Roboguru

Proses pembuatan H2SO4 melalui pembentukan SO3 dengan katalis V2O5 dinamakan proses....

Pertanyaan

Proses pembuatan H2SO4 melalui pembentukan SO3 dengan katalis V2O5 dinamakan proses....

  1. Kontak

  2. Hidrolisis

  3. kamar timbal

  4. elektrolisis

  5. reduksi-oksidasi

Pembahasan Soal:

Pembuatan H2SO4 melalui pembentukan SO3 dengan katalis V2O5 dilakukan dengan proses kontak. Dinamakan proses kontak karena sulfur yang telah diambil di kontak dengan oksigen dengan katalis V2Ohingga membentuk H2SO4.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Identifikasilah zat yang dihasilkan dengan proses-proses berikut. A. Frasch B. Hall-Heroult C. Kontak D. Downs

Pembahasan Soal:

A. Frasch

Merupakan proses untuk menghasilkan belerang. Cara ini dilakukan dengan mengalirkan air super panas melalui pipa bagian luar dari deposit belerang sehingga belerang menjadi cair. Belerang cair dipompa dengan udara panas agar keluar dari tempat deposit dan dibekukan.

B. Hall-Heroult

Merupakan proses untuk menghasilkan aluminium. Bauksit (Al2O3) dibersihkan dari pengotornya, kemudian direduksi melalui proses elektrolisis.

C. Kontak

Merupakan proses untuk memproduksi asam sulfat. Pembuatan asam sulfat dengan proses kontak melalui 3 tahapan, yaitu pembakaran belerang menjadi SO2, oksidasi SO2 menjadi SO3, dan mereaksikan SO3 dengan air.  Katalis yang digunakan adalah V2O5.

D. Downsspace 

Merupakan proses untuk menghasilkan logam natrium dengan cara elektrolisis lelehan garam natrium klorida.yang dicampur dengan kalsium klorida.


Jadi, Frasch untuk menghasilkan belerang, Hall-Heroult untuk menghasilkan aluminium, kontak untuk menghasilkan asam sulfat, dan Downs untuk menghasilkan natrium. 

0

Roboguru

Jelaskan proses pembuatan asam sulfat melalui proses kontak!

Pembahasan Soal:

Asam sulfat (H2SO4) dapat dibuat dengan proses kontak. Proses kontak secara umum terdiri atas tiga tahap sebagai berikut.

  1. Pembuatan belerang dioksida (SO2)
    Belerang dibakar dalam udara kering di ruang pembakar pada suhu 100°C. Gas yang dihasilkan mengandung kurang lebih 10% volume sulfur dioksida. Setelah didinginkan sampai 400°C, kemudian dimurnikan dengan cara pengendapan elektrostastik.

    S open parentheses italic s close parentheses and O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields S O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses
     
  2. Pembuatan belerang trioksida (SO3)
    Sulfur dioksida yang terbentuk kemudian dikonversi menjadi SO3 dengan menggunakan  katalis vanadium(V) oksida. Reaksi yang terjadi adalah eksoterm. Reaksi dilakukan pada suhu 450°C - 474 °C.

    2 S O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses equilibrium 2 S O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses
     
  3. Pembuatan asam sulfat (H2SO4)
    Setelah SO3 terbentuk, maka langkah selanjutnya adalah mengubahnya menjadi asam sulfat dengan cara mereaksikannya dengan air. Tapi SO3 nya tidak dapat langsung dialirkan ke air karena reaksinya berbahaya menghasilkan asap yang beracun. Untuk itu agar lebih aman,  SO3 dilarutkan dalam adam sulfat pekat membentuk senyawa yang disebut dengan oleum.


    S O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses and H subscript 2 S O subscript 4 open parentheses italic l close parentheses yields H subscript 2 S subscript 2 O subscript 7 open parentheses italic l close parentheses

    Kemudian zat ini baru kita reaksikan dengan air menghasilkan asam sulfat.

    H subscript 2 S subscript 2 O subscript 7 open parentheses italic l close parentheses and H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses yields 2 H subscript 2 S O subscript 4 open parentheses italic l close parentheses
     

Maka, pembuatan asam sulfat dengan proses kontak terdiri dari tiga tahap sebagai berikut.

Tahap I : pembentukan SO2

Tahap II : pembentukan SO3

Tahap III : pembentukan H2SO4

0

Roboguru

Jelaskan proses pembuatan asam sulfat dengan proses kontak!

Pembahasan Soal:

Kegunaan utama belerang adalah untuk membuat asam sulfat (H subscript 2 S O subscript 4). Proses kontak lebih banyak digunakan dalam pembuatan asam sulfat karena dapat memperoleh H subscript 2 S O subscript 4 dengan kadar 98 - 99%. Pada proses kontak digunakan katalisator vanadium (V) oksida (V subscript 2 O subscript 5). 

Tiga langkah utama dalam proses kontak, yaitu :

1.  Pembakaran belerang menjadi belerang dioksida.


S open parentheses italic s close parentheses and O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields S O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses 


2.  Oksidasi S O subscript 2 menjadi S O subscript 3 


2 S O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses equilibrium with V subscript 2 O subscript 5 on top 2 S O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses space space space space increment H equals minus sign 196 comma 6 space kJ forward slash mol 


3.  Reaksi S O subscript 3 dengan air menjadi H subscript 2 S O subscript 4


S O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses and H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses yields H subscript 2 S O subscript 4 left parenthesis italic a italic q right parenthesis 


Jadi, terdapat 3 tahap proses kontak yaitu pembakaran belerang, oksidasi sulfur dioksida dan pengenceran untuk mendapatkan asam sulfat dengan kadar tinggi seperti reaksi di atas.

0

Roboguru

Salah satu kegunaan unsur transisi adalah sebagai katalisator. Pada proses kontak, yang digunakan sebagai katalisator adalah ....

Pembahasan Soal:

Kegunaan utama belerang adalah untuk membuat asam sulfat. Proses pembuatan asam sulfat dilakukan dengan dua cara, yaitu proses kamar timbel dan proses kontak. Proses kontak merupakan cara yang efisien untuk menghasilkan asam sulfat karena kemurnian yang diperoleh mencapai 98-99%. Perbedaan kedua cara ini terletak pada katalis yang digunakan. Pada proses kamar timbel, katalis yang digunakan adalah uap nitrosa (N O dan N O subscript 2), sedangkan katalis pada proses kontak adalah vanadium(V) oksida (V subscript 2 O subscript 5).

Jadi, pada proses kontak, yang digunakan sebagai katalisator adalah V subscript 2 O subscript 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space

0

Roboguru

Reaksi manakah yang merupakan tahap penentu pada proses kontak? mengapa demikian?

Pembahasan Soal:

Proses kontak merupakan salah satu proses pembuatan asam sulfat. Pada proses kontak terdiri dari beberapa tahapan diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pembentukan belerang dioksida (S O subscript 2) dari belerang dengan udara.
  • Pembentukan belerang trioksida (S O subscript 3) dari oksidasi lanjut belerang dioksida.
  • Pelarutan belerang trioksida dalam asam sulfat pekat membentuk asam pirosulfat.
  • Asam pirosulfat dilarutkan dalam air.

Pada proses kontak, tahap penentunya adalah pembentukan belerang trioksida yaitu proses oksidasi S O subscript 2menjadi S O subscript 3. Pada tahapan tersebut terdapat reaksi kesetimbangan yang perlu penanganan khusus agar hasil reaksi menjadi optimum dan tidak terurai kembali.

Jadi, tahap penentu pada proses kontak adalah oksidasi S O subscript 2 menjadi S O subscript 3.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved