Roboguru

Read the following dialogue and change the adjcetive in the bracket into a correct comparative degree.   Nadia: How much are those jeans? Ellie: They are Rp. 200.000. Nadia: These jeans are Rp. 150.000. They ... those jeans. (cheap)

Pertanyaan

Read the following dialogue and change the adjcetive in the bracket into a correct comparative degree.

 

Nadia: How much are those jeans?

Ellie: They are Rp. 200.000.

Nadia: These jeans are Rp. 150.000. They ... those jeans. (cheap)

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya, degree of comparison bertujuan untuk menunjukkan suatu perbandingan. Berdasarkan tingkat perbandingannya, degree of comparison dibagi menjadi 3 jenis yaitu positive, comparative, dan superlative. Namun, karena perintah pada soal memerintahkan untuk menggunakan comparative degree, maka kita akan fokus ke comparative degree saja.

Comparative degree digunakan untuk membandingkan sesuatu yang memiliki sifat lebih dibanding hal lainnya. Dalam comparative degree, kata sifat ditambahkan -er di belakangnya atau more di depannyaImbuhan -er digunakan untuk kata dengan satu atau dua suku kata. Misalnya, happy berubah menjadi happier atau big menjadi bigger. Sementara untuk kata dengan lebih dari dua suku kata, gunakan more. Misalnya, beautiful menjadi more beautiful atau expensive menjadi more expensive. Setelah kata sifat, tambahkan kata than yang artinya ‘daripada’.

S + V + adjective/adverb-er OR more adjective/adverb  (+than+O)

Contoh: The blue house is smaller than the red house. (Rumah biru lebih kecil daripada rumah merah.)

Jika kita lihat kedalam konteks dialog dalam soal di atas, kalimat rumpang yang dimaksud membandingkan dua celana jeans yang berharga Rp. 200.000 dan Rp. 150.000. Oleh karena itu, untuk melengkapi kalimat tersebut kita akan menggunakan comparative degree. Kemudian, karena adjective yang dimaksud adalah cheap dimana ia memiliki satu suku kata maka kita akan menggunakan akhiran-er di akhir kata dan tambahan 'than'.

Sehingga kalimat rumpang tersebut menjadi, they are cheaper than those jeans. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Enty

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Complete the following dialog with suitable forms of comparative or superlative degrees. Yuda: I'm going to buy a tripod, but there are many choices. I'm confused. Aris: I think this gorilla tripod...

Pembahasan Soal:

Comparative degree digunakan untuk membandingkan dua hal yang berbeda dimana salah satunya memiliki nilai yang lebih atau kurang dibanding dengan yang lain. Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang nomor 2 adalah "longer" yang berarti "lebih panjang". Penambahan -er digunakan karena kata long merupakan kata sifat yang memiliki satu suku kata. "I need one with longer legs" berarti "saya membutuhkan tripod dengan kaki yang lebih panjang.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah longer.undefined

Roboguru

Complete the following dialog with suitable forms of comparative or superlative degrees. Yuda: I'm going to buy a tripod, but there are many choices. I'm confused. Aris: I think this gorilla tripod...

Pembahasan Soal:

Comparative degree digunakan untuk membandingkan dua hal yang berbeda dimana salah satunya memiliki nilai yang lebih atau kurang dibanding dengan yang lain. Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang nomor 1 adalah "more flexible" yang berarti "lebih fleksibel". Kata more digunakan karena kata flexible merupakan kata sifat yang memiliki lebih dari satu suku kata.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah more flexible.undefined

Roboguru

Adjective -er the -est slow _______ ______

Pembahasan Soal:

Soal di atas adalah tentang bentuk comparative adjective dan superlative adjective.
 

Comparative adjective adalah kata sifat yang digunakan untuk membuat perbandingan. Salah satu cara untuk membentuk sebuah adjective menjadi comparative adjective adalah dengan menempelkan akhiran -er, dengan catatan sebagai berikut:

  • Penambahan akhiran -er dilakukan pada adjective dengan satu suku kata (one syllable) dan pada beberapa adjective dengan dua suku kata (two syllables).
  • Jika adjective diakhiri dengan huruf y, maka huruf y tersebut diganti dengan huruf i sebelum ditambah dengan akhir -er.
  • Jika huruf akhir adjective berpola konsonan-vokal-konsonan, maka huruf konsonan yang terakhir harus digandakan terlebih dulu sebelum diberi akhiran -er.

Contoh perubahan adjective menjadi comparative adjective dengan penambahan akhiran -er:
small - smaller
big - bigger
strong - stronger
funny - funnier
 

Superlative adjective adalah adjective yang menunjukan level paling tinggi atau paling rendah dari sifat yang disebutkan. Salah satu cara untuk membentuk sebuah superlative adjective adalah dengan menambahkan kata the dan menempelkan akhiran -est, dengan catatan sebagai berikut:

  • Penambahan akhiran -est dilakukan pada adjective dengan satu suku kata (one syllable) dan pada beberapa adjective dengan dua suku kata (two syllables).
  • Jika adjective diakhiri dengan huruf y, maka huruf y tersebut diganti dengan huruf i sebelum ditambah dengan akhir -est.
  • Jika huruf akhir adjective berpola konsonan-vokal-konsonan, maka huruf konsonan yang terakhir harus digandakan terlebih dulu sebelum diberi akhiran -est.
  • setiap superlative adjective diawali dengan kata the.

Contoh perubahan adjective menjadi comparative adjective dengan penambahan akhiran -er:
small - smaller
big - bigger
strong - stronger
funny - funnier


Jadi, penyelesaian yang benar untuk soal di atas adalah

Adjective -er the -est
fast slower

the slowest

Roboguru

Based on the graph, there are ____ students who can swim under water than those who go rollerblading.

Pembahasan Soal:

Bentuk dari soal diatas adalah bentuk Comparison Degree.  Ini ditandai dengan kata than (Comparative Degree) yang memiliki makna lebih dibanding dengan lainnya. Pola yang digunakan untuk Comparative Degree adalah adjective + er untuk satu suku kata dan more + adjective untuk dua suku kata atau lebih. Susunannya adalah S + tobe/V + adjective/adverb + er + than +S(kedua) atau S + tobe/verb + more + adjective/adverb + than + S(kedua). Ada kebingungan antara menggunakan fewer dan less. Untuk fewer (countable noun) dan untuk less (uncountable noun). Kata students dalam soal menunjukkan bentuk countable.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Pembahasan Soal:

Dalam soal ini, kita membahas nomor 1d.

Soal ini adalah soal tentang Comparison Degree (Tingkatan Perbandingan) tipe Comparative Adjective (salah satu dari kedua hal yang dibandingkan memiliki sifat ‘lebih’ dibanding hal lainnya, oleh karena itu digunakan adjective + -er atau more + adjective).

Maka, berdasarkan teks dialog diatas, kata Comparative Adjective pada bagian 1d adalah cheaper (lebih murah).

Jadi, jawaban yang tepat adalah "cheaper".

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved