Iklan

Iklan

Pertanyaan

Proses siklus hidrologi yang ditunjukkan oleh angka 3 adalah ...

Proses siklus hidrologi yang ditunjukkan oleh angka 3 adalah ...

  1. evaporasi

  2. kondensasi

  3. presipitasi

  4. infiltrasi

  5. perkolasi

Iklan

E. Nur

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Siklus hidrologi yang ditunjukkan oleh angka 3 adalah presipitasi. Siklus hidrologi merupakan sirkulasi air yang berasal dari Bumi kemudian menuju ke atmosfer dan kembali lagi ke Bumi yang berlangsung secara terus menerus. Siklus ini terjadimemutar dan berlangsung secara terus-menerus sehinggamenyebabkan airdi bumiseperti tidak pernah habis. Proses siklus hidrologi berdasarkan gambar pada soal meliputi: 1. Evaporasi (penguapan) Penguapan yang mengawali terjadinya siklus hidrologi adalah penguapan badanair yang ada di Bumi(seperti samudera, laut, danau, rawa, sungai, bendungan). Air tersebut akan berubah menjadi uap air yang berwujud gaskarena adanya pemanasan dari sinar matahari. 2. Kondensasi (pembentukan awan) Kondensasi merupakan proses berubahnya uap air menjadi partikel- partikel es. Perubahan wujud ini terjadi karena pengaruh suhu udara yang sangat rendah saat berada di ketinggian tersebut. Partikel- partikel es yang terbentuk tersebut akan saling mendekati satu sama lain dan bersatu hingga membentuk sebuah awan. 3. Presipitasi (turunnya hujan) Presipitasi merupakan proses mencairnya awan hitam akibat adanya pengaruh suhu udara yang tinggi. Pada tahapan inilah terjadinya hujan. Sehingga awan hitam yang tebentuk dari partikel es akan mencair dan air tersebut jatuh ke Bumi manjadi sebuah hujan. 4. Transpirasi (penguapan oleh tumbuhan) Transpirasi juga mengubah air yang berwujud cair dari jaringan makhluk hidup menjadi uap air. Uap air ini juga akan terbawa ke atmosfer. Namun, biasanya penguapan yang terjadi karena transpirasi jumlahnya lebih sedikit daripada penguapan yang terjadi karena evaporasi.

Siklus hidrologi yang ditunjukkan oleh angka 3 adalah presipitasi.

Siklus hidrologi merupakan sirkulasi air yang berasal dari Bumi kemudian menuju ke atmosfer dan kembali lagi ke Bumi yang berlangsung secara terus menerus. Siklus ini terjadi memutar dan berlangsung secara terus-menerus sehingga menyebabkan air di bumi seperti tidak pernah habis. 

Proses siklus hidrologi berdasarkan gambar pada soal meliputi:

1. Evaporasi (penguapan)

Penguapan yang mengawali terjadinya siklus hidrologi adalah penguapan badan air yang ada di Bumi (seperti samudera, laut, danau, rawa, sungai, bendungan). Air tersebut akan berubah menjadi uap air yang berwujud gas karena adanya pemanasan dari sinar matahari.

2. Kondensasi (pembentukan awan)

Kondensasi merupakan proses berubahnya uap air menjadi partikel- partikel es. Perubahan wujud ini terjadi karena pengaruh suhu udara yang sangat rendah saat berada di ketinggian tersebut. Partikel- partikel es yang terbentuk tersebut akan saling mendekati satu sama lain dan bersatu hingga membentuk sebuah awan.

3. Presipitasi (turunnya hujan)

Presipitasi merupakan proses mencairnya awan hitam akibat adanya pengaruh suhu udara yang tinggi. Pada tahapan inilah terjadinya hujan. Sehingga awan hitam yang tebentuk dari partikel es akan mencair dan air tersebut jatuh ke Bumi manjadi sebuah hujan. 

4. Transpirasi (penguapan oleh tumbuhan)

Transpirasi juga mengubah air yang berwujud cair dari jaringan makhluk hidup menjadi uap air. Uap air ini juga akan terbawa ke atmosfer. Namun, biasanya penguapan yang terjadi karena transpirasi jumlahnya lebih sedikit daripada penguapan yang terjadi karena evaporasi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Angka 2 sesuai gambar siklus hidrologi adalah ….

50

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia