Roboguru

Read the following incomplete sentences. Complete them with am/is/are (present) or was/were (past). Today the weather ____ cold, but last Monday it ____ terribly hot.

Pertanyaan

Read the following incomplete sentences. Complete them with am/is/are (present) or was/were (past).


Today the weather ____ cold, but last Monday it ____ terribly hot.

Pembahasan Soal:

Penanda waktu (time signal) pada kalimat pertama, yaitu "Today (hari ini)" merupakan bentuk dari Simple Present Tense (S + am/is/are + O/C.) Selain itu, subjek pada kalimat tersebut adalah "the weather" atau subjek berjumlah tunggal (singular). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "is".

Sedangkan, penanda waktu (time signal) pada kalimat kedua, yaitu "last Monday (Senin kemarin)" merupakan bentuk dari Simple Past Tense (S + was/were + O/C.) Subjek pada kalimat tersebut adalah "it" subjek yang berjumlah tunggal (singular). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "was".

Jadi, jawaban yang tepat adalah "Today the weather is cold, but last Monday it was terribly hot." yang artinya "Hari ini cuacanya dingin, tapi Senin kemarin cuacanya sangat panas."

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Yaniar

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Read the following incomplete sentences. Complete them with am/is/are (present) or was/were (past). The generals and the veterans ____ happy and optimistic about us now. They know we ____ always bus...

Pembahasan Soal:

Penanda waktu (time signal) pada kalimat pertama, yaitu "now (sekarang)" merupakan bentuk dari Simple Present Tense (S + am/is/are + O/C.) Selain itu, subjek pada kalimat tersebut adalah "the generals and the veterans" merupakan subjek berjumlah jamak (plural). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "are".

Kemudian, kalimat kedua juga menggunakan Simple Present Tens dan subjek pada kalimat tersebut adalah "we" atau kata ganti orang pertama jamak (plural). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "are".

Sedangkan, penanda waktu (time signal) pada kalimat ketiga, yaitu "last year (tahun lalu)" merupakan bentuk dari Simple Past Tense (S + was/were + O/C.) Subjek pada kalimat tersebut adalah "they" atau kata ganti orang ketiga jamak (plural). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "were".

Jadi, jawaban yang tepat adalah "The generals and the veterans are happy and optimistic about us now. They know we are always busy with good activities and never think of using drugs. When we met them last year, they were pessimistic." yang artinya "Para jenderal dan veteran senang dan optimis tentang kita sekarang. Mereka tahu kita selalu disibukkan dengan kegiatan yang baik dan tidak pernah berpikir untuk menggunakan narkoba. Ketika kami bertemu mereka tahun lalu, mereka pesimis."

Roboguru

Read the following incomplete sentences. Complete them with am/is/are (present) or was/were (past). I ____ happy with Surabaya now. Years ago, it ____ very dirty and messy.

Pembahasan Soal:

Penanda waktu (time signal) pada kalimat pertama, yaitu "now (sekarang)" merupakan bentuk dari Simple Present Tense (S + am/is/are + O/C.) Selain itu, subjek pada kalimat tersebut adalah "I" atau kata ganti orang pertama tunggal (singular). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "am".

Sedangkan, penanda waktu (time signal) pada kalimat kedua, yaitu "years ago (bertahun-tahun yang lalu)" merupakan bentuk dari Simple Past Tense (S + was/were + O/C.) Subjek pada kalimat tersebut adalah "it" subjek yang berjumlah tunggal (singular). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "was".

Jadi, jawaban yang tepat adalah "I am happy with Surabaya now. Years ago, it was very dirty and messy." yang artinya "Aku senang dengan Surabaya sekarang. Bertahun-tahun yang lalu, tempat itu sangat kotor dan berantakan."

Roboguru

Read the following incomplete sentences. Complete them with am/is/are (present) or was/were (past). In 1945, they ____ 17, so they ____ 85 now.

Pembahasan Soal:

Penanda waktu (time signal) pada kalimat pertama, yaitu "In 1945 (tahun 1945)" merupakan bentuk dari Simple Past Tense (S + was/were + O/C.) Selain itu, subjek pada kalimat tersebut adalah "they" atau kata ganti orang ketiga jamak (plural). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "were".

Sedangkan, penanda waktu (time signal) pada kalimat kedua, yaitu "now (sekarang)" merupakan bentuk dari Simple Present Tense (S + am/is/are + O/C.) Subjek pada kalimat tersebut adalah "they". Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "are".

Jadi, jawaban yang tepat adalah "In 1945, they were 17, so they are 85 now." yang artinya "Pada tahun 1945, mereka berusia 17 tahun, sehingga sekarang mereka berusia 85 tahun."

Roboguru

Read the following incomplete sentences. Complete them with am/is/are (present) or was/were (past). "Where ____ the veterans?" "I don't know. They ____ in the lobby of the hotel five minutes ago."

Pembahasan Soal:

Pada teks di atas, terdapat sebuat pertanyaan dan sebuah respons. Jika dilihat dari respons kalimat kedua, yaitu "I don't know. They ____ in the lobby of the hotel five minutes ago." yang artinya "Aku tidak tahu. Mereka ____ di lobi hotel lima menit yang lalu.", maka respons tersebut untuk menjawab pertanyaan tentang kondisi yang sedang berlangsung (present time).

Sehingga, kita dapat menggunakan Simple Present Tense (S + am/is/are + O/C.) untuk melengkapi kalimat pertama. Subjek pada kalimat pertama adalah "the veterans" atau subjek berjumlah jamak (plural). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "are".

Kemudian, untuk kalimat kedua terdapat penanda waktu (time signal), yaitu "five minutes ago (5 menit yang lalu)" merupakan bentuk dari Simple Past Tense (S + was/were + O/C.) Selain itu, subjek pada kalimat tersebut adalah "they" atau kata ganti orang ketiga jamak (plural). Sehingga, to be yang tepat untuk melengkapinya adalah "were".

Jadi, jawaban yang tepat adalah "Where are the veterans?" "I don't know. They were in the lobby of the hotel five minutes ago." yang artinya "Di mana para veteran itu?" "Aku tidak tahu. Mereka berada di lobi hotel lima menit yang lalu."

Roboguru

Choose the best answer! Last year, she ____ 13, so she ____ 14 now.

Pembahasan Soal:

Kita diminta untuk melengkapi kalimat di atas dengan memilih to be yang tepat. Penanda waktu (time signal) pada kalimat "Last year, she ____ 13, ..." adalah "last year (tahun lalu) yang mana merupakan Simple Past Tense (S + was/were + O/C.). Selain itu, subjek pada kalimat tersebut adalah "she" atau kata ganti orang ketiga tunggal (singular). Sehingga, to be yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah "was".

Selanjutnya, penanda waktu (time signal) pada kalimat "..., so she ____ 14 now." adalah "now (sekarang) yang mana merupakan Simple Present Tense (S + am/are/is + O/C.). Selain itu, subjek pada kalimat tersebut adalah "she" atau kata ganti orang ketiga tunggal (singular). Sehingga, to be yang tepat untuk mengisi bagian rumpang adalah "is".

Dengan demikian, kalimatnya menjadi "Last year, she was 13, so she is 14 now."

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. was / is.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved