Roboguru

Sebutkan 3 tradisi dari zaman megalithik?

Pertanyaan

Sebutkan 3 tradisi dari zaman megalithik?

Pembahasan Soal:

Pada masa ini, kepercayaan terhadap keberadaan dan pengaruh arwah nenek moyang semakin berkembang. Zaman ini di tandai dengan hasil budaya berupa bangunan-bangunan pemujaan arwah nenek moyang yang berukuran besar. Adapun beberapa contoh tradisi pada zaman ini adalah.

  1. Dolmen bangunan megalitik yang memiliki banyak bentuk dan fungsi salah satunya sebagai pelinggih atau tempat sesaji pada saat upacara. Dolmen biasanya diletakkan di tempat-tempat yang dianggap keramat menurut tradisinya hal ini dilakukan karena ada hubungannya dengan pemujaan kepada roh leluhur.
  2. Adanya sebongkah batu besar yang disebut arca batu yang biasanya berbentuk bulat dan di atasnya terdapat pahatan wajah manusia yang mungkin merupakan perwujudan dari nenek moyang yang menjadi objek pemujaan. Menurut kepercayaan dan tradisi, arwah nenek moyang turun pada waktu-waktu tertentu untuk di mohon restunya. 
  3. Adanya penghormatan dan pemberian sesaji lengkap terhadap orang yang sudah meninggal dengan maksud mengantar arwah dengan sebaik-baiknya ke tempat tujuan yaitu dunia arwah. Oleh karena itu, penguburan pada zaman ini pun dikenal menjadi dua yaitu penguburan langsung dan tidak langsung. Penguburan langsung adalah mayat dikuburkan langsung di tanah atau diletakkan dalam suatu wadah di dalam tanah sedangkan penguburan tidak langsung adalah penguburan dengan mengubur mayat lebih dahulu ke dalam tanah atau terkadang dalam peti kayu yang dibuat berbentuk seperti perahu.


    Berdasarkan penjelasan di atas maka tradisi pada zaman megalitik adalah adanya bangunan bangunan besar yang digunakan untuk pemujaan kepada roh nenek luhur seperti dolmen lalu ditemukannya arca batu sebagai perwujudan dari roh nenek moyang dan yang terakhir dikenalnya penguburan langsung dan tidak langsung. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 26 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved