Roboguru

Sebutkan dampak postif dan negatif Revolusi Hijau!

Pertanyaan

Sebutkan dampak postif dan negatif Revolusi Hijau! space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Revolusi hijau merupakan suatu upaya peningkatan hasil pertanian dengan menggunakan teknologi termutakhir. Dalam perkembangannya, revolusi hijau menghasilkan dampak positif dan negatif di berbagai bidang. Dampak positif revolusi hijau adalah meningkatnya hasil pertanian, meningkatnya kesejahteraan petani, meningkatkan ketahanan pangan suatu negara, hingga membuka kesadaran teknologi masyarakat di pedesaan. Sedangkan dampak negatif revolusi hijau adalah kerusakan lingkungan akibat penggunaan bahan kimia, munculnya kesenjangan diantara kalangan petani, hingga menguatnya industri kapitalis dalam sektor pertanian. 

Dengan demikian, dampak positif revolusi hijau adalah peningkatan hasil panen sedangkan dampak negatifnya adalah kerusakan lingkungan akibat penggunaan bahan kimia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penggunaan pestisida menunjukkan pemanfaatan iptek dalam kegiatan pertanian. Akan tetapi, penggunaan pestisida secara terus menerus dalam kegiatan pertanian dapat menyebabkan ....

Pembahasan Soal:

Penggunaan pestisida dalam proses pertanian merupakan implementasi dari Revolusi Hijau. Revolusi Hijau sendiri merupakan upaya peningkatan produksi pertanian dengan mengganti tenaga manusia atau hewan dalam proses produksi menjadi tenaga mesin. Penggunaan pestisida bertujuan untuk mengusir hama (ulat) sehingga hasil pertanian menjadi lebih maksimal. Namun, penggunaan pestisida secara berlebihan juga dapat membawa sejumlah dampat negatif dalam proses produksi. Dampak negatif penggunaan pestisida adalah pencemaran lingkungan serta hama menjadi lebih kebal terhadap pestisida.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah B. 

0

Roboguru

Dampak negatif dari revolusi hijau di sektor pertanian adalah...

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau adalah perubahan besar dalam bercocok tanam dari cara tradisional menjadi cara modern yang dapat meningkatkan hasil produksi pertanian. Revolusi Hijau terjadi pada metode dan jumlah produksi pertanian selama periode 1950-an hingga 1960-an. Walaupun tujuan dari Revolusi Hijau adalah untuk meningkatkan hasil produksi pertanian, pada kenyataanya Revolusi Hijau berdampak negatif pada bidang pertanian. Dampak Negatif Revolusi Hijau diantaranya adalah sebagai berikut.
 

  1. Adanya kesenjangan penggunaan teknologi pertanian.
  2. Biaya untuk bertani menjadi lebih mahal.
  3. Kualitas tanah semakin rusak diakibatkan penggunaan bahan-bahan kimia.


Dengan demikian, dampak negatif dari Revolusi Hijau adalah kesenjangan teknolongi pertanian, biaya untuk bertani lebih mahal, dan kualitas tanah menurun.

0

Roboguru

Penggunaan pupuk kimia merupakan salah satu program Panca Usaha Tani. Dampak penggunaan pupuk kimia terhadap pertanian di Indonesia adalah ...

Pembahasan Soal:

Pada masa revolusi hijau di Indonesia, dikenal dengan adanya Panca Usaha Tani yang dimana salah satu programnya adalah penggunaan pupuk kimia. Penggunaan pupuk kimia ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas tanah, akan tetapi terdapat dampak negatif yang dihasilkan dalam penggunaan pupuk kimia ini. Penggunaan pupuk kimia jika dilakukan secara berlebihan, dapat menimbulkan dampak yang justru merusak kesuburan tanah itu sendiri dan bukan menjadikannya subur. Pupuk kimia adalah pupuk yang dibuat oleh pabrik-pabrik pupuk dengan meramu bahan-bahan kimia anorganik berkadar hara tinggi, sehingga menyebabkan kualitias dari hasil pertanian menurun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Ketergantungan pada bahan kimia pada masa revolusi hijau ternyata tidak hanya berdampak pada pendapatan para petani, hal tersebut juga menyebabkan terjadinya kerusakan tanah pertanian. Penyebab utaman...

Pembahasan Soal:

Ketergantungan pada bahan kimia pada masa revolusi hijau ternyata tidak hanya berdampak pada pendapatan para petani, hal tersebut juga menyebabkan terjadinya kerusakan tanah pertanian. Penyebab utamanya adalah karena adanya penggunaan pestisida. Unsur kimia dalam pestisida yang berfungsi untuk memberantas hama pada tanaman, berdampak buruk saat mengenai tanah. Zat kimia tersebut mengganggu kesehatan zat-zat baik yang terkandung dalam tanah yang kemudian berpengaruh pada kesuburan tanaman yang tumbuh diatasnya.

0

Roboguru

Beberapa kalangan menganggap bahwa revolusi hijau pada masa Orde Baru mengalami kegagalan yang disebabkan oleh...

Pembahasan Soal:

Ketergantungan terhadap bahan kimia menjadi salah satu alasan gagalnya revolusi hijau. Ini terjadi karena produknya sarat kandungan residu pestisida serta sangat merusak ekosistem lingkungan dan kesuburan tanah. Penggunaan pupuk dan pestisida kimia merupakan bagian dari Revolusi Hijau yang bertujuan untuk memacu hasil produksi pertanian dengan menggunakan teknologi modern.

Jadi, jawabannya adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved