Pertanyaan

Sebuah fotoelektron keluar dari permukaan logam yang fungsi kerjanya 7 eV ketika disinari oleh foton yang panjang gelombangnya 00 nm. Energi kinetik maksimum (dalam eV) fotoelektron tersebut (dalam eV) adalah. .. .

Sebuah fotoelektron keluar dari permukaan logam yang fungsi kerjanya 7 eV ketika disinari oleh foton yang panjang gelombangnya 00 nm. Energi kinetik maksimum (dalam eV) fotoelektron tersebut (dalam eV) adalah. .. .

  1. 3,1

  2. 5 V. 0

  3. 0,31

  4. 3,1

  5. 5

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Untuk menjawab soal ini, kalian harus sudah memahami konsep efek fotolistrik. Setidaknya ada tiga syarat yang harus kalian ketahui agar elektron dapat lepas dari permukaan logam, yaitu : Frekuensi cahaya datang harus lebih besar dari frekuensi ambang logam. Energi cahaya datang harus lebih besar dari energi ambang batas logam. Panjang gelombang cahaya datang harus lebih kecil dari panjang gelombang ambang logam. Pada soal yang ditanyakan adalah energi kinetik maksimum pada peristiwa efek fotolistrik apabila : Energi cahaya yang datang akan digunakan untuk menggetarkan elektron-elektron di permukaan logam sehingga nantinya elektron tersebut dapat lepas dari permukaan logam dengan energi kinetik tertentu. Persamaan energinya adalah : Pada kasus ini kita dapat menganggap bahwa elektron hanya bergetar dan tepat akan lepas namum elektron belum keluar dari permukaan logam. Hal ini terjadi apabila : Sehingga :

Untuk menjawab soal ini, kalian harus sudah memahami konsep efek fotolistrik. Setidaknya ada tiga syarat yang harus kalian ketahui agar elektron dapat lepas dari permukaan logam, yaitu :

  • Frekuensi cahaya datang harus lebih besar dari frekuensi ambang logam.
  • Energi cahaya datang harus lebih besar dari energi ambang batas logam.
  • Panjang gelombang cahaya datang harus lebih kecil dari panjang gelombang ambang logam.

Pada soal yang ditanyakan adalah energi kinetik maksimum pada peristiwa efek fotolistrik apabila :

Energi cahaya yang datang akan digunakan untuk menggetarkan elektron-elektron di permukaan logam sehingga nantinya elektron tersebut dapat lepas dari permukaan logam dengan energi kinetik tertentu. Persamaan energinya adalah :

Pada kasus ini kita dapat menganggap bahwa elektron hanya bergetar dan tepat akan lepas namum elektron belum keluar dari permukaan logam. Hal ini terjadi apabila :

Sehingga :

 

1rb+

1.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui fungsi kerja sebuah logam sebesar 3 eV .Logam tersebut disinari cahaya 8 × 1 0 14 Hz .Jika h = 6 , 63 × 1 0 − 34 Js dan 3 × 1 0 8 s m ​ .Berapa energi kinetik elektron yang terlepas? ( 1 eV ...

455

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia