Roboguru

Salah satu sumber ketidakadilan di bidang politik pada masa Orde Baru adalah UU No. 1 Tahun 1985, yaitu tentang …

Pertanyaan

Salah satu sumber ketidakadilan di bidang politik pada masa Orde Baru adalah UU No. 1 Tahun 1985, yaitu tentang … space

  1. Pemilihan Umum space

  2. Susunan, kedudukan, tugas, dan wewenang MPR space

  3. Partai Politik dan Golongan Karya space

  4. Referendum space

  5. Organisasi Massa space

Pembahasan Soal:

Masa pemerintahan Orde Baru memiliki sejumlah kelemahan, salah satunya di bidang politik. Dalam bidang politik, terdapat ketidakadilan yang dilakukan oleh pemerintah Orde Baru, yaitu sebagaimana tercantum dalam Undang-undang No. 1 Tahun 1985 yang berisikan tentang pemilihan umum. Untuk menyelenggarakan Pemilu, dibentuklah Lembaga Pemilihan Umum yang diketuai oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Dalam lembaga tersebut ternyata dikuasai oleh para birokrat yang berasal dari Golongan Karya (Golkar) sehingga muncul ketidakadilan bagi partai politik yang lain.

Maka, jawaban yang tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berakhirnya pemerintahan Orde Baru disebabkan adanya krisis di berbagai bidang, salah satunya bidang politik. Deskripsikan krisis politik yang terjadi pada masa Orde Baru!

Pembahasan Soal:

Krisis politik yang terjadi pada tahun 1998 merupakan puncak dari berbagai kebijakan politik pemerintahan Orde Baru. Berbagai kebijakan politik yang dikeluarkan pemerintahan Orde Baru selalu dengan alasan dalam kerangka pelaksanaan demokrasi Pancasila.Namun yang sebenarnya terjadi adalah dalam rangka mempertahankan kekuasaan Presiden Suharto dan kroni-kroninya. Artinya, demokrasi yang dilaksanakan pemerintahan Orde Baru bukan demokrasi yang semestinya, melainkan demokrasi rekayasa. Dengan demikian, yang terjadi bukan demokrasi yang berarti dari, oleh, dan untuk rakyat, melainkan demokrasi yang berarti dari, oleh, dan untuk penguasa.

Dengan demikian krisis politik sebagai faktor penyebab terjadinya gerakan reformasi itu, menyangkut masalah sekitar masyarakat yang menuntut adanya reformasi baik didalam kehidupan masyarakat, maupun pemerintahan Indonesia.undefined 

0

Roboguru

Para pengamat politik menganggap pelaksanaan demokrasi pada masa Orde Baru mengalami kegagalan. Satu-satunya ciri demokrasi yang berhasil dilaksanakan pemerintah Orde Baru yaitu...

Pembahasan Soal:

Orde Baru adalah sebutan bagi pemerintah yang berkuasa di Indonesia sejak tahun 1966 sampai dengan 1998. Dalam kurun waktu kurang lebih 32 tahun, banyak pengamat politik yang menilai bahwa pelaksanaan demokrasi pada masa pemerintahan Orde Baru mengalami kegagalan, terlebih dengan adanya represi pers sehingga tidak ada kebebasan berpendapat dan berekspresi. Hanya terdapat satu ciri demokrasi yang berhasil dilakukan oleh pemerintah pada masa ini, yaitu pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) yang berkesinambungan. Pemilu pada masa Orde Baru dilaksanakan selama enam kali, yaitu tahun 1971, 1977, 1982, 1987, 1992, dan 1997.undefined

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Pada 1996-1997 terjadi kekacauan pemerintahan, perekonomian, serta tingginya praktik KKN. Kondisi tersebut menyebabkan  ...

Pembahasan Soal:

Ketidakstabilan kondisi politik dan ekonomi dunia ditambah berbagai masalah yang muncul di dalam negeri menyebabkan stabilitas bangsa Indonesia goyah. Memasuki tahun 1997, tingkat kepercayaan rakyat terhadap pemerintah Orde Baru menurun. Kondisi ini terjadi karena adanya kekacauan sistem pemerintahan, kekacauan perekonomian bangsa, serta maraknya praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Rakyat menganggap pemerintah tidak mampu lagi menjalankan pemerintahan dengan baik sehingga muncul gelombang unjuk rasa yang menuntut agar terjadinya suatu perubahan atau reformasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Sebutkan penyimpangan-penyimpangan pemerintah masa Orde Baru!

Pembahasan Soal:

Orde Baru merupakan pemerintahan setelah Orde Lama yang dipimpin oleh Sukarno. Pada masa ini dipimpin oleh Suharto selama 32 tahun masa jabatannya. Pada awal pemerintahannya, terjadi peningkatan perekonomian yang pesat. Beberapa peraturan negara yang telah ada pada masa Orde Lama diperbaiki dan diperbarui, salah satunya dengan memberlakukan P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila). Meski demikian, nyatanya masih ada beberapa penyimpangan yang terjadi, yakni sebagai berikut.

  • Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) yang terjadi karena adanya pemusatan pemerintahan di tangan Presiden. Semua lembaga negara yang ada dikendalikan oleh Presiden dan tidak ada rencana suksesi kekuasaan ke presiden selanjutnya. Kekuasaan kehakiman juga dicampuri sehingga tidak dapat membuat keputusan sendiri.
  • Penyimpangan Pancasila, pada masa ini penafsiran terhadap nilai dan butir-butir Pancasila dilakukan sesuai kepentingan pemerintahan. Salah satu bentuk penyimpangannya adalah hanya orang – orang terdekat Suharto yang dipercaya untuk menguasai perusahaan – perusahaan besar negara dan pengelolaan sumber daya alam di Indonesia merupakan penyimpangan dari kelima sila Pancasila.
  • Pembatasan kebebasan pers,  kebebasan pers diawasi dengan ketat dan dibelenggu sehingga tidak dapat mengapresiasikan suara rakyat atau bahkan dapat menyampaikan kritiknya kepada umum. Pada masa ini banyak sekali koran dan majalah yang mengalami pembredelan. 
  • Pelanggaran HAM, terjadi dengan alasan keamanan pemerintah. Pada masa ini kekerasan seperti penembakan misterius atau penculikan dilakukan pada orang-orang yang mecoba menyampaikan pendapatnya terhadap pemerintah. 

Dengan demikian, penyimpangan-penyimpangan yang terjadi pada masa Orde Baru adalah KKN, penyimpangan Pancasila, pembatasan kebebasan pers, dan pelanggaran HAM.

0

Roboguru

Usaha Presiden Soeharto membentuk Kabinet Reformasi tidak berhasil. Hal ini terjadi karena...

Pembahasan Soal:

Salah satu penyebab kegagalan Presiden Soeharto dalam membentuk Kabinet Reformasi adalah banyaknya penolakan para tokoh untuk bergabung dalam kabinet tersebut. Beberapa diantaranya yang menolak untuk bergabung antara lain mantan menteri perumahan rakyat Akbar Tandjung, Menteri Ekonomi Ginandjar Kartasasmita, Menteri Transmigrasi Hendropriyono, Menteri BUMN Tanri Abeng, dan Menteri Riset Rahadi Ramelan. Hal ini membuat usaha Soeharto untuk membentuk kabinet reformasi gagal dan karena hal tersebut, dirinya harus mundur dari kursi Presiden.


Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah C

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved