Roboguru

Proses berikut ini yang bukan merupakan cara mengawetkan makanan agar tidak mudah busuk akibat bakteri adalah ....

Proses berikut ini yang bukan merupakan cara mengawetkan makanan agar tidak mudah busuk akibat bakteri adalah ....

  1. Pasteurisasi

  2. Diberi garam (diasinkan)

  3. Dibekukan

  4. Diberi air

  5. Dikeringkan

Jawaban:

Pengawetan makanan adalah cara yang digunakan untuk membuat makanan memiliki daya simpan yang lama dan mempertahankan sifat-sifat fisik dan kimia makanan. Cara mengawetkan makanan adalah sebagai berikut:

  1. Pasteurisasi : proses pemanasan yang dilakukan dengan tujuan untuk membunuh mikroba patogen atau penyebab penyakit, seperti bakteri penyebab TBC, disentri.
  2. Diberi garam (diasinkan) : Cara ini dengan menggunakan bahan NaCl atau garam dapur untuk mengawetkan makanan. Garam dapur memiliki sifat yang menghambat perkembangan dan pertumbuhan mikroorganisme perusak atau pembusuk makanan.
  3. Dibekukan : memasukkan makanan pada tempat atau ruangan yang bersuhu sangat rendah. Hal ini dilakukan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme.
  4. Dikeringkan : Proses pengeringan akan mengeluarkan air dan menyebabkan peningkatan konsentrasi padatan terlarut di dalam bahan makanan. Kondisi ini akan meningkatkan tekanan osmotik di dalam bahan, sehingga menghambat pertumbuhan mikroorgansime dan memperlambat laju reaksi kimia maupun enzimatis.

Dengan demikian, yang bukan merupakan cara mengawetkan makanan agar tidak mudah busuk akibat bakteri adalah diberi air. Makanan yang diberi air cenderung mempercepat pertumbuhan bakteri. Sehingga dapat mengakibatkan makanan mudah busuk.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved