Roboguru

Sebutkan beberapa syarat terjadinya interaksi sosial!

Pertanyaan

Sebutkan beberapa syarat terjadinya interaksi sosial!space space  

Pembahasan Soal:

Syarat terjadinya interaksi sosial yaitu:

  1. Kontak sosial berarti hubungan masing-masing pihak tidak hanya secara langsung (bersentuhan fisik) tetapi juga tanpa hubungan fisik. Misal, surat menyurat, telepon, sms, dan lainnya.Jadi, hubungan fisik bukan syarat utama terjadinya interaksi sosial.
  2. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun melalui alat bantu agar orang lain memberi tanggapan atau memberi respons.space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Bilqis

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan pentingnya kontak sosial dan komunikasi!

Pembahasan Soal:

Kontak sosial adalah sebuah cara yang dilakukan seseorang dalam proses interaksi sosial dan masing-masing pihak saling bereaksi meski tidak harus bersentuhan secara fisik. Sedangkan komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan penerimaan pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi upaya untuk saling memengaruhi.undefined

Kontak dan komunikasi merupakan syarat terjadinya interaksi sosial. Kontak sosial dapat terjadi tanpa komunikasi. Meskipun begitu, tanpa adanya komunikasi, kontak sosial tidak akan mempunyai makna dalam proses interaksi. Hal ini dikarenakan masing-masing pihak tidak dapat memahami maksud dan perasaan masing-masing.undefinedundefined

Roboguru

Tahapan interaksi sosial terdiri dari ....

Pembahasan Soal:

Tahapan interaksi sosial diawali dengan terjadinya kontak sosial dan komunikasi sosial, dimana keduanya merupakan syarat dari berlangsungnya proses interaksi sosial.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan kondisi untuk interaksi sosial!

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah kondisi untuk interaksi sosial.

Interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis, berupa hubungan antara individu yang satu dengan individu lainnya, antara kelompok yang satu dengan kelompok lainnya, maupun antara kelompok dengan individu.
Interaksi sosial dapat terjadi jika ada kontak sosial dan komunikasi. Sebagai contoh, bertemunya dua orang atau lebih di suatu acara melakukan perbincangan. Atau contoh lain yaitu terjadinya sapa menyapa melalui telepon atau media sosial dengan teman. 

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kondisi untuk interaksi sosial terjadi apabila memenuhi dua syarat yaitu kontak sosial dan komunikasi.space space

Roboguru

Syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya kontak dan komunikasi. Interaksi sosial dilakukan jika terdapat dua pihak atau lebih dan adanya hubungan timbal balik. Pernyataan yang memenuhi syarat ...

Pembahasan Soal:

Soerjono Soekanto mengemukakan syarat terjadinya interaksi sosial ada dua yaitu kontak sosial dan komunikasi.

  1. Kontak sosial dapat berlangsung dalam tiga bentuk yaitu antar orang perorangan, antara orang perorangan dengan suatu kelompok manusia dan sebaliknya, antara suatu kelompok manusia dengan kelompok manusia lainnya.
  2. Komunikasi adalah proses penyampaian informasi (pesan, ide, dan gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain untuk saling memengaruhi satu sama lain.

Berdasarkan pertanyaan diatas, yang termasuk interaksi sosial adalah Leman dan Tius yang sedang bertukar cerita. Kegiatan bertukar cerita memenuhi syarat interaksi karena ada kontak sosial dan kemunikasi dari dua orang yaitu Leman dan Tius. 

Jadi, jawabannya adalah C Leman dan Tius saling bertukar cerita setelah lama tidak bertemuspace 

Roboguru

Apakah perbedaan kontak dengan komunikasi?

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah perbedaan kontak dengan komunikasi.

Kontak berasal dari kata con  atau cum yang berarti bersama-sama dan tango yang berarti menyentuh. Jadi,  kontak berarti bersentuhan badan. Perkembangan selanjutnya, kata kontak berarti hubungan dengan menggunakan pembicaraan, telepon, telegram, surat, siaran radio, siaran TV, internet, dan lain-lain.

Komunikasi adalah proses memberikan tafsiran pada perilaku orang lain. Perilaku orang dapat berupa pembicaraan, gerakan badan, ekspresi wajah, sikap, dan perasaan-perasaannya.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa kontak sosial merupakan pertemuan individu dengan individu lain, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedangkan komunikasi merupakan proses menafsirkan perilaku orang lain pada saat terjadi kontak sosial.space space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved