Roboguru

Sebutkan 6 penyebab pencemaran air!

Pertanyaan

Sebutkan 6 penyebab pencemaran air!undefined 

Pembahasan Soal:

Terdapat berbagai macam sumber cemaran pada perairan, antara lain:

  1. Pencemar dari limbah rumah tangga berupa deterjen hasil kegiatan MCK di dapur dan kamar mandi.
  2. Kelebihan pupuk yang diberikan ke persawahan dan perkebunan terbawa ke saluran irigasi, menyebabkan eutrofikasi atau ledakan populasi alga.
  3. Limbah industri, yakni bahan kimia hasil pencucian dan sisa bahan pereaksi berlebih yang dibuang ke kanal-kanal perairan dekat lokasi usaha.
  4. Cemaran mikrobiologis dari kebocoran limbah medis atau septic tank yang berisi mikroba patogen yang berbahaya bagi kesehatan.
  5. Sampah padatan yang dibuang ke perairan menyebabkan hambatan aliran air dan pendangkalan.
  6. Akumulasi logam berat dan racun organofosfat yang menyebabkan kematian biota perairan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan penyebab pencemaran air, apa dampak yang ditimbulkannya, dan bagaimana cara mengatasinya ....

Pembahasan Soal:

Pencemaran air adalah masuknya makhluk hidup atau zat lain ke dalam air yang menyebabkan kualitas air menurun ke tingkat tertentu sehingga tidak dapat berfungsi sesuai peruntukannya. Pencemaran dapat terjadi pada air di darat maupun di laut. 

Penyebab pencemaran air

  1. Sumber pencemaran langsung berupa buangan (efluen) yang langsung dibuang ke badan air, misalnya sungai, saluran air, selokan, laut, dan danau.
  2. Sumber pencemaran tidak langsung merupakan kontaminan yang masuk melalui air tanah akibat pencemaran air permukaan oleh limbah industri maupun limbah domestik.

Dampak yang ditimbulkan

  1. Air sungai yang tercemar limbah tidak layak untuk dikonsumsi manusia karena dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti tifus, kolera, disentri, diare, cacingan, dan gatal pada kulit. 
  2. Kelebihan pupuk di lahan pertanian akan tercuci oleh hujan dan masuk ke saluran irigasi, sungai, dan danau, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan unsur hara di badan perairan yang disebut eutrofikasi.
  3. Tumpahan minyak dari pertambangan minyak lepas pantai dan kebocoran kapal tanker akan mematikan organisme di laut, misalnya ganggang, ikan, mamalia laut, dan burung pemakan ikan di laut.

Cara mengatasi pencemaran air

  1. Melakukan pengolahan air limbah
  2. Menggunakan kompos dan pupuk organik
  3. Menjaga kualitas air laut
  4. Menggunakan deterjen ramah lingkungan
  5. Melakukan reboisasi

0

Roboguru

Perhatikan tabel dan pernyataan-pernyataan berikut! Tabel berikut menunjukkan hasil sebuah eksperimen untuk membandingkan kualias air yang diambil dari dua tempat, yaitu P dan Q Sampel Air ...

Pembahasan Soal:

Perubahan warna air terjadi karena dipengaruhi oleh jumlah kadar oksigen yang terdapat dari masing-masing jenis air. Hal ini dikarenakan, adanya aktivitas mikroba yang berada di perairan tersebut. Oksigen yang terlarut dalam air akan diserap oleh mikroorganisme untuk mendegradasi bahan buangan organik. Jadi, makin tinggi aktivitas mikroba menguraikan bahan organik, maka semakin cepat kandungan oksigen dalam air habis. Sehingga apabila warna biru dari metilen biru pada air makin jelas berarti kandungan oksigen makin banyak. Namun apabila warna birunya memudar, maka kandungan oksigennya semakin berkurang. Metilen biru adalah indikator terhadap kandungan oksigen yang terlarut dalam air dengan cara memberikan indikator warna biru pada air jika masih terdapat oksigen. Jadi, dengan adanya metilen biru kita bisa mengamati kandungan oksigen yang terlarut dalam air. Pernyataan yang tepat menjelaskan hasil eksperimen ditunjukkan oleh Q dan R. Pada daerah P memerlukan waktu 65 menit, sedangkan pada daerah Q memerlukan waktu 35 menit untuk air berubah menjadi tidak berwarna. Hal ini mengindikasikan bahwa, daerah P memiliki kualitas air yang lebih baik daripada daerah Q. Jumlah oksigen yeng terlarut dalam air pada daerah P lebih banyak dibandingkan pada daerah Q. Sehingga air yang diperoleh dari daerah P memiliki nilai BOD yang rendah dan mengandung mikroorganisme lebih sedikit.

1

Roboguru

Kerusakan flora dan fauna dapat diakibatkan oleh perusakan ekosistem laut. Jelaskan dampak ekosistem laut yang rusak tersebut bagi kehidupan laut dan manusia dan jelaskan tindakanmu untuk mengatasi ha...

Pembahasan Soal:

Wilayah pesisir dan laut sangat rentan terhadap berbagai ancaman pencemaran baik yang berasal dari aktivitas domestik manusia (marine debris), industri (pengolahan perikanan), perhubungan laut seperti tumpahan minyak (oil spill), maupun aktivitas lainnya.

Pencemaran di Lingkungan Laut yaitu dimasukannya oleh manusia, secara langsung atau tidak langsung ke dalam lingkungan laut yang mengakibatkan dapat buruk sedemikian rupa seperti kerusakan pada keberlangsungan kehidupan laut sehingga berbahaya bagi kesehatan manusian, gangguan terhadap kegiatan di laut termasuk penangkapan ikan. Hal ini tentunya akan menimbulkan dampak negatif terhadap ekosistem, habitat, biota laut dan penurunan kualitas lingkungan pesisir. Ancaman pencemaran tersebut apabila tidak ditangani secara tepat dapat mengakibatkan semakin meluasnya dampak negatif terhadap kehidupan manusia dan biota.

Dampak ekosistem laut yang rusak yaitu matinya biota-biota perairan akibat keracunan bahan pencemar. Hal ini akan berakibat pada menurunnya keanekaragaman, rusaknya rantai makanan bahkan dapat menyebabkan kepunahan biota. Bahan pencemar dapat terakumulasi pada tubuh biota-biota perairan yang apabila terkonsumsi oleh manusia dapat mengakibatkan gangguan kesehatan pada manusia.

Tindakan untuk mengatasi pencemaran laut yaitu membatasi penggunaan plastik, mengolah limbah sebelum dialirkan ke laut, melarang penggunaan bahan berbahaya, melakukan pengawasan terhadap pertambangan minyak lepas pantai.space 

0

Roboguru

Salah satu pencemaran lingkungan adalah pencemaran air. Berikut ini yang menyebabkan pencemaran air adalah...

Pembahasan Soal:

Pencemaran air adalah masuknya pengotor-pengotor atau limbah ke dalam perairan yang menyebabkan perubahan parameter fisis dan kimia air yang biasanya sesuai untuk mendukung kehidupan  optimal di ekosistem perairan. Limbah pencemar perairan utamanya datang dari deterjen yang dihasilkan rumah tangga, limbah cair industri dan instalasi layanan publik, serta luberan pupuk berlebihan yang dibawa oleh luapan air irigasi ke perairan dinamis seperti sungai.

Dengan demikian, jawaban benar adalah A.undefined 

0

Roboguru

Bahan berbahaya beracun yang dibuang ke sungai dapat mematikan ikan, karena....

Pembahasan Soal:

Penyebab utama kebinasaan ikan atau kematian ikan massal adalah berkurangnya oksigen di dalam air, yang dapat terjadi karena berbagai hal salah satunya pencemaran limbah. Kebinasaan ikan dapat menjadi gejala awal dari tekanan terhadap kualitas lingkungan. Berbagai spesies ikan memiliki toleransi yang begitu rendah terhadap perubahan kondisi lingkungan dan kematian ikan-ikan tersebut dapat menjadi indikator masalah lingkungan di habitat ikan tersebut.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved