksi yang akan dilakukan bisa kapan dan dimana saja.
  • Menghemat waktu ketika melakukan transaksi dan tanpa harus mengantri dengan yang lain.
  • Mendapatkan keamanan lebih, dikarenakan pihak bank akan mencatat sekaligus mengamankan uang yang sudah dikeluarkan maupun disimpan dalam kartu.
  • Bisa membeli barang meski harus membayar di bulan berikutnya.
  • Keamanan pengguna kartu sangat aman, disebabkan uang hanya ada di dalam kartu.

Kerugian

  • Tidak terdapat kerugian saat melakukan pembayaran dengan kartu pembayaran. Hanya saja, menggunakan pembayaran dengan cara ini, masyarakat harus mampu mengatur uang dengan semestinya dan tidak menumpuk banyak utang. undefined 

0

Roboguru

Sebutkan media pembayaran non tunai!

Pembahasan Soal:

Media pembayaran non tunai meliputi:

  1. Kartu kredit
    Merupakan kartu yang dikeluarkan oleh bank sebagai alat pembayaran non tunai yang menggunakan mekanisme hutang.
  2. Kartu debit
    Berbeda dengan kartu kredit, kartu debit adalah alat pembayaran non tunai yang berbasis saldo milik nasabah. Kartu ini diterbitkan oleh pihak bank tempat nasabah menabung rekeningnya. Tergantung jenisnya, biasanya kartu debit memiliki batas atau limit tertentu dalam setiap transaksinya.
  3. Cek
    Cek merupakan surat perintah nasabah kepada bank untuk menarik dananya dalam jumlah tertentu atas namanya atau nama yang ditunjuk. Cek terbagi menjadi tiga jenis yakni cek atas nama, cek atas unjuk, dan cek silang.
  4. Bilyet giro
    Merupakan surat perintah dari nasabah kepada bank penyimpan dana untuk memindahbukukan sejumlah dana dari rekening yang bersangkutan kepada rekening pemegang yang disebutkan namanya.
  5. Nota kredit
    Nota kredit umumnya digunakan untuk mengirimkan atau memindahkan dana bukan tunai kepada nasabah bank atau bank lain melalui kliring.
  6. Nota debit
    Adalah surat yang diterbitkan untuk menagih nasabah bank lain atau bank lain melalui kliring.
  7. E-money atau uang elektronik
    Jenis alat pembayaran non tunai yang satu ini semakin populer penggunaannya dalam beberapa tahun terakhir. Uang elektronik bisa berupa kartu yang dapat digunakan untuk pembayaran atas dasar nilai uang atau dana yang sudah disetorkan terlebih dahulu. Jenis kartu ini bisa digunakan untuk membayar e-toll, parkir, hingga tiket KRL. undefined 

0

Roboguru

Perhatikan keterangan berikut! Instrumen ini dapat diuangkan secara tunai. Pembayaran dilakukan atas unjuk dari bank. Pihak penarik instrumen ini dikenai bea materai. Keterangan tersebut merupa...

Pembahasan Soal:

Cek merupakan perintah tertulis dari nasabah pada bank untuk menarik dananya dalam jumlah tertentu atas namanya atau yang ditunjuk. Dengan kata lain, cek menjadi surat perintah tanpa syarat dari nasabah pada bank di mana nasabah tersebut menyimpan uangnya. Karakteristik cek adalah:

  • Cek bisa langsung diuangkan secara tunai di bank.
  • Pembayaran dari bank bisa dilakukan atas unjuk.
  • Penarikan cek akan dikenakan biaya materai.
  • Cek memiliki fungsi sebagai surat perintah dari nasabah kepada bank untuk membayar dengan uang tunai kepada orang yang ditunjuk kepada pemegang cek tersebut.
  • Cek tidak dapat diuangkan pada bank yang bersangkutan sebelum diberi tanggal penerbitannya.
  • Hanya tercantum tanggal penerbitan karena dikenal adanya cek mundur.
  • Sumber hukum Kitab Undang-Undang Hukum Dagang (KUHD).

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

0

Roboguru

Contoh alat pembayaran non tunai antara lain kartu kredit dan uang elektronik. Perbedaan kedua alat pembayaran tersebut yang benar terdapat pada pilihan ….

Pembahasan Soal:

Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank dan sejenisnya untuk memungkinkan pembawanya membeli barang barang yang dibutuhkannya secara hutang Kartu kredit ini termasuk jenis atau bentuk card based atau berbentuk kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank untuk pembayaran jasa ataupun barang yang pembayarannya bisa dibayar atau dilunasi di bulan berikutnya.

E-money adalah sebuah kartu elektronik yang dapat di gunakan untuk alat pembayaran atas dasar nilai uang atau dana yang sudah disetorkan terlebih dahulu Jumlah setoran ini berkisar antara satu juta sampai lima juta. Dana atau uang ini disimpan secara elektronik untuk digunakan sebagai pembayaranya yang dilakukan secara elektronik atau non tunai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C. 

0

Roboguru

Apakah transaksi keuangan yang ada di masyarakat seluruhnya harus menggunakan uang tunai atau alat pembayaran tunai? Jelaskan sebaiknya jenis-jenis transaksi yang menggunakan alat pembayaran tunai dan...

Pembahasan Soal:

Alat pembayaran digunakan sebagai media untuk melakukan berbagai transaksi. Alat pembayaran merupakan aspek yang paling penting karena tanpa alat pembayaran, suatu sistem pembayaran tidak akan berjalan. Pada dasarnya ada dua jenis alat pembayaran yaitu alat pembayaran tunai dan alat pembayaran non tunai.

Jenis - jenis alat pembayaran:

1. Alat pembayaran tunai
     Alat pembayaran tunai merupakan alat transaksi yang digunakan untuk melakukan jual beli secara konvensional. alat pembayaran tunai adalah uang kartal (uang kertas dan uang logam). Uang kartal masih memainkan peran penting khususnya transaksi bernilai kecil.  Dalam masyarakat modern sekarang ini, pemakaian alat pembayaran kartal memang cenderung lebih kecil dibanding uang giral. Mata uang yang digunakan sebagai alat pembayaran di Indonesia adalah rupiah.
 

2. Alat pembayaran non tunai
      Alat pembayaran non tunai merupakan alat pembayaran yang tidak menggunaakan uang kartal (uang kertas dan logam). Secara umum pembayaran non tunai terbagi dua bagian, meliputi;

  1. Berbasis kartu dan elektronik
    Pertama, kartu kredit yaitu kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank dan sejenisnya untuk memungkinkan nasabahnya membeli barang yang dibutuhkan secara hutang. Yang kedua yaitu kartu debit merupakan kartu mengacu kepada saldo nasabah bank yang diterbitan oeh bank digunakan untuk bertransaksi seperti pembayaran, mentransfer uang atau mengambil uang dari mesin ATM. Dan yang ketiga yaitu  E-Money, merupakan kartu elektronik yang dapat digunakan untuk alat pembaayaran atas dasar nilai uang atau yang sudah disetorkan terlebih dahulu. Dana ini simpan secara elektronik untuk digunakan sebagai pembayaran yang dilakukan secara elektronik atau non tunai. Cotohnya yaitu kartu yang digunakan untuk membayar tol, KRL dan transjakarta.
     
  2. Berbasis warkat
    Warkat 
    adalah surat berharga yang dikeluarkan oleh suatu bank sebagai instrumen penarikan dana nasabah yang memiliki fasilitas Rekening Giro atau Rekening Koran, seperti cek, bilyet giro, nota debit, nota kredit, nota pemindah bukuan, dan kuintansi transfer (wesel).

Jadi apakah transaksi keuangan yang ada di masyarakat seluruhnya harus menggunakan uang tunai atau alat pembayaran tunai jawaban tentu tidak. Pembayaran dapat dilakukan dengan cara non tunai, di zaman sekarang ini setiap pembayaran dapat menggunakan kartu baik itu kredit maupun debit tidak hanya itu masyarakat bisa memfaatkan pembayaran secara elektronik.

Dengan transaksi keuangan masyarakat tidak harus menggunakan uang tunai karena bisa menggunakan uang non tunai.  

space space space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved