Roboguru

Puncak perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan ditandai dengan...

Pertanyaan

Puncak perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan ditandai dengan...

Pembahasan Soal:

Dalam mencapai Proklamasi Kemerdekaan, bangsa Indonesia melalui sejarah panjang perjuangan berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, peristiwa proklamasi kemerdekaan NKRI berlangsung singkat. Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan didampingi Moh. Hatta di Jl. Pegangsaan Timur 56 Jakarta pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 jam 10.00 WIB. Dilanjutkan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih oleh Pemuda Suhud dan eks Shudancho Latif Hendraningrat. Upacara diakhiri dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Meski berlangsung singkat, namun peristiwa proklamasi kemerdekaan mengandung arti sangat penting dan membawa perubahan sangat besar dalam kehidupan bangsa Indonesia, yaitu proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia untuk mencapai kemerdekaannya. Dengan proklamasi berarti bangsa Indonesia mendapat kebebasan untuk menentukan nasibnya sendiri sebagai bangsa yang berdaulat. Proklamasi merupakan jembatan emas untuk menuju masyarakat yang adil dan makmur.

Dengan demikian, puncak perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan ditandai dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan suatu deklarasi atau sikap bangsa Indonesia yang telah merdeka dari segala bentuk penjajahan. 

Roboguru

Jelaskan dampak perang dunia terhadap integrasi nasional bangsa Indonesia!

Pembahasan Soal:

Perang Dunia secara tidak langsung ternyata memiliki dampak yang signifikan. Dampak yang dimaksud adalah realisasi kemandirian sebagai bangsa melalui proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 yang dicanangkan mulai kelahiran kesadaran nasional 1908. Pada 1942 Jepang datang ke Indonesia dan mengakhiri kekuasaan kolonial belanda yang dirintis sejak 3.5 abad sebelumnya. Namun baru 3.5 tahun berkuasa Jepang harus mengakhiri kekuasaan mereka di Nusantara karena kalah perang dari AS. 1945 terjadi kekosongan kekuasaan di Indonesia yang memberikan momen bagi para pendiri bangsa untuk melakukan proklamasi.undefined

Dengan demikian, perang dunia membawa dampak yang besar bagi integrasi bangsa Indonesia yaitu dengan kalahnya Jepang terhadap sekutu, memberi kesempatan bagi Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Roboguru

Apa Makna tentang proklamasi kemerdekaan 17-8-45?

Pembahasan Soal:

Proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki makna yang mendalam bagi bangsa Indonesia. Makna tersebut, yaitu tanda lahirnya NKRI, tonggak sejarah bangsa Indonesia, dan sebagai wwal perjuangan baru. Jadi, jawabannya adalah tanda lahirnya NKRI, tonggak sejarah bangsa Indonesia, dan sebagai wwal perjuangan baru.

Roboguru

Perasaan rakyat Indonesia ketika mendengar berita proklamasi adalah....

Pembahasan Soal:

Setelah berita terkait Proklamasi Kemerdekaan Indonesia telah menyebar keseluruh penjuru Indonesia melalui siaran radio RRI, rakyat sangat antusias menyambut berita tersebut. Reaksi bangsa Indonesia setelah mendengar kabar proklamasi kemerdekaan Indonesia ialah merasa sangat senang sekali. Mereka bersyukur karena akhirnya mereka terbebas dari belenggu para penjajah.

Dengan demikian, perasaan rakyat Indonesia ketika mendengar berita proklamasi adalah sangat senang.

Roboguru

Bagi bangsa Indonesia proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan tanggal 17 Agusutus 1945 mengandung makna yang mendalam yaitu ….

Pembahasan Soal:

Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan pernyataan sikap bahwa bangsa Indonesia telah terbebas dari belenggu penjajahan dari bangsa manapun serta dalam bidang apapun. Proklamasi kemerdekaan Indonesia memiliki beberapa makna penting bagi rakyat Indonesia. Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia yakni merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah, merupakan jembatan emas bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang gilang gemilang, hingga bentuk pengakuan kedaulatan bangsa Indonesia. 

Dengan demikian, makna proklamasi yakni merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam mengusir penjajah, merupakan jembatan emas bagi bangsa Indonesia dalam menyongsong masa depan yang gilang gemilang, hingga bentuk pengakuan kedaulatan bangsa Indonesia. 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved