Roboguru

Proses integrasi sosial akan baik apabila ....

Pertanyaan

Proses integrasi sosial akan baik apabila ....space 

  1. ada homogenitas kelompokspace 

  2. adanya penggunaan berbagai ragam bahasaspace 

  3. kepribadian setiap individu samaspace 

  4. terdapat sifat egoisme pada setiap individuspace 

  5. norma-norma itu konsisten dan tidak berubah-ubahspace 

Pembahasan Soal:

Soal ini merujuk pada materi faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya integrasi sosial. 

Dilansir dari buku Pengantar Ringkas Sosiologi (2020) karya Elly M. Setiadi, dijelaskan beberapa faktor yang memengaruhi cepat-lambatnya proses integrasi sosial, salah satunya yaitu homogenitas kelompok.

Kelompok sosial atau masyarakat yang memiliki tingkat kemajemukan rendah, integrasi sosial cenderung cepat dicapai. Sementara dalam kelompok sosial atau masyarakat yang tingkat kemajemukannya tinggi, integrasi sosial cenderung sulit dicapai atau membutuhkan waktu yang cukup lama. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin homogen suatu kelompok sosial atau masyarakat, maka akan semakin mudah proses integrasi sosial antar anggotanya.

Jadi, jawabannya adalah A ada homogenitas kelompokspace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masyarakat terintegrasi tidak terjadi dengan sendirinya, tetapi membutuhkan tahapan-tahapan tertentu untuk mencapainya. Alur tahapan integrasi yang tepat adalah ....

Pembahasan Soal:

Tahap integrasi sosial:

  1. Tahap akomodasi, bertujuan untuk mengurangi pertentangan antara dua kelompok atau individu.
  2. Kerja sama, bertujuan kelompokkelompok sosial yang berbeda itu saling menyesuaikan diri, melengkapi, memerlukan, serta tidak memaksakan kehendak masing-masing yang dapat menimbulkan prasangka yang memicu lahirnya konflik dalam masyarakat.
  3. Koordinasi, yaitu pengaturan secara sentral untuk mencapai integrasi dengan mempersatukan individu maupun kelompok agar tercapai keseimbangan dan keselarasan dalam hubungan di masyarakat.
  4. Proses asimilasi, ditandai dengan pengembangan sikap-sikap yang sama dengan tujuan mencapai kesatuan atau paling sedikit mencapai integrasi dalam organisasi, pikiran, dan tindakan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space space 

Roboguru

Faktor-faktor apakah yang memengaruhi kuat dan lemahnya integrasi sosial?

Pembahasan Soal:

Integrasi sosial merupakan pembauran yakni proses penyesuaian di antara perbedaan-perbedaan hinga menjadi suatu kesatuan yang utuh.space space

Adapun faktor-faktor pendorong integrasi sosial yaitu :space space

  1. Adanya toleransi terhadap perbedaanspace space
  2. Adanya sikap saling menghargai orang lainspace space
  3. Sikap terbuka dari golongan yang berkuasa dalam masyarakatspace space
  4. Adanya kesempatan yang seimbang di bidang ekonomispace space space
  5. Adanya persamaan unsur-unsur kebudayaanspace space
  6. Adanya amalgamasi (peerkawinan campuran)space space
  7. Adanya unsur musuh bersama dari luarspace space

Adapun bisa menjadi disintegrasi apabila beberapa faktor tersebut menjadi suatu kebalikannya. Integrasi merupakan suatu upaya untuk menyatukan apabila terdaat unsur yang dapat menimbulkan perpecahan termasuk ke dalam disintegrasi (keadaan yang menjadi terpecah belah).space space

Roboguru

Bagaimana upaya agar keberagaman di Indonesia tidak menimbulkan perpecahan bangsa?

Pembahasan Soal:

Jalan untuk menghindari timbulnya perpecahan bangsa karena adanya keberagaman adalah dengan memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, dengan cara-cara berikut:

  1. Bertoleransi dengan menghargai segala perbedaan yang ada, menerimanya sebagai salah satu ketetapan Tuhan YME dan menjalankannya dengan penuh penghormatan terhadap perbedaan tersebut termasuk perbedaan agama, etnis, suku, bahasa dan lain-lain.
  2. Memupuk kebersamaan sehingga terjalin hubungan emosional yang kuat dengan cara bekerja bakti, musyawarah, tolong menolong, saling mengasihi dan lain-lain.
  3. Menghargai hak-hak orang lain, mengedepankan kepentingan umum, dan menjalankan semua kewajiban diri dengan baik juga adalah cara yang bisa ditempuh untuk bisa terhindar dari perpecahan karena keberagaman.
  4. Tidak diskriminatif, atau membeda-bedakan perlakuan pada mereka yang berbeda agama, suku, bahasa, pendapat dan lain sebagainya. Semua mendapat perlakuan yang sama secara adil.
  5. Tidak merendahkan orang lain yang berbeda agama, suku, bahasa dan lainnya dan meninggikan diri sendiri.
  6. Apabila muncul masalah atas segala keberagaman yang ada maka diselesaikan dengan musyawarah demi kebaikan bersama.
Roboguru

Apa upaya yang dilakukan untuk menuju integrasi sosial?

Pembahasan Soal:

Menurut William F. Ogburn da Mayer Nimkoff, syarat berhasilnya suatu integrasi sosial adalah:

  1. Anggota-anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan-kebutuhan satu dengan yang lainnya. Terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan ini menyebabkan masyarakat perlu saling menjaga keterikatan antara satu dengan lainnya.
  2. Masyarakat berhasil menciptakan kesepakatan (consensus) bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai social yang di lestarikan dan di jadikan pedoman dalam berinteraksi satu dengan yang lainnya, termasuk menyepakati hal-hal yang di larag menurut kebudayaannya.
  3. Norma-norma dan nilai sosial itu berlaku cukup lama dan di jalankan secara konsisten serta tidak mengalami perubahan sehingga dapat menjadi aturan baku dalam melangsungkan proses interaksi sosial.space space
Roboguru

Bacalah kutipan artikel berikut ini! Warga dan polisi sepakat berdamai pascabentrok di lokasi wisata Salupanjang, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar). Oknum anggota Brimob yang diduga ...

Pembahasan Soal:

konflik yang terjadi dalam masyarakat juga berkaitan dengan perdamaian. Jika terjadi suatu konflik, pasti akan ada suatu upaya untuk menciptakan perdamaian. Perdamaian itu sendiri berasal dari kata damai, yang berarti tidak ada perang, tentram, tenang, dan keadaan tidak bermusuhan atau rukun. Oleh karena itu, secara sederhana dapat dikatakan jika perdamaian adalah suatu kondisi tidak adanya konflik di masyarakat yang ditandai dengan adanya harmonisasi (hidup rukun, berdampingan, dan sesuai). Misalnya ketika terdapat konflik di masyarakat. Maka akan ada upaya untuk mencapai perdamaian dengan meredam konflik tersebut agar berhenti dan tidak berlarut-larut. Tercapainya perdamaian dan integrasi sosial, pada prosesnya memerlukan adanya interaksi dan penerimaan dari setiap kelompok masyarakat yang berkonflik. Maka jawaban yang benar adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved