Roboguru

Proses terjadi pelangi api adalah ...

Proses terjadi pelangi api adalah ... 

  1. Pelangi api memiliki bentuk yang berbeda dengan pelangi pada umumnya. Perbedaan bentuk ini disebabkan proses pembentukan fenomena pelangi api dipengaruhi oleh awan, bukan hujan. Awan yang berperan dalam proses pembentukan pelangi api adalah awan jenis sirus. Awan sirus dapat ditemukan di ketinggian angkasa.

  2. Proses terjadinya pelangi api dipengaruhi oleh sinar matahari dan ual-uap alr di udara. Sinar matahari yang dipantulkan oleh uap-uap air berukuran sama menimbulkan pembiasan. Dalam pembiasan tersebut, cahaya matahari terpecah-pecah menjadi berbagai warna. Warna tersebut mernbentuk pelangi api.space 

  3. Pelangi api dapat terjadi ketika udara mengandung banyak uap air yang berukuran sama dan posisi matahari berada pada sudut 58 derajat atau lebih. Pada saat awan terkena sinar matahari tersebut, awan memantulkan sinar matahari sehingga menimbulkan pembiasan cahaya berupa pelangi yang tidak berbentuk melengkung.

  4. Proses terjadinya pelangi api diawali dengan pembiasan cahaya matahari oleh titik-titik air dl udara. Titik-titik air tersebut muncul akibat hujan. Posisi matahari harus berada pada sudut 58 derajat. Dengan demiklan, cahaya matahari akan dibiaskan hingga menjadi pelangi. Bentuk pelangi api seperti api karena pembiasan cahaya matahari kurang merata.undefined 

Jawaban:

Proses terjadinya pelangi api dijelaskan secara lengkap dalam paragraf ke-4. Dalam paragraf itu dijelaskan bahwa pelangi api muncul ketika udara mengandung banyak uap air yang berukuran sama dan posisi matahari berada pada sudut 58 derajat atau lebih. Pada saat awan terkena sinar matahari tersebut, awan memantulkan sinar matahari sehingga menimbulkan pembiasan cahaya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved