Roboguru

Rekayasa genetika sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, antara lain. . . .

Pertanyaan

Rekayasa genetika sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, antara lain. . . .

  1. memperoleh hormon insulin dengan memanfaatkan bakteriundefined

  2. meningkatkan kesuburan tanah dengan pupuk buatanundefined

  3. menentukan unsur yang diperlukan oleh tanamanundefined

  4. memperoleh cara pengobatan penyakit dengan tepatundefined

Pembahasan Soal:

Rekayasa genetika sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia dianatarnya adalah pembuatan insulin dengan memanfaatkan bakteri E. coli dengan teknik rekombinasi DNA menggunakan plasmid. Sehingga jawaban yang benar adalah opsi Aundefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Dian

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 19 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Produk atau proses berikut yang berkaitan erat dengan rekayasa genetika adalah ....

Pembahasan Soal:

Rekayasa genetika merupakan suatu usaha memanipulasi sifat genetik makhluk hidup untuk menghasilkan makhluk hidup yang memiliki sifat yang diinginkan. Rekayasa genetika dapat dilakukan dengan menambah, mengurangi, atau menggabungkan dua materi genetik (DNA) yang berasal dari dua organisme berbeda. Hasil penggabungan dua materi genetika yang berasal dari dua organisme yang berbeda disebut DNA rekombinan. Organisme hasil dari rekayasa genetika disebut organisme transgenik.

Rekayasa genetik dapat dimanfaatkan di berbagai aspek kehidupan. Di bidang kedokteran, rekayasa genetika sering digunakan untuk pembuatan insulin manusia oleh bakteri Escherichia coli, terapi gen, dan juga pembuatan antibodi monoklonal. Di bidang peternakan dan pertanian, teknik ini digunakan untuk kloning, pembentukan tanaman transgenik untuk memperoleh sifat menunda kematangan buah dan resistensi. Organisme hasil rekayasa genetika disebut Genetically Modified Organism (GMO).space 

0

Roboguru

Apa arti dari rekayasa genetika?

Pembahasan Soal:

Rekayasa genetika merupakan suatu usaha memanipulasi sifat makhluk hidup untuk menghasilkan makhluk hidup dengan sifat baru sesuai dengan yang diinginkan. Jenis rekayasa genetika, antara lain fusi sel (teknologi hibridoma) dan rekombinasi DNA. Hibridoma adalah penyatuan (fusi) dua sel yang berasal dari organisme yang sama atau dari organisme yang berbeda. Sel hibridoma mengandung campuran gen yang berasal dari kedua sel tersebut. Rekombinasi DNA terjadi melalui pindah silang (crossing over), transduksi, dan transformasi. Rekombinasi DNA dapat diperoleh secara buatan, yaitu dengan pemotongan dan penyambungan DNA secara in vitro

0

Roboguru

Contoh produk bioteknologi rekayasa genetika adalah ....

Pembahasan Soal:

Rekayasa genetika adalah salah satu teknik bioteknologi modern meliputi manipulasi gen, kloning gen, DNA rekombinan, teknologi modifikasi genetik dengan menggunakan berbagai macam prosedur. Contoh poduk rekayasa genetika antara lain hewan transgenik, bahan asal hewan transgenik dan hasil olahannya, ikan transgenik, bahan asal ikan transgenik dan hasil olahannya, tanaman transgenik, bagian-bagiannya dan hasil olahannya seperti tomat yang dirancang agar proses pematangannya terhambat sehingga lebih tahan lama dalam penyimpanan, beras yang mengandung vitamin A (golden rice), dan Bt Corn, yaitu jagung yang dirancang mengandung protein insektisida yang berasal dari bakteri Bacillus thuringiensis (Bt).  

0

Roboguru

Rekayasa genetika sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, antara lain ....

Pembahasan Soal:

Rekayasa genetika merupakan bagian dari bioteknologi. Umumnya, rekayasa genetik dilakukan dengan memanipulasi gen, DNA rekombinan, kloning gen, genetika modern dengan menggunakan beragam prosedur, dan teknologi modifikasi genetik. Rekayasa genetika sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia diantaranya:

  1. Bidang industri, prinsip rekayasa genetika dimanfaatkan dalam upaya pengkloningan bakteri di beberapa fungsi tertentu, seperti melarutkan logam yang diambil langsung dari perut bumi, menghasilkan bahan kimia sebagai bahan baku pemanis buatan, menghasilkan bahan mentah kimia seperti etilen untuk pembuatan plastik.
  2. Bidang farmasi, rekayasa genetika dimanfaatkan untuk usaha pembuatan protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein ini mengandung gen hasil kloningan bakteri yang mempunyai peran mengontrol sintesis obat-obatan.
  3. Bidang kedokteran, rekayasa genetika juga memberi berkontribusi dalam perkembangan ilmu di dunia medis untuk membuat insulin, vaksin AIDS, terapi gen.
  4. Bidang pertanian, membantu menghasilkan tanaman yang memiliki kemampuan untuk menangkap cahaya lebih efektif, membantu menggantikan pemakaian pupuk nitrogen yang harganya cenderung lebih mahal tapi banyak dibutuhkan oleh petani.
  5. Bidang peternakan, memperoleh vaksin yang efektif terhadap penyakit kuku dan mulut pada hewan ternak seperti, sapi, kambing, domba. Saat ini tengah dilakukan pengujian hormon pertumbuhan tertentu untuk sapi yang diharapkan mampu meningkatkan produksi susu. 

0

Roboguru

Vaksin dan golden rice merupakan contoh dari produk bioteknologi yang menggunakan prinsip...

Pembahasan Soal:

Vaksin dan golden rice merupakan salah satu contoh produk bioteknologi modern. Bioteknologi modern umumnya menggunakan prinsip kerja rekayasa genetika. Rekayasa genetika adalah proses merekayasa atau memodifikasi gen suatu organisme, sehingga diperoleh organisme dengan sifat yang diinginkan. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved