Roboguru

Salah satu teknik rekayasa genetika yang dikembangkan adalah kloning. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya. Coba kamu jelaskan bagaimana proses kloning dilakukan oleh para ilmuwan!

Pertanyaan

Salah satu teknik rekayasa genetika yang dikembangkan adalah kloning. Teknik ini dilakukan untuk menghasilkan keturunan yang memiliki sifat identik dengan induknya. Coba kamu jelaskan bagaimana proses kloning dilakukan oleh para ilmuwan!space space

  1. ....

  2. ....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Teknik kloning yang berhasil dilakukan oleh peneliti diantaranya adalah kloning transfer inti yang sukses menghasilkan Domba Dolly, teknik kloning ini dilakukan oleh Ian wilmut pada tahun 1996 di Skotlandia. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Sel telur dirusak intinya dengan radiasi sinar UV sehingga menjadi tidak memiliki inti.
  2. Inti sel somatik domba lain diambil dari sel kelenjar susu (nukelus donor).
  3. Inti sel somatik donor dimasukkan kedalam sel telur dengan bantuan kejutan listrik sehingga dihasilkan sel ovum dengan inti sel somatik donor yang bersifat diploid.
  4. Sel telur kemudian membelah beberapa kali membentuk stadium morula.
  5. Morula kemudian diimplankan ke dalam rahim induk betina dan tumbuh secara in vivo di dalam uterus menjadi bayi domba yang siap dilahirkan.

undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved