Roboguru

Seberapa besar pengaruh proklamasi kemerdekaan Ind...

Seberapa besar pengaruh proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam membangun semangat persatuan dan kesatuan masyarakat  pada awal kemerdekaan? beri penjelasan!

Jawaban:

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Agustus 1945. Bagi bangsa Indonesia, proklamasi merupakan sumber hukum pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Proklamasi adalah alat untuk mencapai tujuan negara dan cita-cita bangsa Indonesia. Di dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, terdapat wujud cita-cita proklamasi. Cita-cita tersebut adalah untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI. Untuk mewujudkan cita-cita proklamasi tersebut, dibutuhkan persatuan dan kesatuan dari seluruh warga Indonesia.

Dengan demikian, proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki pengaruh dalam membangun semangat persatuan dan kesatuan masyarakat  pada awal kemerdekaan karena proklamasi adalah alat untuk mencapai tujuan negara dan cita-cita bangsa Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dalam wadah NKRI.

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved