Roboguru

Sebutkan dan jelaskan teknik pengumpulan data dalam penelitian geografi!

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan teknik pengumpulan data dalam penelitian geografi!  

Pembahasan Soal:

Menurut sumbernya, data dapat dibedakan menjadi data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari subjek penelitian. Data sekunder adalah data yang diperoleh lewat pihak lain, tidak langsung diperoleh peneliti dari subjek penelitian. Data sekunder dapat diperoleh dari studi pustaka, jurnal penelitian, atau media hasil penelitian lainnya.

Untuk data primer kita dapat menggunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut:

  1. Angket, yaitu alat pengumpul data untuk kepentingan penelitian. Angket digunakan dengan mengedarkan formulir yang berisi beberapa 路pertanyaan kepada beberapa responden untuk mendapat tanggapan secara tertulis.
  2. Wawancara, bisa dilakukan secara tertulis (kontak tidak langsung) atau secara lisan (kontak langsung) dengan para responden.
  3. Observasi, adalah teknik pengumpulan data dengan cara pengamatan dan pencatatan. Tugas observer adalah mengambil objek yang diteliti dan mencatat setiap keadaan yang diamati 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan istilah deduktif!

Pembahasan Soal:

Metode deduktif dalam penelitian geografi adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal umum terlebih dahulu kemudian dihubungkan ke dalam bagian-bagian yang khusus. Sebagai contoh, penduduk Jakarta cenderung konsumtif karena tingkat pendapatan yang tinggi dan pengaruh iklan di berbagai media. Penduduk Jakarta adalah bentuk umum, sedangkan tingkat pendapatan dan pengaruh iklan adalah bentuk khusus.

0

Roboguru

Manfaat teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah...

Pembahasan Soal:

Teknik pengumpulan data adalah cara yang digunakan untuk mendapatkan data yang diperlukan untuk melakukan penelitian.
Manfaat teknik pengumpulan data ini diantaranya adalah untuk mendapatkan data-data yang diperlukan dalam proses penelitian sehingga nantinya berdasar data-data tersebut akan menjadi alat pembuktian hipotesis untuk penarikan kesimpulan penelitian.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Metode yang dilakukan dengan mengajukan pertanyaan kepada responden tentang hal-hal yang perlu diketahui disebut ....

Pembahasan Soal:

Pengumpulan data adalah kegiatan mencari data di lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dapat dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya teknik pengumpulan data pada data primer yang dapat dilakukan dengan metode berikut ini.

  1. Observasi, yakni melakukan pengamatan terhadap objek alam, masyarakat, atau fenomena geosfer. Terdiri dari observasi langsung dan observasi tidak langsung.
  2. Wawancara, merupakan teknik pengumpulan data melalui tanya jawab yang berdasarkan keyakinan diri sendiri, dimana responden harus memberikan keterangan yang benar dan dapat dipercaya atau berdasarkan pengalaman mereka sendiri.
  3. Kuesioner (angket), dilakukan dengan menyebarkan sejumlah lembar kertas yang berisi rangkaian pertanyaan yang harus dijawab oleh para responden.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.  

0

Roboguru

Perhatikan faktor-faktor berikut. Bertanya melalui wawancara secara tatap muka. Melakukan percobaan. Mengamati fenomena. Membuat pengukuran. Mencatatan peristiwa. Faktor yang membantu dalam p...

Pembahasan Soal:

Dari pernyataan diatas yang termasuk dalam proses pengumpulan data adalah no 1, 4, dan 5. Pengumpulan data adalah teknik pengumpulan data adalah cara yang digunakan untuk mengumpulkan informasi atau fakta-fakta yang ada di lapangan. Proses pengumpulan data dalam sebuah penelitian bergantung pada jenis penelitian yang dipilih.

Jadi, jawaban yang benar adalah 

0

Roboguru

Bagaimanakah cara memperoleh data kualitatif?

Pembahasan Soal:

Data kualitatif adalah data yang berupa kata-kata yang bermakna, yang berhubungan dengan karakteristik dalam bentuk sifat (bukan angka). Data kualitatif dapat diperoleh dengan menggunakan obeservasi, wawancara, suvei, analisis dokumen dan diskusi grup. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

漏2021 Ruangguru. All Rights Reserved