Roboguru

Saat ini kondisi udara di beberapa wilayah mengalami pencemaran karena aktivitas manusia. Bagaimana pengaruh kerusakan lapisan udara ini terhadap penyebaran flora dan fauna?

Pertanyaan

Saat ini kondisi udara di beberapa wilayah mengalami pencemaran karena aktivitas manusia. Bagaimana pengaruh kerusakan lapisan udara ini terhadap penyebaran flora dan fauna?  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kerusakan lapisan atmosfer akibat dari pencemaran udara dapat menimbulkan berbagai masalah, salah satunya adalah penipisan lapisan ozon. Lapisan ozon berfungsi menangkal radiasi sinar ultaviolet (UV) yang berbahaya dari matahari. Radiasi sinar UV yang berlebihan dapat menghambat metabolisme dan proses fotosintesis pada tumbuhan, sehingga pertumbuhan tumbuhan leih lambat dan menjadi kerdil. Tumbuhan yang kerdil lama-kelamaan akan rusak dan persebarannya berkurang. Hal demikian juga terjadi pada hewan. Emisi zat-zat pencemar di udara seperti partikulat, NOx, SO2, HF, dan lainnya yang berinteraksi dengan tumbuhan dan perairan baik proses pengendapan ataupun penempelan, akan berpengaruh langsung terhadap vegetasi dan biota perairan hingga dapat menjalar pada hewan melalui rantai makanan yang telah terkontaminasi zat pencemar tersebut. Pengaruh Oksida Nitrogen (NOx) pada dosis tinggi terhadap hewan berupa terjadinya gejala paralisis sistem syaraf dan konvulusi. Akibatnya hewan akan mati dan persebarannya menjadi berkurang.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 05 Mei 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved