Roboguru

Sebutkan dan jelaskan 3 bagian utama sel!

Pertanyaan

Sebutkan dan jelaskan 3 bagian utama sel! 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Secara umum, terdapat 3 bagian utama dari sel yang menunjang kehidupan sel tersebut, yaitu:

  1. Membran sel
    Membran plasma adalah lapisan di sekeliling sel. Lapisan ini bersifat semipermeabel, yang berarti bahwa beberapa zat dapat masuk ke sel melalui membran ini dan zat lain tidak. Fungsi dari membran sel adalah membatasi dan melindungi isi bagian dalam sel dari lingkungan luar, serta tempat keluar dan masuknya senyawa. Membran sel tersusun dari lapisan lipid dan protein. Sel tumbuhan dan beberapa bakteri dan sel alga memiliki lapisan tambahan berupa dinding sel sebagai pelindung tambahan di samping membran sel.
  2. Cairan sel (sitoplasma)
    Di dalam sel terdapat cairan seperti jeli yang disebut sitoplasma yang berisi organel sel. Selain berisi organel sel, dalam sitoplasma juga berisi senyawa kimia yang diperlukan oleh sel itu sendiri. Selain berperan sebagai tempat organel dan senyawa kimia dalam sel, sitoplasma juga berperan dalam metabolisme reaksi kimia yang ada di dalam sel. Organel adalah struktur khusus dalam sel yang melakukan fungsi sel tertentu. Beberapa organel utama di dalam sel adalah vakuola, mitokondria, lisosom, ribosom, retikulum endoplasma, aparatus Golgi, dan inti sel. Retikulum endoplasma (RE) penting dalam produksi atau sintesis komponen sel. RE halus menghasilkan lipid dan protein membran, sementara RE kasar (disebut demikian karena mengandung ribosom penghasil protein) menghasilkan semua protein lain yang dibutuhkan oleh sel. Protein ini dimodifikasi oleh aparatus Golgi, yang juga menyimpan dan mengemasnya untuk dikeluarkan dari sel. Vakuola adalah unit penyimpanan utama sel, berfungsi menyimpan makanan, air, atau limbah sel sampai bisa digunakan atau dibuang. Mitokondria adalah "pusat penghasil energi" di dalam sel, mengubah nutrisi menjadi energi. Sel hewan mengandung lisosom yang bertanggung jawab atas reaksi yang memecah protein, poli dan disakarida, dan beberapa lipid. Sel darah putih menggunakan lisosom untuk "memakan" penyakit dengan enzim pencernaan.
  3. Inti sel (nukleus)
    Inti sel berfungsi untuk mengatur kegiatan sel serta berperan dalam pewarisan sifat. Inti sel mengandung asam deoksiribonukleat, atau DNA, yang merupakan materi genetik kehidupan. DNA membawa materi genetis yang mengatur bentuk sel saat terjadi pembelahan sel. Sel hewan dan tumbuhan memiliki nukleus yang tertutup membran. Sel prokariotik seperti bakteri tidak memiliki membran inti. Sehingga bahan genetik seperti DNA hanya mengelompok di tengah sel. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Haris

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan 3 bagian utama pada sel beserta fungsinya?

Pembahasan Soal:

Sel merupakan unit terkecil penyusun organisme. Setiap sel yang hidup mempunyai membran dan cairan yang disebut sitoplasma. Membran sel berfungsi sebagai pelindung sel, reseptor,dan pintu keluar masuk zat. Sitoplasma berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme sel. Selain membran dan sitoplasma, setiap sel memiliki inti (nukleus) atau bahan inti. Inti sel berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan sel.undefined 

1

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut ini!   Membran sel berfungsi untuk untuk mengontrol masuk dan keluarnya zat dari atau ke dalam sel. Fungsi dari nukleus adalah untuk mengontrol sintesis protein dan m...

Pembahasan Soal:

  • Badan golgi merupakan organel yang berperan sebagai pusat produksi, pergudangan, penyortiran, dan pengiriman produk sel.
  • RE halus berfungsi untuk proses lipid dan RE kasar berfungsi untuk membentuk fosfolipid membrannya sendiri dan sintesis protein sekretori (misalnya glikoprotein dan hormon insulin di dalam sel pankreas).
  • Fungsi dari nukleus adalah untuk mengontrol sintesis protein dan mengendalikan informasi genetik.
  • Membran sel berfungsi untuk untuk mengontrol masuk dan keluarnya zat dari atau ke dalam sel. 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah B. begin mathsize 14px style space end style 

1

Roboguru

Jelaskan fungsi dari membran sel, mitokondria, dan ribosom!

Pembahasan Soal:

Sel memiliki beberapa organel, di antaranya membran sel, mitokondria, dan ribosom. Membran sel berfungsi untuk mengatur pertukaran zat dan melindungi sel dari lingkungan luar. Mitokondria berfungsi sebagai tempat respirasi sel dan pembentukan ATP. Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein dari asam amino.space space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar sel di bawah ini. Identifikasilah bagian-bagiannya.   Bagian K adalah ....

Pembahasan Soal:

Sel tumbuhan terdiri dari berbagai komponen organel ini dilindungi oleh dinding sel dan membran sel.  Membran sel atau membran plasma merupakan lapisan yang melindungi inti sel dan sitoplasma, serta membungkus organel-organel dalam sel. Membran sel pada sel tumbuhan terletak di sebelah dalam dari dinding sel.

Jadi, bagian K pada gambar sel di soal menunjukkan membran sel.space 

0

Roboguru

Fungsi bagian – bagian sel antara lain : Mengatur seluruh kegiatan sel  Mengatur keluar masuknya sel  Tempat terjadinya kegiatan sel  Untuk pernapasan atau respirasi  Pelindung bagian sel di da...

Pembahasan Soal:

Membran sel adalah membran semipermeabel pada sebuah sel yang mengelilingi dan membungkus isi sitoplasma dan nukleoplasma. Semipermeabel artinya adalah hanya zat-zat tertentu saja yang mampu langsung masuk melalui membran sel tersebut.  Membran sel berfungsi sebagai:

  1. Pelindung bagian sel 
  2. Komunikasi sel
  3. Tempat keluar masuknya zat atau molekul

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.  

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved