Roboguru

Revolusi Industri turut memengaruhi perkembangan sosiologi. Menurut Karl Marx, Revolusi Industri menyebabkan masyarakat dikelompokkan berdasarkan kelas-kelas sosial tertentu. Dampak kondisi tersebut adalah....

Pertanyaan

Revolusi Industri turut memengaruhi perkembangan sosiologi. Menurut Karl Marx, Revolusi Industri menyebabkan masyarakat dikelompokkan berdasarkan kelas-kelas sosial tertentu. Dampak kondisi tersebut adalah.... 

  1. Kerja sama antara kaum borjuis dan kaum proletar terhambat 

  2. Muncul kawasan industri baru di Amerika Serikat dan Prancis 

  3. Terjadi keterasingan (alienasi) kaum borjuis 

  4. Terbentuk kelompok-kelompok sosial sesuai spesialisasi dalam masyarakat 

  5. Terjadi penindasan yang dilakukan kaum pemilik modal terhadap kaum buruh dalam bidang kerja 

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan mengenai dampak revolusi industri.

Revolusi Industri adalah perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi, dimana industri berubah dari proses yang memebutuhkan pekerja berjumlah banyak dan dilakukan dengan cara manual, menjadi proses yang dikerjakan secara massal oleh mesin. Semakin banyak barang atau produk yang dihasilkan dalam waktu singkat, hal ini dapat terjadi karena dengan adanya revolusi industri terjadi perkembangan mekanisasi. Dimana semua produk dikerjakan dengan menggunakan mesin yang berteknologi tinggi, sehingga dalam waktu singkat dapat menghasilkan produk dalam jumlah besar. Banyak perusahaan kecil yang gulung tikar, dengan adanya revolusi industri banyak perusahaan atau pabrik-pabrik yang memproduksi barangnya dengan menggunakan mesin yang berteknologi tinggi. Hal ini dapat meminimumkan waktu dan biaya produksi. Dengan adanya hal ini harga jual produk dapat menjadi lebih murah sehingga banyak perusahaan-perusahaan kecil yang memproduksi produk yang sama kalah saing dan menyebabkan kerugian. Jangkauan penjualan barang semakin luas, hal ini dikarenakan proses produksi dapat berlangsung dengan cepat dan mudah. Transportasi semakin lancar, hal ini dikarenakan adanya penemuan-penemuan baru yang dapat melaksanakan kegiatan transportasi semakin cepat.

Namun, revolusi industri ini juga membawa dampak negatif. Menurut Karl Marx, Revolusi Industri menyebabkan masyarakat dikelompokkan berdasarkan kelas-kelas sosial tertentu. Hal tersebut menyebabkan timbulnya penindasan yang dilakukan kaum pemilik modal terhadap kaum buruh dalam bidang kerja.

Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah E. Terjadi penindasan yang dilakukan kaum pemilik modal terhadap kaum buruh dalam bidang kerja 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Fernanda

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan secara singkat perkembangan sosiologi di Indonesia!

Pembahasan Soal:

1

Roboguru

Jelaskan dengan alasannya kenapa ilmu Sosiologi itu awalnya berkembang di Eropa serta tokoh-tokoh yang memprakarsainya?

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan perkembangan sosiologi di Eropa dan tokoh  yang memprakarsai. Pada saat itu salah satu ancaman yang menguncang masyarakat Eropa adalah Revolusi politik di Prancis. Peristiwa revolusi tersebut mengubah struktur politik di Prancis, dari sistem monarki absolut (kerajaan) menjadi sistem demokrasi. Kondisi tersebut pada akhirnya mengubah tatanan kehidupan sosial masyarakat Prancis. Oleh karena itu, dibutuhkannya suatu disiplin ilmu untuk mengkaji secara khusus permasalahan masyarakat sehingga lahirlah ilmu Sosiologi.   

Sejarah perkembangan sosiologi yang sering diajarkan adalah sosiologi sebagai ilmu pengetahuan modern yang saintifik atau ilmiah. Sebagai ilmu pengetahuan sosial yang rasional dan empiris, sosiologi berusia relatif lebih muda ketibang ilmu sosial lainnya. Auguste Comte, tokoh intelektual Perancis dalam bukunya ”Course de philosophie positive” (1838) mencetuskan istilah sosiologi yang saat itu memiliki konotasi fisika sosial. Hukum tiga tahap yang dielaborasikan Comte menegaskan bahwa sosiologi atau fisika sosial adalah ilmu yang berada pada tahap positif. Positif artinya rasional, empiris, dan bisa diteliti dengan hukum-hukum ilmiah seperti pada ilmu alam. Berada di tahap positif artinya meninggalkan unsur teologis dan metafisis.  

Pada tahun 1876, intelektual Inggris Herbert Spencer menulis buku pertama yang menggunakan istilah ’sosiologi’ di judulnya ”Principle of Sociology”. Spencer adalah orang yang percaya pada teori evolusi Darwin. Ia menerapkan hukum evolusi biologi pada sosiologi. Spencer mengenalkan teori besar tentang evolusi sosial yang diterima secara luas beberapa tahun kemudian.   

0

Roboguru

Jelaskan sejarah perkembangan sosiologi di Eropa dan di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Perkembangan Sosiologi di Indonesia dan Eropa berbeda. perkembangan sosiologi di dua kawasan tersebut akan dipaparkan di bawah ini;

  1. Sosiologi di Eropa;
    1. Awal tentang kajian sosiologi terletak dalam filsafat sosial, dikembangkan oleh Plato (429 Masehi-347 Masehi) dan Aristoteles (384 Masehi-322 Masehi) yang menjelaskan mengenai negara, etika sosial, sampai tentang unsur-unsur sosiologi.
    2. Pada 1800-an Thomas Hobbes, Jhon Locke, dan Kean Jaques mengemukakan dan memberi sumbangsih tentang kontak sosial. Cikal bakal sosiologi sebagai hubungan antar manusia.
    3. Pada 1839, Auguste Comte yang hari ini disebut sebagai Bapak Sosiologi, mengemukakan istilah Sosiologi, sebagai sebuah ilmu pengengetahuan.
  2. Perkembangan Sosiologi di Indonesia
    1. Cikal bakal Sosiologi di Indonesia ditemukan pada masa Sri Paduka Mangkunegoro IV dari Surakarta, yang mengajarkan tentang Wulang Reh, Suatu ajaran tentang bagaimana tata hubungan tiap individu dalam masyarakat.
    2. Setelah itu, Ki Hadjar Dewantara, mengembangkan konsep kepemimpinan, dan berbagai konsep tentang kekeluargaan, yang pada akhirnya menciptakan organisasi pendidikan Taman Siswa.
    3. Terakhir, Sosiologi masuk ke dalam kelas-kelas di perkuliah, adalah Sekolah Tinggi Hukum Rechtshogeschool di Jakarta yang merupakan lembaga perguruan tinggi di Indonesia yang memberikan berbagai paham tentang Sosiologi
    4. Setelahnya, sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mulai berkembang di Indonesia

Dengan melihat penjelasan tersebut, dapat diketahui bagaimana cikal bakal Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan di Indonesia dan di Eropa.space 

0

Roboguru

Jelaskan sejumlah perubahan di bidang ekonomi yang melatari lahirnya sosiologi!

Pembahasan Soal:

Lahirnya sosiologi berkaitan dengan terjadinya perubahan sosial masyarakat Eropa Barat pada masa Revolusi Industri (Inggris) dan Revolusi Prancis. Revolusi tersebut berdampak pada hubungan antarwarga masyarakat hingga menyebabkan kekacauan dan kesenjangan sosial. Situasi ini mendorong seorang ahli filsafat Prancis, Auguste Comte mengkaji tentang kehidupan sosial manusia dengan istilah sosiologi. 

Perubahan di bidang ekonomi (Revolusi Industri) yang terjadi kala itu ditandai dengan beberapa hal sebagai berikut: 

  • Berkembangnya kapitalisme pedagangan 
  • Mekanisme proses dalam pabrik 
  • Terciptanya unit-unit produksi yang sangat luas 
  • Terbentuknya kelas buruh 
  • Terjadinya urbanisasi sebagai manifestasi dari hiruk-pikuknya perekonomian

Hasil dari perubahan atas revolusi industri tersebut menciptakan perpecahan baru dalam struktur sosial. Hal ini kemudian membawa para ahli teori sosial, seperti Herbert Spencer dan Karl Marx untuk mengembangkan penjelasan mengenai masyarakat dan perubahan sosial. 

0

Roboguru

Faktor utama yang mendorong lahirnya ilmu sosiologi adalah...

Pembahasan Soal:

Lahirnya sosiologi adalah akibat adanya serangkaian perubahan jangka panjang yang melanda Eropa Barat. seperti :

  1. Tumbuhnya kapitalisme pada akhir abad 15;
  2. Perubahan sosial politik di Eropa;
  3. Lahirnya ilmu Pengetahuan dan teknologi modern;
  4. Revolusi industri abad ke 18;
  5. Revolusi Perancis.

Jadi, jawabannya adalah B perubahan-perubahan pada masyarakat Eropa space 

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved