Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebuah gelombang menyebar ke segala arah sama rata dari suatu titik. Titik P berjarak r 1 dari sumber gelombang tersebut dan titik Q berjarak r 2 dari sumber gelombang. Jika r 1 = 5 r 2 ,tentukan perbandingan intensitas gelombang yang dirasakan di titik P dengan intensitas gelombang di titik Q.

Sebuah gelombang menyebar ke segala arah sama rata dari suatu titik. Titik P berjarak r1 dari sumber gelombang tersebut dan titik Q berjarak r2 dari sumber gelombang. Jika r1 = 5r2, tentukan perbandingan intensitas gelombang yang dirasakan di titik P dengan intensitas gelombang di titik Q.space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

perbandingan intensitas gelombang yang dirasakan di titik P dengan intensitas gelombang di titik Q adalah 1:25.

 perbandingan intensitas gelombang yang dirasakan di titik P dengan intensitas gelombang di titik Q adalah 1:25.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Diketahui: r P = r 1 r Q = r 2 r 1 = 5 r 2 Ditanyakan: I 1 = ...? I 2 = ...? Jawaban: Gelombang bunyi adalah gelombang yang merambat melalui medium tertentu. perambatan gelombang membawa sejumlah energi. Energi yang dipindahkan oleh gelombang biasanya dinyatakan dalam intensitas gelombang. Intensitas gelombang bunyi menyatakan energi bunyi setiap detiknya (daya bunyi) yang menembus bidang setiapsatuan luas permukaan secara tegak lurus, sehingga: I Q ​ I P ​ ​ = ( r P ​ r Q ​ ​ ) 2 I Q ​ I P ​ ​ = ( r 1 ​ r 2 ​ ​ ) 2 I Q ​ I P ​ ​ = ( 5 r 2 ​ r 2 ​ ​ ) 2 I Q ​ I P ​ ​ = ( 5 1 ​ ) 2 I Q ​ I P ​ ​ = 25 1 ​ I P ​ : I Q ​ = 1 : 25 Dengan demikian,perbandingan intensitas gelombang yang dirasakan di titik P dengan intensitas gelombang di titik Q adalah 1:25.

Diketahui:

rP = r1

rQ = r2

r1 = 5r2

Ditanyakan:

I1 = ...?

I2 = ...?

Jawaban:

Gelombang bunyi adalah gelombang yang merambat melalui medium tertentu. perambatan gelombang membawa sejumlah energi. Energi yang dipindahkan oleh gelombang biasanya dinyatakan dalam intensitas gelombang. Intensitas gelombang bunyi menyatakan energi bunyi setiap detiknya (daya bunyi) yang menembus bidang setiap satuan luas permukaan secara tegak lurus, sehingga:

Dengan demikian, perbandingan intensitas gelombang yang dirasakan di titik P dengan intensitas gelombang di titik Q adalah 1:25.

615

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika seratus sumber bunyi yang identik berbunyi, maka pada jarak seratus meter dari sumber-sumber bunyi tersebut akan diamati intensitas bunyi sebesar 100 dB. Jika hanya 1 sumber bunyi yang berbunyi, ...

724

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia