Roboguru

Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah ....

Pertanyaan

Salah satu contoh konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah .... space space

  1. ... space space

  2. ... space space

Pembahasan Soal:

Konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah berkaitan antara waktu dengan peristiwa sejarah meliputi perkembangan, kesinambungan, pengulangan dan perubahan. Salah satu contoh perubahan dan keberlanjuan dalam kehidupan bernegara adalah pembangunan. Pembangunan nasional adalah rangkaian upaya pembangunan yang berkesinambungan yang meliputi seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. 

Dengan demikian, salah satu contoh dalam  konsep perubahan dan keberlanjutan dalam kehidupan bernegara adalah pembangunan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor internal yang mempengaruhi terjadinya perubahan adalah ...

Pembahasan Soal:

Perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Perubahan dapat diartikan sebagai segala aspek kehidupan yang terus bergerak mengikuti perkembangan kehidupan masyarakat. Sedangkan berkelanjutan dapat diartikan sebagai rangkaian peristiwa yang saling terkait dan berlanjut. Hal ini dikarenakan kehidupan manusia tidak lepas dari apa yang terjadi di masa lalu, masa sekarang, dan masa yang akan datang sehingga setiap peristiwa yang terjadi tidak dapat berdiri sendiri dan saling terkait satu dengan yang lain. Perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah dipengaruhi dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari masyarakatnya itu sendiri, antara lain:

  1. perubahan penduduk, yaitu bertambah atau berkurangnya jumlah penduduk,
  2. perkembangan teknologi mendorong timbulnya penemuan-penemuan baru yang menyebabkan perubahan dalam masyarakat,
  3. terjadinya konflik dalam masyarakat menyebabkan terjadinya perubahan ikatan sosial di masyarakat, dan
  4. terjadinya pemberontakan menyebabkan perubahan struktur pemerintahan yang berimbas pada perubahan kehidupan masyarakat.

Faktor eksternal adalah faktor-kator pendukung dari luar masyarakat yang mendorong terjadinya perubahan sosial, di antaranya, yaitu:

  1. perubahan alam yang ada di sekitar masyarakat,
  2. terjadinya peperangan, dan
  3. pengaruh kebudayaan bangsa lain.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

3

Roboguru

Setiap manusia selalu mengalami pertumbuhan sejak lahir hingga saat ini. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa ....

Pembahasan Soal:

Perjalanan kehidupan manusia dari lahir hingga saat ini menunjukkan kehidupan manusia mengalami perubahan dan keberlanjutan. Pada dasarnya, kehidupan manusia merupakan mata rantai dari kehidupan masa lalu, masa kini, dan masa depan. Keberlanjutan merupakan proses perkembangan kehidupan manusia yang berlanjut meskipun kondisi berubah. Keberlanjutan terjadi karena adanya hubungan antarperistiwa. Setiap peristiwa tidak berdiri sendiri, tetapi selalu berhubungan dengan peristiwa lain pada masa lalu. Menurut filsuf Yunani, Heraclitus, keberlanjutan dalam sejarah bersifat Panta Rei yang berarti tidak ada yang tidak berubah, semuanya mengalir, serta sewaktu-waktu bergerak dan berubah. Oleh karena itu, semua sisi kehidupan manusia terus bergerak seiring berjalannya waktu, mengalami perubahan dan keberlanjutan.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

7

Roboguru

Yang merupakan contoh dari konsep perubahan adalah ...

Pembahasan Soal:

Perubahan adalah bagian tak terpisahkan dalam sejarah. Sejarah terdiri dari perubahan-perubahan dan keberlanjutan. Perubahan sendiri dapat merupakan sebuah peristiwa sejarah. Perubahan dapat berupa perubahan bentuk pemerintahan, penemuan baru, perubahan nilai budaya dan sebagainya. Perubahan dapat membawa dari satu periode ke periode lain. Perubahan dapat berlangsung secara cepat dan mendadak (revolusi) atau bertahap dan dalam waktu lama (evolusi). Contoh dari perubahan adalah sistem negara parlementer berubah menjadi presiden.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Kehidupan manusia selalu berubah dan berkelanjutan seiring dengan berjalannya waktu. Berikut sikap yang paling bijak dalam memanfaatkan waktu adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Maksud dari konsep perubahan dan berkelanjutan dalam sejarah adalah Dalam ilmu sejarah tidak hanya mempelajari sebuah peristiwa yang terjadi pada masa lampau saja, namun berupa pengulangan, kesinambungan serta perubahan peristiwa peristiwa yang dilakukan oleh umat manusia. Konsep perubahan dan keberlanjutan dalam sejarah berkaitan antara waktu dengan peristiwa sejarah meliputi perkembangan, kesinambungan, pengulangan dan perubahan. Karena kehidupan manusia selalu berubah dan berkelanjutan seiring dengan berjalannya waktu. sikap yang harus kita lakukan adalah menggunakannya dengan sebaik mungkin dengan melakukan hal – hal yang bermanfaat

Jadi, jawaban yang tepat adalah D

0

Roboguru

Kota Hirosima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 dibom atom oleh Sekutu. Kejadian tersebut membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945. Konsep berpikir dalam il...

Pembahasan Soal:

Perubahan adalah peristiwa atau kejadian yang membuat perbedaan yang terjadi dalam waktu yang singkat. Contoh perubahan adalah peristiwa pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945. Kejadian tersebut membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu pada 15 Agustus 1945.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved