Roboguru

Salah satu contoh wilayah fungsional adalah ....

Pertanyaan

Salah satu contoh wilayah fungsional adalah ....undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Wilayah fungsional ditandai dengan beberapa aktivitas kebanyakkan dalam perekonomian. Contohnya daerah metropolitan yang terdiri dari banyak kota besar dan kota satelit sebagai wilayah pendorong (hinterland), wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi).undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Freelancer1

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

region yang dikaitkan dengan fungsinya sering disebut....

Pembahasan Soal:

Region  fungsional adalah wilayah yang memiliki ciri kegiatan yang berhubungan

dengan fungsinya, seperti pusat kegiatan. Contohnya Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang. Wilayah fungsional ditandai dengan adanya arus kegiatan transportasi dan komunikasi yang akhirnya menunjang pertumbuhan dari setiap wilayah tersebut. Sehingga, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah B

0

Roboguru

Suatu wilayah yang diatur oleh beberapa pusat kegiatan yang saling dihubungkan dengan garis melingkar disebut ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 1997 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Nasional, wilayah adalah ruang yan merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkaan administratif dan/ aspek fungsional. Wilayah dapat digolongkan menjadi beberapa macam, yaitu:

  1. Natural region (wilayah alamiah), yaitu wilayah yang berdasarkan pada unit alamiah, seperti provinsi dan distrik.
  2. Single feature region (wilayah kenampakan tunggal), yaitu wilayah yang didasarkan pada kenampakan tunggal, seperti kenampakan iklim, vegetasi, dan hewan.
  3. Generic region (menurut jenisnya), yaitu wilayah menurut jenisnya yang menekankan pada jenis sesuatu di wilayah tersebut, seperti wilayah pertanian.
  4. Specific region (wilayah khusus), yaitu wilayah yang mempunyai ciri-ciri geografi khusus yang ditentukan oleh lokasi berkaitan dengan daerah lain, seperti wilayah khusus masyarakat suku baduy.
  5. Uniform region (wilayah seragam), yaitu wilayah yang mempunyai keseragaman atau kesamaan dalam kriteria tertentu, seperti wilayah pertanian karena banyak masyarakat berprofesi petani.
  6. Nodal region (wilayah nodus), nodus berarti tonjol atau tombol, yaitu wilayah yang diatur oleh beberapa pusat kegiatan yang saling dihubungkan dengan garis melingkar.
  7. Factor analysis (wilayah analisis faktor), yaitu wilayah yang dalam klasifikasinya menggunakan metode statistik deskriptif dan metode statistik analitik, terutama analisis faktor. Contohnya adalah Pulau Jawa adalah wilayah yang cocok untuk bercocok tanam.
  8. Formal region (wilayah formal), yaitu wilayah yang diidentifikasikan karena mempunyai objek objek tertentu, baik secara fisik maupun sosial-budaya masyarakat. Contohnya adalah wilayah Priangan, Kasunanan Surakarta, wilayah kebudayaan Betawi (Sosial-Budaya).

Dari penjelasan di atas, maka jawaban untuk soal di atas adalah nodal region.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Jelaskan tentang hal-hal berikut. a. Nodal region;

Pembahasan Soal:

Wilayah merupakan suatu tempat di permukaan bumi yang memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dari wilayah-wilayah lain di sekitarnya. Dalam geografi wilayah dibedakan menjadi dua yaitu wilayah formal dan wilayah fungsional. Wilayah fungsional (nodal region) yaitu suatu wilayah yang saling berhubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain. Misalnya kota, kecamatan dan kelurahan yang secara fungsional saling berhubungan.

1

Roboguru

Arah pembangunan wilayah sesuai ilustrasi gambar adalah dari pusat kegiatan menuju …

Pembahasan Soal:

Pembangunan menuju kedaerah yang subur dapat membuka lapangan kerja, karena tanah masih dapat diolah dan dimanfaatakn dalam sektor agraris. jika pembangunan dilakukan di wilayah hutan lindung dan perkebunan teh kemungkinan akan mengalami degradasi lingkungan mengingat lokasi hutan lindung dan perkebunan teh yang berada pada wilayah ketinggian.

0

Roboguru

Komponen ruang yang terkait distribusi komoditas yang dimiliki oleh berbagai ruang di mana setiap ruang memiliki komoditas yang berbeda adalah....

Pembahasan Soal:

Komponen ruang yang terkait distribusi komoditas yang dimiliki oleh berbagai ruang di mana setiap ruang memiliki komoditas yang berbeda adalah simpul/node. Simpul (node) terkait distribusi komoditas yang dimiliki oleh berbagai ruang di mana setiap ruang memiliki komoditas yang berbeda seperti wilayah pegunungan, wilayah pesisir, dan wilayah kota yang memiliki komoditas berbeda. Wilayah pegunungan memiliki komoditas sayur mayur, wilayah pesisir memiliki komoditas perikanan laut, wilayah kota memiliki komoditi barang hasil industri seperti garmen, dan sebagainya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved