Roboguru

Sebagian besar candi di Jawa Timur menggunakan bahan dasar ...

Pertanyaan

Sebagian besar candi di Jawa Timur menggunakan bahan dasar ... space

  1. batu kali space

  2. batu bata space

  3. tanah liat space

  4. marmer space

  5. batu kalsedon space

Pembahasan Soal:

Walaupun sama-sama candi, namun terdapat perbedaan antara candi di Jawa Timur dengan candi di Jawa Tengah. Salah satunya adalah mengenai bahan pembuat candi tersebut. Candi di Jawa Tengah sebagian besar terbuat dari batu andesit. Sedangkan candi di Jawa Timur menggunakan batu bata. Perbedaan bahan dasar ini disebabkan banyaknya material bangunan yang ditemukan di sekitar kerajaan pada saat itu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Runtuhnya Kerajaan Medang (Dharmawangsa) karena serangan dari kerajaan....

Pembahasan Soal:

Wurawari adalah penguasa bawahan (vasal) yang pada tahun 1017 Masehi menyerang Kerajaan Medang semasa Raja Dharmawangsa Teguh sebagai bentuk pemberontakan. Serangan dilakukan ketika pesta pernikahan putri Raja Dharmawangsa Teguh dengan Airlangga, yang juga keponakan raja, tengah dilangsungkan. Dalam serangan ini, Raja Dharmawangsa Teguh tewas dan Airlangga berhasil meloloskan diri. Pemberontakan ini menyebabkan Kerajaan Medang harus runtuh dan digantikan oleh Kerajaan Kahuripan. undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah Aundefined

0

Roboguru

Masuknya unsur budaya India ke Indonesia menyebabkan….

Pembahasan Soal:

Seiring dengan masuknya agama Hindu dan Buddha di Indonesia yang dimulai dari sekitar abad ke 4 Masehi, budaya India pun masuk ke Indonesia, yang mempengaruhi budaya di Indonesia. Banyak pengaruh ini masih terlihat sampai hari ini. Faktor yang mendukung diterimanya budaya India adalah asimilasi budaya tersebut dengan budaya lokal. Pengaruh kebudayaan India pada kebudayaan Indonesia ini adalah sebagai berikut.

  1. Bahasa. Seiring dengan masuknya agama Hindu, pengaruh bahasa Sansekerta, yang merupakan bahasa ritual agama Hindu, juga berkembang pesat. Pengaruh ini hingga masa kini masih terlihat dari banyaknya kata serapan dari bahasa Sansekerta di bahasa-bahasa asli Nusantara, seperti kata “surga”, “neraka”, “agama”, “samudra” dan lainnya.
  2. Sastra. Cerita dan mitologi India, seperti cerita Mahabarata dan Ramayana diadaptasi dan mempengaruhi budaya lokal. Adaptasi ini menghasilkan pertunjukan wayang kulit dan wayang wong. Dalam adaptasi, cerita ini dirubah sehingga sesuai dengan nilai budaya daerah.
  3. Sistem Tulis Menulis. Sistem penulisan tradisional seperti Aksara Sunda, Jawa dan Lontara dari Sulawesi juga merupakan contoh pengaruh Hindu Buddha. Aksara-aksara ini dikembangkan dari sistem penulisan Pallawa yang berasal dari India.
  4. Arsitektur Bangunan. Bentuk bangunan, terutama tempat ibadah agama Hindu di Indonesia dipengaruhi oleh arsitektur India. Pengaruh ini terlihat seperti pada bentuk ukiran, patung dan tata ruang. Pengaruh lainnya terlihat dalam gerbang berbentuk gapura, yang banyak dipakai di bangunan tradisional Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan Maritim pada masa Hindu-Buddha. Sriwijaya sendiri disebut sebagai kerajaan Maritim karena kemampuannya yang maju dibidang kelautan baik dari segi milit...

Pembahasan Soal:

Salah satu bentuk akulturasi budaya antara Hindu-Buddha dan Islam dalam bidang arsitektur adalah bentuk atap masjid yang menyerupai punden berundak. Bentuk atap ini tidak seperti bentuk yang umum di timur tengah yaitu kubah, akan tetapi lebih menyerupai punden sawah yang menjadi warisan kebudayaan Hindu - Buddha di Nusantara.


Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah E.space space 

1

Roboguru

Tuliskan contoh hasil akulturasi antara kebudayaan Hindu dan Budha!

Pembahasan Soal:

Contoh dari hasil akulturasi antara kebudayaan Hindu dan Budha ada beberapa macam, salah satunya adalah seni bangunan di Indonesia. Pada umumnya, bangunan candi merupakan bentuk akulturasi antara unsur budaya Hindu-Buddha dan unsur budaya Indonesia asli. Bangunan yang megah, patung-patung perwujudan dewa atau buddha, serta bagian-bagian candi dan stupa adalah unsur-unsur dari India.

Kemudian seni rupa dan seni ukir. Masuknya pengaruh India juga membawa perkembangan dalam bidang seni rupa, seni pahat, dan seni ukir. Hal tersebut dapat dilihat pada relief atau seni ukir yang dipahatkan pada bagian dinding-dinding candi. Contohnya adalah relief yang dipahatkan pada dinding pagar.

Jadi, jawabannya adalah seni bangunan, seni rupa, dan seni ukur.

3

Roboguru

Salah satu bentuk akulturasi antara budaya Indonesia dengan budaya India pada bentuk bangunan candi terlihat dari ...

Pembahasan Soal:

Salah satu bentuk akulturasi dalam bentuk bangunan candi terlihat dari adanya lukisan-lukisan atau relief yang ada pada candi seperti yang terdapat pada Candi Borobudur. Relief-relief tersebut merupakan asli dari Indonesia yang tidak ditemukan di India. Relief-relief pada candi biasanya menggambarkan suatu cerita yang berhubungan dengan ajaran agama Hindu-Buddha. Hal inilah yang membuat terjadinya akulturasi budaya antara Indonesia dan seni ukir dari India. Contohnya adalah pada Candi Borobudur dengan relief yang menggambarkan mengenai perjalanan hidup Sidharta Gautama.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. space

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved